Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Kuliner dalam "The Tray of Togetherness" khas Imlek

List Artikel
1 Februari 2022 | 0 Komentar

Kamu termasuk orang yang merayakan Imlek? Perayaan Imlek tak hanya identik dengan lampion, pertunjukan barongsai, hingga penggunaan ornamen-ornamen berwarna merah saja, tetapi juga identik dengan aneka kuliner khas Imlek yang bisa membuat siapa saja terlena dan ingin mencicipnya. Tahukah kamu kalau ternyata selama ini kuliner-kuliner yang tersaji saat perayaan Imlek disajikan bukanlah tanpa alasan. Kuliner yang disajikan pada saat Imlek selalu menyimpan makna di dalamnya sehingga kamu yang menyantapnya diharapkan bisa mendapatkan berkah setelah mengonsumsinya. Seperti yang kita ketahui, dalam kuliner Imlek selalu ada sajian mie yang menjadi lambang panjang umur, lalu ada ikan yang menjadi lambang rezeki, kue keranjang yang menjadi lambang pemersatu, dan juga ada the tray of togetherness. The tray of togetherness merupakan sajian cemilan atau bisa juga dikatakan sebagai makanan pencuci mulut karena cita rasanya yang manis.

 

The tray of togetherness atau the tray of happiness adalah aneka sajian makanan manis yang disajikan dalam wadah bersekat. Biasanya wadah yang digunakan berbentuk persegi delapan dengan delapan sekat di dalamnya. Tapi ada juga yang berbentuk bundar atau kotak. Isian dalam the tray of togetherness ini sebenarnya ada banyak sekali variannya, tapi yang disajikan hanya delapan jenis saja. Mengapa hanya delapan? Dalam kepercayaan Tionghoa, angka delapan membawa keberuntungan sehingga isian dalam the tray of togetherness Imlek ini selalu ada delapan jenis. Berikut delapan kuliner dalam the tray of togetherness Imlek yang paling banyak disajikan dan pastinya kedelapan kuliner tersebut punya makna tersendiri di dalamnya, yaitu:



Sumber: Insider.com


1. Jeruk Kumquat

Kuliner dalam the tray of togetherness Imlek yang pertama adalah jeruk kumquat. Jeruk ini berupa manisan yang dikeringkan. Bentuknya sangat cantik karena berwarna orange kekuningan. Jeruk kumquat yang dikeringkan ini melambangkan kemakmuran karena warnanya yang mirip seperti emas. Selain jeruk kumquat, biasanya jenis jeruk mandarin juga bisa digunakan.

 

2. Manisan Melon

Manisan melon juga menjadi salah satu kuliner dalam the tray of togetherness Imlek yang selalu ada. Manisan melon ini dibuat dari buah melon yang dikupas dan dipotong persegi atau kotak lalu dijadikan manisan. Manisan melon melambangkan kesehatan dan perkembangan hidup. Manisan melon ini bisa digantikan dengan manisan jahe yang memiliki makna serupa yakni perlambang kesehatan bagi seluruh keluarga.

 

3. Kelapa Kering

Kelapa kering juga bisa kita jumpai dalam the tray of togetherness Imlek. Kelapa kering ini melambangkan persatuan dari seluruh keluarga. Jadi nantinya diharapkan dalam keluarga tidak akan ada perpecahan atau pertengkaran. Biasanya kalau tak ada kelapa kering akan digantikan dengan manisan apel yang memiliki makna serupa.

 

4. Manisan Kelengkeng

Selanjutnya ada manisan kelengkeng yang juga sering terlihat dalam the tray of togetherness Imlek. Manisan kelengkeng ini melambangkan banyak anak atau banyak keturunan. Jadi bagi yang belum memiliki buah hati atau ingin menambah anak, bisa memiliki anak lagi.

 

5. Manisan Semangka Merah

Manisan semangka merah menjadi kuliner dalam the tray of togetherness yang tak boleh ketinggalan. Seperti yang kita tahu, warna merah dalam budaya Tionghoa melambangkan kebahagiaan. Jadi manisan semangka merah dalam the tray of togetherness sudah pasti melambangkan kebahagiaan.

 

6. Manisan Leci

Masih dengan manisan yang terbuat dari buah-buahan. Salah satu manisan buah yang bisa kamu jumpai dalam the tray of togetherness adalah manisan leci. Manisan leci ini memiliki lambang sebagai ikatan keluarga yang kuat.

 

7. Biji Labu

Biji labu juga kerap kali muncul dalam the tray of togetherness. Biji labu melambangkan kesuburuan. Selain biji labu, biji teratari juga bisa dijadikan kuliner dalam the tray of togetherness karena mengandung makna serupa.

 

8. Kacang Tanah

Terakhir ada kacang tanah yang dalam the tray of togetherness Imlek merupakan perlambang dari kehidupan yang panjang umur. Kacang tanah yang digunakan bisa berupa kacang tanah sangrai maupun yang dipanggang.


Itu dia 8 kuliner dalam the tray of togetherness Imlek yang bisa teman kuliner sajikan di rumah. Nah, buat teman kuliner yang ingin merayakan Imlek dengan makan bersama keluarga, PergiKuliner punya nih rekomendasi restorannya. Cek di bawah ini ya!

Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta

Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta
Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta
Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta

Angke Restaurant

Foto Angke Restaurant
Foto Angke Restaurant
Foto Angke Restaurant

Lee Palace

Foto Lee Palace
Foto Lee Palace
Foto Lee Palace

Liyen Restaurant

Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant

Golden Sense International Restaurant

Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?