Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul Odading, Roti Goreng yang Sedang Viral di TikTok

List Artikel
25 Januari 2021 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sudah pernah mencoba odading? Odading saat ini menjadi salah satu jajanan yang sedang viral di berbagai media sosial seperti di TikTok, Instagram, hingga Twitter. Odading adalah roti goreng yang asalnya dari Bandung. Roti ini sebenarnya adalah jajanan kaki lima karena kamu bisa dengan mudah menjumpai pedagang odading di gerobak pinggir jalan. Odading biasanya dijajakan bersama dengan cakwe. Menjadi jajanan yang sedang viral saat ini, apakah kamu tidak penasaran dengan asal usul odading yang satu ini?

 


Sumber: Blogtokowahab.com


Jika kita menilik dari sejarahnya, odading ini merupakan jajanan yang mendapat pengaruh dari kuliner Belanda karena memang pada masa penjajahan Belanda, ada banyak jajanan khas Bandung yang diadaptasi dari budaya Belanda. Konon katanya, odading ini dibuat dari adaptasi kuliner Belanda yang bernama oliebollen yang merupakan roti goreng khas Belanda. Keduanya sama-sama dibuat dari bahan dasar tepung, telur, gula, margarin, dan ragi atau bahan pengembang kue  Perbedaannya dengan odading khas Sunda adalah bagian atas oliebollen ditaburi dengan gula halus seperti donat. Sedangkan untuk odading bagian atasnya diberi taburan biji wijen. Ditambah lagi, oliebollen berbentuk bulat, sedangkan odading ini bentuknya persegi atau kotak.



Sumber:  Blue.kumparan.com


Nama odading sebenarnya ditemukan secara tidak sengaja. Pada masa itu, roti goreng khas Bandung ini tidak memiliki nama. Orang-orang menyebut odading hanya dengan julukan roti goreng saja. Lalu ada seorang anak Belanda dengan ibunya yang melewati gerobak odading. Anak itu merengek minta dibelikan roti goreng yang dijual di gerobak tersebut. Lalu ibunya mengatakan, “o dat ding?” yang artinya adalah “o benda itu?”. Setelah sang ibu mengatakan hal tersebut, pedagang roti goreng yang tak sengaja mendengarnya berpikir kalau nama "odatding" terdengar bagus untuk menamai jualannya. Lalu diberi namalah roti goreng tersebut dengan nama odading seperti yang kita kenal saat ini.

 


Sumber: Klimg.com


Berhubung odading ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, maka bisa dikatakan kalau odading termasuk dalam jajanan klasik khas Indonesia. Meski sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, jajanan ini tidak pernah berubah dari segi bentuk dan tampilannya sehingga saat kamu menyantao kuliner ini akan terasa sekali suasana nostalgianya. Odading sebenarnya bisa dijumpai di beberapa kota lain di Indonesia karena pada dasarnya kuliner ini adalah roti goreng khas Indonesia meski bisa dijumpai di beberapa kota lain selain Bandung, tapi namanya berbeda alias bukan odading.

 


Sumber: Reciperfects.com


Di Jakarta, odading lebih dikenal dengan nama kue bantal karena memang bentuknya yang mirip dengan bantal pada umumnya, di Semarang dijuluki dengan nama bolang baling, di Yogyakarta diberi nama galundeng, di Magelang namanya gondang gandung, di Medan namanya kue bohong, di Banjarmasin diberi nama kue untuk-untuk, dan lain sebagainya. Meski namanya berbeda-beda, tapi citarasanya tetap sama yakni gurih dan manis. Beberapa perbedaan yang terlihat hanyalah dari segi penggunaan taburan biji wijen dan tidak diberi taburan biji wijen saja. Untuk harganya, berhubung odading ini adalah jajanan kaki lima, maka harganya sangat terjangkau. Biasanya odading dijual dengan harga mulai dari Rp. 3000,- hingga Rp. 5000,-.



Hello Odading

Foto Hello Odading
Foto Hello Odading
Foto Hello Odading

Cakwe Xideli Singapore

Foto Cakwe Xideli Singapore
Foto Cakwe Xideli Singapore
Foto Cakwe Xideli Singapore

Cakue Ko Atek

Foto Cakue Ko Atek
Foto Cakue Ko Atek
Foto Cakue Ko Atek

Xi De Li

Foto Xi De Li
Foto Xi De Li
Foto Xi De Li

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?