Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Jenis Cabai Terpedas di Dunia

List Artikel
10 November 2015 | 0 Komentar

Bagi kalian para pecinta pedas, pasti kalian sudah sangat mengenal atau mungkin sudah jatuh hati dengan salah satu jenis cabai yang akan PergiKuliner bahas kali ini, yaitu Cabai Rawit. Walaupun ukurannya tergolong kecil, tapi rasanya yang pedas dan tajam dijamin dapat membuat semua makanan menjadi bertambah lezat, khususnya di lidah para pecinta pedas.


Jika dihitung berdasarkan Skala Scoville (sebuah ukuran mengenai tingkat kepedasan cabai), maka Cabai Rawit memiliki tingkat kepedasan mulai dari 50.000 – 100.000 Skala Scoville. Namun ternyata selain Cabai Rawit, masih banyak jenis cabai berukuran kecil lainnya yang memiliki rasa pedas luar biasa. Berikut ulasannya:


1. Cabai Rawit Domba (Datil Pepper)



Sumber: thehotpepper.com


Walaupun Cabai Rawit Domba ini sudah dapat dengan mudah kita temui di pasar-pasar tradisional di Indonesia, tetapi sebenarnya Cabai Rawit Domba ini berasal dari wilayah St. Agustine di Florida. Cabai Rawit Domba ini memiliki tingkat kepedasan mulai dari 100.000 – 300.000 Skala Scoville dan biasanya tingkat kepedasan tertinggi terletak pada varian warna orange. Cabai Rawit Domba ini seringkali dijadikan bahan utama pembuatan soup tomyum yang terkenal dengan rasa pedasnya.



2. Cabai Rocoto



Sumber: www.bfresh-magazine.co.id


Cabai Rocoto merupakan salah satu jenis cabai yang memiliki bentuk unik seperti Cherry atau bahkan ada yang berbentuk seperti Paprika. Walaupun memiliki ukuran yang kecil dengan daging cabai yang cukup tebal, tetapi biji Cabai Rocoto yang berwarna hitam ini dijamin dapat memberikan sensasi kepedasan sampai pada tingkat 330.000 Skala Scoville. Pada umumnya Cabai Rocoto ini digunakan sebagai pelengkap masakan daging sapi.


Walaupun masih sulit ditemukan di Indonesia, tapi sudah mulai banyak pedagang yang menyediakan bibit Cabai Rocoto ini. Untuk varian warnanya sendiri, Cabai Rocoto hanya memiliki varian warna merah dan orange.



3. Cabai Gendot (Red Savina Habanero)



Sumber: farizanriadhi.blogspot.com


Cabai Gendot merupakan salah satu jenis cabai yang berasal dari Mexico. Namun saat ini keberadaannya sudah dapat dengan mudah ditemui di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Cabai yang juga sering dikenal dengan nama Cabai Gendol dan Cabai Bendot ini memiliki bentuk fisik yang bengkak atau seperti mengembung, serta memiliki tingkat kepedasan mulai dari 100.000 – 350.000 Skala Scoville. Sama dengan jenis Cabai Rawit pada umumnya, Cabai Gendot juga memiliki varian warna mulai dari hijau, orange, dan juga orange terang yang terkadang menyerupai warna kuning.



4. Cabai Setan (Naga Bhut Jolokia)



Sumber: kompasiana.com


Cabai Setan (Ghost Chili) merupakan salah satu jenis cabai terpedas di dunia yang berasal dari wilayah Bangladesh dan sekitarnya. Dengan ukurannya yang kecil dan bentuk fisik yang berkeriput, Cabai Setan ini memiliki tingkat kepedasan mulai dari 330.000 – 1.000.000 Skala Scoville. Selain sudah dapat ditemui di pasar-pasar tradisional, saat ini keberadaan Cabai Setan juga sudah mulai dibudidayakan oleh para petani cabai di Indonesia.



5. Naga Viper



Sumber: thehotpepper.com

 

Naga Viper merupakan hasil penemuan seorang petani cabai di Inggris yang melakukan penyilangan terhadap 3 jenis cabai pedas lainnya. Tingkat kepedasan Naga Viper yang bisa mencapai angka 1.300.000 Skala Scoville ini pernah membuat Naga Viper menjadi cabai terpedas di dunia pada tahun 2012. Rasa pedasnya yang seperti membakar lidah juga dipercaya dapat bertahan selama berjam-jam lamanya sekalipun kita sudah meminum cukup banyak air. Walaupun masih jarang ditemui keberadaannya di Indonesia, namun sudah terdapat beberapa agen yang menjual bibit-bibit dari Cabai Naga Viper ini.


Itulah informasi mengenai beberapa jenis cabai dengan rasa super pedasnya. Bagi kalian para pecinta pedas, apakah kalian benar-benar sanggup mencicipi cabai-cabai dengan rasa super pedas di atas?


Waroeng SS

Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?