Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jenis Bakso dari Berbagai Negara yang Tak Kalah Lezat dari Bakso asli Indonesia

List Artikel
7 November 2016 | 0 Komentar

Bakso merupakan makanan yang berbentuk bulat dan terbuat dari daging sapi giling yang dicampur dengan tepung tapioka dan aneka bumbu. Bakso yang dijuluki sebagai bola daging ini hampir ada di seluruh dunia. Tentunya beda negara beda pula cara penyajian serta bahan tambahannya. Jika di Indonesia bakso biasa disantap dengan tambahan kuah kaldu, mie, bihun, serta pangsit goreng. Bagaimana bakso disajikan di negara-negara lain? Yuk, kita lihat ragam kuliner bakso dari seluruh dunia!



1. Chiftele



Sumber: retetepapabun.or


Chiftele merupakan bakso yang berasal dari Romania klasik. Bakso ini bisa dengan mudah kamu temui di Eropa Utara. Jika bakso Indonesia menggunakan daging sapi cincang, chiftele menggunakan daging babi cincang yang campur dengan mashed potato kemudian diberi bumbu dan digoreng hingga kecokelatan. Chiftele disajikan bersama dengan saus tomat dan saus cabai untuk cocolannya.



2. Kottbullar



Sumber: pergikuliner.com


Untuk kamu yang sering makan di salah satu toko furniture asal Swedia yang sempat naik daun beberapa waktu lalu, pasti tahu menu kottbullar yang merupakan bakso ala Swedia ini. Ciri khas dari kottbullar adalah bakso ini ditumis dan dilapisi saus yang terbuat dari campuran susu atau cream dan kentang rebus yang dihaluskan. Kottbullar biasanya mencampurkan antara daging sapi dan daging babi cincang.



3. Frikadeller


Sumber: danishsandwich.com


Tidak seperti bakso kebanyakan yang berbentuk bulat seperti bola, frikadeller memiliki bentuk yang agak pipih dibanding bakso kebanyakan. Frikadeller berasal dari Denmark dan biasa disajikan untuk isian sandwich karena itu yang menjadi ciri khasnya. Meski lebih sering dijadikan sebagai isian sandwich, frikadeller juga bisa disantap dengan aneka sup hangat saat musim dingin.



4. Albondigas



Sumber: recipeler.com


Albondigas merupakan bakso dari Spanyol yang disantap dengan siraman saus tomat hingga saus almond. Selain itu albondigas juga sering disantap dalam bentuk sup tomat dengan bola-bola albondigas. Berbeda dengan bakso kebanyakan, albondigas kadang berisi telur di dalamnya.  



5. Keftedes



Sumber: blendandextend.com


Keftedes berasal dari Yunani dan memiliki cara penyajian unik, yakni disajikan dengan keju krin dan salad sayuran. Keftedes dibuat dari daging sapi atau babi yang dicampur dengan roti basah atau roti yang sudah direndam susu lalu dibumbui bawang putih kemudian digoreng hingga renyah.



6. Pulpety



Sumber: seriouseats.com


Pulpety yang berasal dari Polandia ini memang memiliki tampilan yang pucat dibanding bakso kebanyakan. Pulpety sangat sehat karena dibuat dari campuran daging sapi giling dengan sayur-sayuran. Cara penyajiannya adalah dengan disiram saus jamur dan krim asam.



7. Tsukune


Sumber: meatwave.com


Tsukune merupakan bakso bakar ala Jepang yang dibuat dari daging sapi atau ayam cincang yang dibumbui dengan parutan jahe, bawang putih, putih telur, tepung roti, dan minyak wijen yang dicampur menjadi satu lalu dibentuk bulat-bulat dan ditusuk dengan tusukan sate lalu dibakar hingga matang. Aromanya sangat wangi dan rasanya sangat kaya akan rempah.


Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

IKEA Alam Sutera

Foto IKEA Alam Sutera
Foto IKEA Alam Sutera
Foto IKEA Alam Sutera

Bakso Boboho

Foto Bakso Boboho
Foto Bakso Boboho

Bakso 2 Nyonya

Foto Bakso 2 Nyonya
Foto Bakso 2 Nyonya

Bakso Gallant 999

Foto Bakso Gallant 999
Foto Bakso Gallant 999
Foto Bakso Gallant 999

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?