Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

List Artikel
1 November 2021 | 2 Komentar

Telur adalah salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain mudah untuk diolah, telur juga kaya akan kandungan gizinya sehingga sangat bagus jika dikonsumsi secara teratur. Asalkan tidak berlebihan dan tetap mengkombinasikan menu ini dengan makanan sehat lainnya. Bahas telur yang banyak dikonsumsi masyarakat, rupanya selain telur ayam dan telur bebek, ada satu jenis telur yang digemari juga di kalangan masyarakat. Biasanya para ibu sering membuat telur ini sebagai campuran dalam sup, tumis sayur atau sayur rebusan.


Ya, namanya adalah telur puyuh. Sesuai namanya, telur ini memang dihasilkan dari burung puruh. Telur puyuh punya ukuran yang lebih kecil dibandingkan telur ayam dan telur bebek. Tapi, jangan salah perihal kandungan gizinya telur puyuh ini bisa diadu. Meskipun ukurannya kecil, telur puyuh mengandung nutrisi yang besar di dalamnya. Seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B12, selenium, riboflavin, kalsium dan kolin. Dengan nutrisi selengkap ini tentu manfaat telur puyuh untuk kesehatan pun sangat beragam. Yuk cari tahu lebih detail mengenai manfaat telur puyuh seperti berikut ini!



Sumber: Rurallivingtoday.com


1. Mengobati Gangguan Pernapasan

Manfaat telur puyuh untuk pernapasan ini sangat jarang diketahui. Padahal telur puyuh sangat bermanfaat untuk mengobati gangguan pernapasan, terutama asma. Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan penyempitan pada saluran pernapasan hingga mengakibatkan penderitanya sulit bernapas. Kandungan antioksidan yang dimiliki telur puyuh dianggap mampu menyembuhkan penyakit  asma dan meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan. Telur puyuh juga bisa membantu mengatasi gangguan pernapasan lainnya, seperti batuk, bronkitis dan TBC.


2. Mengatasi Gejala Alergi

Telur puyuh tidak mengandung kolesterol jahat, sebaliknya telur ini justru sangat kaya akan kandungan kolesterol baik. Sehingga tentunya ini menjadi kabar baik bagi kamu yang rentan alergi terhadap makanan tertentu, karena telur puyuh tidak menyebabkan alergi sama sekali. Justru mengonsumsi telur puyuh dapat menyembuhkan masalah alergi. Hal ini dikarenakan telur puyuh mengandung protein ovomucoid. Yakni jenis protein yang berguna untuk memproduksi enzim anti alergi dalam tubuh. Kandungan ini juga membuat telur puyuh bisa dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Namun, sebelumnya telur puyuh tetap harus dicuci dengan air panas untuk mengurangi resiko terkontaminasi bakteri lainnya.


3. Mengurangi Resiko Diabetes dan Ginjal

Diabetes adalah salah satu penyakit yang terjadi saat kandungan gula darah seseorang terlalu tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus berjuang mengendalikan gula darah agar tetap seimbang. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi telur puyuh secara teratur. Telur puyuh mengandung karbohidrat dan kalori yang rendah. Kandungan tersebut tentu dapat bermanfaat untuk membantu mengendalikan gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Ssehingga resiko terkena diabetes dan komplikasi serius pada organ tubuh lainnya seperti ginjal dapat diminimalisir.


4. Mengurangi Risiko Anemia

Manfaat telur puyuh selanjutnya adalah telur puyuh dapat mengurangi risiko anemia. Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah, sehinggga membuat penderitanya pucat atau mudah lelah. Untuk mencegah anemia, bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi telur puyuh bersama makanan bergizi lainnya. Telur puyuh mengandung zat besi yang tinggi guna membuat kadar hemoglobin dalam darah tetap stabil. Maka dari itu, makanan ini bisa dikonsumsi sebagai obat untuk mencegah dan  mengatasi anemia.


5. Menjaga Kesehatan mata

Memiliki mata yang sehat adalah hal penting bagi kesehatan tubuh dan juga keberlangsungan hidup seseorang. Selain istirahat yang cukup, menjaga kesehatan mata dapat ditunjang dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi. Salah satunya adalah telur puyuh. Banyak yang belum tahu kalau telur puyuh punya kandungan vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata kita. Manfaat telur puyuh untuk kesehatan mata diantaranya adalah melindungi penglihatan mata, mengurangi resiko degenerasi makula dan mencegah katarak pada mata kita.


6. Detoksifikasi Alami

Tak bisa dipungkiri jika dalam keseharian kita kerap terpapar radikal bebas yang bisa berasal dari udara, produksi industri, ozon bahkan makanan. Untuk menangkal radikal bebas, kita butuh makanan yang bisa mendetoksifikasi tubuh dari racun. Telur puyuh bisa menjadi pilihan yang tepat. Telur puyuh mengandung antioksidan dan asam amino yang berguna untuk menangkal radikal bebas serta membuat racun dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari bahaya radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit kronis. Salah satunya adalah kanker.


7. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Sama seperti organ-oran tubuh lainnya, otak membutuhkan makanan guna meningkatkan daya fokus, daya ingat dan kesehatan otak secara keseluruhan. Ada banyak makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dengan mengonsumsi asupan nutrisi yang cukup bagi otak secara rutin, tentu dapat menunjang kecerdasan otak. Tak heran jika para ibu di rumah kerap menyajikan telur puyuh sebagai hidangan sup bagi anak-anak mereka. Karena telur puyuh tinggi akan kandungan zat kolin, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mengoptimalkan kinerja otak secara keseluruhan.


8. Mencegah Penuaan Dini

Dipercaya atau tidak, konsumsi telur puyuh secara rutin dapat membantu memperlambat gejala penuaan. Ini berkat kandungan antioksidan, selenium dan berbagai vitamin dalam telur puyuh dapat berperan penting sebagai agen anti-penuaan yang sempurna. Jadi, buat yang ingin tampil awet muda dan tetap terlihat bugar bisa dengan mengonsumsi telur puyuh secara rutin. Akan tetapi, untuk tetap terlihat awet mudah tentu perlu diimbangi juga dengan menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat. Seperti konsumsi makan bergizi, istirahat yang cukup, hindari stres, dan olahraga yang teratur.


Itulah 8 manfaat telur puyuh untuk kesehatan yang sudah PergiKuliner rangkum untuk kamu. Meskipun banyak manfaatnya, tetapi Teman Kuliner perlu berhati-hati karena telur puyuh juga sangat tinggi kolesterol. Jadi, konsumsi sewajarnya saja ya.

Buat Teman Kuliner yang jadi kepingin makan aneka olahan telur, bisa langsung mengunjungi restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini. Ada telur gulung, nasi telor, omelet dan lain sebagainya. Mantap kan?

Endoq Telor Gulung & Cilor

Foto Endoq Telor Gulung & Cilor
Foto Endoq Telor Gulung & Cilor
Foto Endoq Telor Gulung & Cilor

Nasi Telor Sentosa

Foto Nasi Telor Sentosa
Foto Nasi Telor Sentosa
Foto Nasi Telor Sentosa

Martabak Pecenongan 65A

Foto Martabak Pecenongan 65A
Foto Martabak Pecenongan 65A
Foto Martabak Pecenongan 65A

Denny's

Foto Denny's
Foto Denny's
Foto Denny's

Sophie Authentique

Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
EeNOduYCfnBa
rosebarton10984@gmail.com | 01 Nov 2021 pk. 08:42 PM
Foto user umum
oujGLlSvPEtV
rosebarton10984@gmail.com | 01 Nov 2021 pk. 08:42 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?