Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kue dari Singkong yang Rasanya Khas Indonesia

List Artikel
5 Januari 2017 | 0 Komentar

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Harganya yang cukup murah membuat singkong banyak digemari semua kalangan masyarakat, mulai dari tua hingga muda. Ada banyak manfaat mengkonsumsi singkong seperti membantu denyut jantung dan tekanan darah menjadi normal, menurunkan kolesterol, mengurangi osteoporosis, dan masih banyak lagi. Singkong sangat cocok dijadikan menu diet karena rendah lemak dan tinggi protein. Singkong juga mengandung hampir dua kali lipat kalori dibanding kentang. Meski singkong bisa diolah menjadi beragam makanan, tapi singkong lebih banyak diolah menjadi camilan alias kue.  Di bawah ini ada aneka ragam kue dari singkong yang rasanya khas Indonesia banget. Yuk lihat!

 

1. Getuk Lindri



Sumber: pinterest.com


Getuk lindri merupakan camilan khas Jawa Tengah yang bisa kamu jumpai di banyak pasar tradisional. Getuk lindri terbuat dari singkong yang direbus lalu ditumbuk hingga halus lalu dicampur dengan gula pasir, garam, serta pewarna makanan sehingga warnanya sangat cantik beragam. Getul lindri memiliki bentuk yang cukup unik, yakni berbentuk seperti mie yang digulung. Getuk lindri disajikan bersama dengan parutan kelapa muda.

 

2. Sawut



Sumber: caramembuatmu.com


Sawut merupakan salah satu kue dari singkong yang sangat mudah membuatnya. Kamu cukup memarut singkong secara kasar lalu mencampurnya dengan gula merah yang dicincang kasar, garam, dan vanili kemudian kukus dengan daun pisang hingga matang. Untuk menambah wangi aroma, kamu bisa menambahkan daun pandan dalam air kukusan. Sawut banyak dikonsumsi sebagai teman minum teh atau kopi saat sore hari.

 

3. Lemet



Sumber: resepaneka.info


Kue dari singkong yang satu ini memiliki citarasa yang sangat manis dengan tekstur legit yang bikin kamu ketagihan. Lemet dibuat dari singkong yang diparut halus lalu dicampur dengan gula merah, kelapa parut, garam, dan vanili. Setelah semua bahan tercampur rata, adonan dibungkus dengan daun pisang membentuk pipih panjang baru kemudian dikukus hingga matang. 

 

4. Sentiling



Sumber: nyamlengpol.blogspot.co.id


Sentiling menjadi kue dari singkong dengan warna cerah yang sangat memikat. Tak jauh berbeda dengan kue singkong lainnya, sentiling terbuat dari singkong yang diparut halus lalu diberi campuran vanili, gula pasir, garam, serta sedikit air. Setelah tercampur rata, adonan dibagi menjadi beberapa bagian lalu diberi pewarna makanan kemudian dikukus hingga matang. Sentiling disajikan dengan kelapa parut yang diberi sedikit garam.

 

5. Combro



Sumber: marisa-tamara.blogspot.co.id


Camilan khas Bandung yang satu ini terbuat dari singkong yang diparut halus lalu dibumbui dengan garam, tepung sagu, kelapa parut, serta daun bawang. Setelah adonan tercampur rata, combro diisi dengan omcom yang sudah ditumbuk halus dan dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, merica, cabe, garam, dan gula. Nama combro merupakan singkatan dari ‘oncom dijero’ yang berarti oncom yang ada di dalam combro. 

 

6. Misro



Sumber: contentful.com


Selain combro, ada misro yang menjadi camilan khas Bandung yang terbuat dari singkong. Jika combro merupakan singkatan dari ‘oncom dijero’, misro merupakan singkatan dari ‘amis dijero’. Amis dalam bahasa Sunda ini memiliki arti manis. Misro terbuat dari singkong yang sudah diparut halus lalu diisi dengan gula merah cincang baru kemudian dibentuk bulat pipih dan digoreng hingga matang.

 

7. Singkong Isi Pisang



Sumber: makanajib.com


Kue dari singkong yang terakhir ini memadukan singkong dengan pisang yang dijadikan kue tradisional. Singkong isi pisang memiliki citarasa manis dan gurih dengan perpaduan tekstur kenyal dan lembut. Singkong isi pisang terbuat dari singkong yang sudah diparut halus lalu diperas dan dibuang airnya kemudian dicampur dengan pewarna hijau, gula pasir, garam, dan juga vanilli. Siapkan pisang tanduk lalu bungkus dengan adonan singkong kemudian kukus hingga matang. Setelah matang, singkong isi pisang dipotong-potong kemudian disajikan dengan kelapa parut yang sudah diberi garam.

RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Foto RoCA Restaurant - Artotel Jakarta
Foto RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Chiquita Pastry Getuk Singkong

Foto Chiquita Pastry Getuk Singkong

Bola Obi Gardujati

Foto Bola Obi Gardujati

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?