Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal-usul Puff Pastry yang Kini Tren Dijadikan Dessert Box

List Artikel
11 Juni 2023 | 0 Komentar

Puff pastry termasuk salah satu pastri yang keberadaannya sangat populer di kalangan pecinta dessert. Hal ini dikarenakan puff pastry sering digunakan sebagai olahan dessert. Puff pastry tergolong dalam jenis layered pastry yang terbilang satu golongan dengan croissant dan danish pastry. Puff pastry memiliki ciri khas tesktur berlapis-lapis yang garing tapi saat digigit tetap terasa empuk sehingga menimbulkan sensasi unik saat menyantapnya. Belakangan ini, puff pastry sedang ramai dibicarakan karena salah satu toko dessert ternama yang membuat olahan puff pastry untuk dijadikan sebagai dessert box. Biasanya dessert box menggunakan cake sebagai bahan lapisannya. Supaya tidak bosan, dibuatlah sebuah inovasi puff pastry sebagai lapisan dessert box. Sebagai olahan dessert yang sedang menjadi tren, coba kita cek asal usul dari puff pastry yang ada di bawah ini!

 

Puff Pastry Baru Muncul di Abad ke-16



Sumber: cheeseceknees.com


Jika melirik dari sejarahnya, puff pastry ini konon sudah ada sejak abad ke-16. Pastri sendiri sudah ada sejak zaman Mesir Kuno dan Romawi Kuno. Konon, adonan pastri dulunya digunakan untuk membungkus daging yang dimasak supaya bisa menyerap cairan sehingga tekstur daging menjadi lebih enak. Uniknya, setelah digunakan untuk membungkus daging, pastri akan dibuang alias tidak disantap. Barulah pada sekitar abad ke-14, pastri mulai digunakan sebagai kuliner yang bisa disantap dengan tekstur yang berbeda dengan bakery karena memiliki ciri khas tekstur yang renyah berlapis. Sementara untuk bakery seperti roti memiliki tekstur yang lebih empuk dan lembut saat dikonsumsi. Di abad ke-15, resep pada adonan pastri mulai diberikan kuning telur sehingga warnanya menjadi lebih cantik. Barulah pada abad ke-16, ditemukan puff pastry yang dibuat secara tidak sengaja.

 

Ditemukan Secara Tidak Sengaja untuk Menu Diet



Sumber: thecozyplum.com


Puff pastry sebenarnya ditemukan secara tidak sengaja pada sekitar tahun 1645 oleh seorang juru masak magang bernama Claude Gelle. Claude tidak hanya berprofesi sebagai juru masak, tapi juga seorang pelukis muda. Dirinya terbiasa membuat adonan pastri. Lalu ketika ayahnya sedang sakit, Claude ingin membuat pastri yang rendah lemak. Claude tidak sengaja membuat adonan pastri dengan hanya menggunakan air, tepung, dan mentega saja karena ingin mengikuti panduan diet ayahnya. Adonan tepung yang dicampur air diaduk hingga rata lalu digilas tipis kemudian di bagian atasnya diberi mentega. Adonan tersebut dilipat dan digilas kembali. Hal ini dilakukan berulang kali barulah dimasukkan ke dalam loyang.

 

Perkembangan Puff Pastry di Negara Eropa dan Indonesia



Sumber: endeus.tv


Jika dilihat dari negara asal sang pembuatnya, puff pastry dibuat oleh orang berkebangsaan Italia karena Claude lahir di kota Roma, Italia. Tapi resep puff pastry milik Claude dinilai belum sempurna dan yang menyempurnakannya adalah seorang master pastri berkebangsaan Prancis yang bernama Marie Antoine. Dari sinilah masyarakat lebih mengenal keberadaan puff pastry yang berasal dari Prancis ketimbang dari Italia. Di Indonesia, pastri mulai masuk di tahun 90-an. Sedangkan puff pastry baru mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia di sekitaran tahun 2000-an semenjak populernya tayangan masak-memasak di televisi. Saat ini, kita bisa menjumpai adonan puff pastry yang dijual dalam wujud beku sehingga lebih praktis dimasak dan digunakan.


Begitulah asal-usul puff pastry yang sekarang sedang menjadi tren untuk dijadikan beragam aneka olahan dessert enak. Buat kamu yang suka pastri, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang menyediakan aneka pastri enak untuk dicicip!

Zona Manis

Foto Zona Manis
Foto Zona Manis
Foto Zona Manis

Boens Soes

Foto Boens Soes
Foto Boens Soes
Foto Boens Soes

BitterSweet by Najla

Foto BitterSweet by Najla
Foto BitterSweet by Najla
Foto BitterSweet by Najla

Chocban Jakarta

Foto Chocban Jakarta
Foto Chocban Jakarta
Foto Chocban Jakarta

Olive Tree House of Croissants

Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?