Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Street Food Malaysia Paling Populer yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
27 Oktober 2016 | 0 Komentar

Berburu street food alias makanan kaki lima memang sangat seru karena hanya bisa kamu temui di pinggir jalan. Tak hanya Indonesia saja yang punya aneka street food lezat yang menggugah selera, tapi Malaysia juga punya aneka street food yang layak kamu coba lho! Di Malaysia, terutama di daerah Penang, ada banyak sekali penjual street food yang menjajakan makanan yang berbeda-beda. Dari sekian banyak jenis street food yang ada di Malaysia, ada tujuh yang menjadi favorit. Apa saja ya? Simak ulasannya, di bawah ini:



1. Rojak


Sumber: detik.com


Sekilas street food ini tak jauh berbeda dengan rujak khas Indonesia. Rojak memang mirip dengan rujak yang ada di Indonesia yakni aneka potongan buah seperti nanas, jambu, kedondong, bengkuang, dan sebagainya yang disiram dengan saus gula merah dengan rasa pedas. Beda rojak dengan rujak adalah dalam rojak ada tambahan daging gurita serta gorengan. Rojak juga menambahkan cincangan kacang tanah sangrai di atasnya.



2. Apam Balik

Sumber: ytimg.com


Jika Indonesia punya martabak manis, Malaysia punya apam balik. Meski terlihat sama, tapi ada beberapa hal yang membedakan martabak manis Indonesia dengan apam balik. Apam balik memiliki bentuk yang lebih tipis dibanding martabak manis. Selain itu, apam balik menggunakan krim jagung sehingga rasanya jadi agak berbeda dengan martabak manis.



3. Koay Chiap



Sumber: kenhuntfood.com


Koay chiap merupakan sup yang berisi suwiran daging bebek, jerohan bebek telur rebus serta bihun. Koay chiap disajikan dalam mangkok kecil dengan taburan seledri di atasnya. Koay chiap sering dijuluki sebagai sotonya orang Malaysia.



4. Chee Cheong Fun


Sumber: pinimg.com


Street food yang kental dengan budaya Chinese ini merupakan lembaran mirip kwetiau yang dimasak dengan cara direbus lalu disiram dengan saus sambal dan saus hitam manis yang dibuat dari campuran udang. Chee cheong fun disajikan dengan taburan bawang goreng dan biji wijen sangrai.



5. Lok-lok



Sumber: thesmartlocal.com


Lok-lok dalam bahasa Malaysia adalah celup-celup, jadi street food yang satu ini merupakan makanan dicelup. Kamu bisa menemukan penjual lok-lok dengan mudah karena penjual lok-lok menggunakan sebuah panci besar yang berisi air kaldu mendidih sbeagai tempat untuk mencelup atau merebus makanan yang ditusuk dengan tusukan sate. Jenis makanan yang bisa dijadikan lok-lok sangat beragam, mulai dari bakso, udang, hingga sayuran. Biasanya masing-masing tusuk sate diberi warna yang berbeda untuk menunjukkan harganya.



6. Teh Tarik


Sumber: pergikuliner.com


Di setiap pinggir jalan yang ada di Malaysia, kamu bisa menemukan gerobak atau gerai yang menjual teh tarik. Biasanya yang menjual teh tarik ini adalah orang keturunan India yang tinggal di Malaysia. Teh tarik terbuat dari teh hitam yang diberi campuran susu kenyal manis lalu ‘ditarik’ hingga menghasilkan busa di atasnya saat disajikan. Selain menjual teh tarik, biasanya mereka juga menjual roti canai.

 


7. Ais Kacang



Sumber: vkeong.com


Ais kacang merupakan es campur ala Malaysia. Sesuai dengan namanya, ais kacang berisi jagung, kolang-kaling, serta beberapa jenis kacang seperti kacang merah dan kacang kedelai yang ditambahkan es serut, susu kental manis, sirup merah, biji selasih dan taburan kacang tanah cincang.


Tjap Toean

Foto Tjap Toean
Foto Tjap Toean
Foto Tjap Toean

Penang Bistro

Foto Penang Bistro
Foto Penang Bistro
Foto Penang Bistro

Old Town White Coffee

Foto Old Town White Coffee
Foto Old Town White Coffee
Foto Old Town White Coffee

Bong Kopitown

Foto Bong Kopitown
Foto Bong Kopitown

Mama Malaka

Foto Mama Malaka
Foto Mama Malaka

Tjap Toean

Foto Tjap Toean
Foto Tjap Toean
Foto Tjap Toean

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?