Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Kuliner Indonesia yang Dipengaruhi Budaya Eropa

List Artikel
23 Januari 2022 | 2 Komentar

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang pernah dijajah bangsa Eropa seperti Portugis, Inggris, bahkan yang terlama adalah Belanda. Selama menjajah, bangsa Eropa tak hanya meninggalkan bangunan dengan arsitektur khas yang sekarang menjadi saksi biksu bersejarah, namun turut membawa kuliner dan budaya bangsa mereka ke Indonesia. Sehingga lahirlah banyak kuliner khas Eropa yang kini sudah melokal dan beradaptasi dengan budaya Indonesia. Penasaran apa saja makanan tersebut? Inilah 8 kuliner khas Indonesia yang ternyata dipengaruhi budaya Eropa!


1. Gado-Gado



Sumber: PergiKuliner.com


Gado-gado adalah salah satu makanan khas Betawi yang sudah sangat merakyat dan banyak dijumpai di berbagai warung makan atau kedai kaki lima. Makanan ini terdiri dari berbagai aneka sayuran segar yang disiram dengan saus kacang. Sekilas rupanya mirip dengan salad, namun jenis sayuran dan saus yang digunakan berbeda. Menurut sejarahnya, gado-gado berasal dari Bahasa Portugis yang berarti campur-campur.  Kemudian orang-orang Portugis membawanya ke Kampung Tugu yang berada di Jakarta Utara. Sejak saat itulah gado-gado mulai diapdatasi oleh masyarakat sekitar dan menjadi makanan khas Betawi yang ditinggalkan keturunan bangsa Portugis.


2. Semur



Sumber: Resepmembuatkue.com


Banyak orang mengira semur adalah salah satu makanan asli Indonesia. Padahal faktanya semur sudah diapdatasi dari masakan Belanda yaitu 'smoor'. Dalam Bahasa Belanda sendiri smoor artinya rebusan. Di negara asalnya, smoor adalah hidangan berupa daging yang direbus dengan tomat dan bawang bombay. Namun, semur versi Indonesia telah mengalami banyak penyesuaian dan variasi, sehingga semur yang kita kenal sekarang adalah semur dengan cita rasa lokal yang bahkan menjadi kuliner khas dari berbagai daerah. Beberapa jenis semur khas Indonesia yang populer diantaranya adalah semur ayam, semur daging sapi, semur telur, semur tahu dan semur jengkol.


3. Rolade



Sumber: Salimahfood.com


Rolade merupakan istilah dari Bahasa Perancis yakni 'rouler' yang berarti menggulung. Makanan ini sebenarnya banyak ditemukan di berbagai masakan Eropa. Dimana hidangan ini berbahan dasar daging yang diolah dengan tepung, garam, telur dan bumbu lainnya. Bentuknya unik menyerupai sosis berukuran besar yang dibalut dengan kulit dari bahan telur. Rolade dapat diolah dengan cara dikukus maupun digoreng. Namun bagi yang tidak suka daging sapi, bisa juga menggantinya dengan daging ayam, ikan atau tahu. Makanan ini juga mampu bertahan selama beberapa hari dalam freezer, sahingga cocok untuk dijadikan bekal. Jika ingin menikmatinya tinggal digoreng dan sajikan bersama nasi hangat.


4. Perkedel



Sumber: Cookpad.com


Perkedel adalah makanan yang terbuat dari kentang yang dihaluskan kemudian digoreng. Tak ketinggalan perkedel bisa juga dicampur dengan daging cincang, daun bawang dan aneka bahan lainnya. Sebelum digoreng biasanya perkedel akan dibentuk bulat-bulat lalu dimasukkan ke dalam kocokan telur. Perkedel sangat mudah dijumpai pada hampir seluruh rumah makan. Banyak yang mengira jika makanan ini masakan rumahan ini adalah makanan asli Indonesia. Namun sebenarnya perkedel itu makanan yang diadaptasi dari masakan Belanda yakni 'frikadeller'.


5. Sup brenebon



Sumber: Inatoreport.com


Sup brenebon adalah sup peninggalan Belanda yang kini populer menjadi hidangan khas Manado. Layaknya sup pada umumnya, sup brenebon memiliki tekstur kuah yang yang bening namun sedikit kemerahan. Warna kuahnya ini bergantung pada bahan dasar yang digunakan. Terdapat dua jenis sup brenebon yang populer di Manado yaitu sup brenebon kacang merah dan sup brenebon daging babi. Sup brenebon kacang merah memiliki rasa yang manis, sedangkan sup brenebon babi memiliki rasa yang cenderung gurih. Biasanya untuk menguatkan rasa sup brenebon yang aslinya hambar ini, diberi tambahan rempah-rempah Indonesia seperti pala, cengkeh, bawang putih dan merica.


6. Selat Solo



Sumber: Pinterest.com


Selat solo merupakan hidangan khas Jawa berupa steak ala Eropa yang sudah dimodifikasi. Hidangan ini berasal dari Solo, Jawa Tengah. Hidangan ini terdiri dari potongan daging sapi yang direbus dengan kuah kecokelatan yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, pala, merica dan kecap inggris. Hidangan ini kemudian disajikan dengan telur rebus dan sayuran seperti buncis, kentang, salada, serta wortel. Hidangan ini identic dengan rasa manis, tentunya untuk menyesuaikan rasa steak dengan selera raja-raja Solo terdahulu. Selat solo merupakan perpaduan antara bistik dan salad.


7. Pindang Serani



Sumber: Inibaru.id


Pindang serani adalah makanan khas Jepara yang ternyata dipengaruhi budaya Portugis. Makanan ini berupa sajian sup ikan laut segar. Untuk membuat pindang seruni bisa menggunakan jenis ikan apa saja. Biasanya yang digunakan adalah ikan bandeng, kerapu dan bawal. Rasa kuahnya merupakan perpaduan antara asam, gurih dan sedikit pedas. Salah satu yang membuat kuah pindang ini begitu segar karena pemakaian kunyit dan belimbing wuluh di dalamnya. Makanan ini sangat cocok dijadikan lauk makan siang yang didampingi dengan sepiring nasi hangat.


8. Galantin



Sumber: Resepkoki.id


Galantin merupakan makanan yang dipengaruhi oleh masakan Prancis. Makanan ini berupa daging halus yang dimasak dengan kaldu dan disajikan dalam bentuk potongan. Biasanya daging yang digunakan untuk membuat galantin adalah daging ayam, ikan atau sapi. Tak ketinggalan galantin juga diberi siraman saus yang menyerupai saus steak dan ditambahkan aneka sayuran tumis yang lezat. Konon dulunya galantin adalah makanan yang disajikan untuk raja dan para tamunya. Makanan ini kemudian sangat populer di Solo dan masih tetap eksis hingga sekarang.


Itu dia 8 kuliner Indonesia yang dipengaruhi budaya Eropa. Kalau kamu pernah coba atau suka makanan yang mana nih?

Plataran Tiga Dari

Foto Plataran Tiga Dari
Foto Plataran Tiga Dari
Foto Plataran Tiga Dari

Rawon Bar

Foto Rawon Bar
Foto Rawon Bar
Foto Rawon Bar

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
BuhsJkgDjYNyrF
harringtonbentley303514@gmail.com | 23 Jan 2022 pk. 07:41 AM
Foto user umum
zSCXPaijDf
harringtonbentley303514@gmail.com | 23 Jan 2022 pk. 07:41 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?