Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kue Tradisional Indonesia yang Serupa Tapi Namanya Berbeda

List Artikel
9 Mei 2019 | 0 Komentar
Indonesia sangat kaya akan beragam makanan lezatnya, mulai dari makanan besar hingga makanan ringan alias kue tradisionalnya. Masing-masing daerah yang ada di Indonesia memiliki kue khasnya masing-masing sehingga jumlah variannya sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Secara umum, kue tradisional Indonesia terbagi menjadi dua bagian, yakni kue bercita rasa manis dan asin. Kue tradisional Indonesia ini kebanyakan berbahan baku tepung beras, beras ketan, dan santan. Tapi ada juga beberapa yang terbuat dari tepung terigu. Dari sekian banyak kue tradisional yang ada di Indonesia, ternyata ada juga yang memiliki tampilan serupa dengan nama sebutan yang berbeda. Hal ini dikarenakan daerahnya berbeda. Ingin tahu ada kue tradisional apa saja yang serupa tapi namanya beda, yuk kita lihat!

 

1. Kue Lapis Legit dengan Kue Engkak



Sumber : Hallojawa.com


Pertama ada kue lapis legit dengan kue engkak yang dari segi tampilannya terlihat sama karena memiliki bentuk yang berlapis-lapis. Tapi kedua kue ini berasal dari kota yang berbeda karena kue lapis legit berasal dari Surabaya. Sedangkan kue engkak terbuat dari Lampung. Meski terlihat sama, tapi tekstur dan cita rasa keduanya ini berbeda karena kue lapis legit dibuat dari campuran tepung terigu, gula dan telur. Sementara kue engkak dibuat dari tepung ketan sehingga teksturnya jadi lebih kenyal.

 

2. Kue Cubit dengan Kue Laklak


Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada kue cubit dengan kue laklak yang sekilas memang sangat mirip. Seperti yang sudah kamu ketahui, kue cubit berasal dari tepung terigu, gula pasir, telur, dan baking powder. Sedangkan kue laklak ini dibuat dari tepung beras dan santan yang dimasak berbentuk mirip kue cubit lalu disajikan bersama dengan kelapa parut yang dicampur gula merah. Kue laklak ini hanya bisa dijumpai di pasar tradisional yang ada di Bali.

 

3. Lemper dengan Lalampa



Sumber : Pergikuliner.com


Kali ini ada kue tradisional yang bercita rasa gurih, yakni lemper dan lalampa. Keduanya dari segi tampilan memang cukup mirip karena sama-sama dibungkus daun pisang dan di dalamnya terbuat dari beras ketan. Hanya saja untuk lemper, isiannya terbuat dari daging ayam. Sedangkan isian lalampa yang berasal dari Manado ini dibuat dair suwiran ikan cakalang. Perbedaan selanjutnya adalah dari segi cara memasak. Jika lemper harus dikukus terlebih dahulu, lalampa langsung dibakar hingga mengeluarkan aroma wangi.  

4. Kue Lumpur dengan Kue Bingka



Sumber : Resepkoki.id


Sangat sulit untuk membedakan antara kue lumpur dengan kue bingka. Kue lumpur merupakan kue tradisional yang berasal dari Jawa. Sednagkan kue bingka berasal dari Banjar. Kue ini sama-sama dibuat dari bahan baku yang sama yakni tepung beras, tepung terigu, santan, margarin, dan gula. Hanya saja untuk kue bingka biasanya menggunakan telur bebek dan tambahan kentang rebus yang sudah dihaluskan sehingga teksturnya jadi lebih padat. Selain itu, kue lumpur pada bagian atasnya selalu dihias dengan kismis, sementara pada kue bingka tidak ada hiasan apa-apa.

 

5. Kue Pukis dengan Kue Pancong



Sumber : Dapurkobe.co.id


Terakhir ada kue pukis dengan kue pancong yang dari bentuknya sangat susah kamu bedakan karena sama-sama berbentuk setengah lingkaran. Kue pancong berasal dari Betawi alias Jakarta. Sedangkan kue pukis berasal dari Jawa. Perbedaan dari keduanya adalah kue pancong selalu disajikan bergandengan lalu ditabur dengan aneka taburan seperti meises cokelat dan keju parut. Sementara untuk kue pukis bahan taburannya sudah ditaburkan sesaat sebelum kue matang.

 

Itulah kue-kue tradisional yang namanya sama dan terlihat mirip tapi ternyata memiliki cita rasa berbeda. Bagaimana menurut kamu? Jika setelah membaca artikel ini kamu jadi rindu kue-kue tradisional khas Indonesia lainnya, maka kamu bisa mencarinya di sini ya!

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Bakery Monami

Foto Bakery Monami

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?