Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bukan Disiram, 7 Jajanan Tradisional Ini Dibuat dari Gula Merah

List Artikel
13 September 2023 | 0 Komentar

Indonesia memiliki banyak jenis jajanan tradisional yang bisa dinikmati sebagai camilan pagi hari atau camilan sore hari. Jajanan tradisional khas Indonesia punya ciri khas khusus, seperti penggunaan tepung beras atau tepung tapioka, kelapa parut, daun pandan, dan gula merah.


Gula merah, atau yang lebih dikenal dengan nama gula aren, memiliki rasa manis dengan tekstur legit sehingga bisa membuat rasa makanan menjadi lebih lezat dan nikmat. Biasanya, gula merah ini akan dicairkan terlebih dahulu karena kebanyakan akan disajikan sebagai siraman saus pada aneka jajanan tradisional. Mulai dari kue lupis, candil, bubur sumsum, dan masih banyak lagi.


Namun selain dicairkan menjadi saus siraman, gula merah juga bisa dimasukkan ke dalam adonan sebagai pengganti gula pasir atau gula putih. Selain membuat rasa kuliner menjadi manis legit, gula merah memberikan warna kecokelatan pada makanan serta tekstur dan aroma yang lebih kaya. Di bawah ini, kita akan membahas 7 jajanan tradisional yang dibuat dari bahan dasar gula merah.

 

1. Wajik



Sumber: simakterus.com


Jajanan tradisional yang dibuat dari bahan dasar gula merah yang pertama ini adalah wajik. Makanan ini termasuk jajanan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah. Wajik dibuat dari bahan dasar beras ketan yang dimasak dengan santan dan gula merah sehingga membuat aromanya wangi, rasanya manis, serta teksturnya menjadi sangat legit dengan ciri khas kenyal dan lengket. Jajanan tradisional berbahan dasar gula merah ini memiliki tampilan warna yang kecokelatan. Wajik bisa dengan mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, terutama daerah Jawa dan Sumatra.


2. Kue Cucur



Sumber: marimasakdunia.com


Kue cucur menjadi salah satu jajanan tradisional yang dibuat dari bahan dasar gula merah dan tepung beras. Makanan ini merupakan jajanan tradisional khas suku Betawi, tepat dari wilayah barat pulau Jawa. Cara pembuatannya terbilang berbeda jika dibandingkan kue tradisional Indonesia lainnya yang kebanyakan dibuat dengan cara dikukus. Kue cucur dibuat dengan cara digoreng dalam minyak. Meski digoreng, tekstur dari kue cucur ini tidak garing atau keras, melainkan empuk dan agak kenyal. Bentuknya bulat dengan bagian tengah yang lebih tebal seperti gunung.

 

3. Kue Cincin



Sumber: sweetrip.id


Selanjutnya, ada kue cincin yang juga menjadi salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar gula merah. Jajanan tradisional khas Indonesia ini paling sering dijumpai di wilayah barat Pulau Jawa. Kue cincin ini memiliki tampilan bentuk seperti cincin dengan warna kecoklatan. Bahan dasar pembuatannya adalah tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Proses memasaknya adalah dengan cara digoreng, sama seperti kue cucur. Inilah yang menyebabkan kue cincin memiliki warna cokelat tua yang mirip kue cucur. Namun, berbeda dengan kue cucur yang memiliki tekstur empuk dan agak kenyal, kue cincin justru memiliki tekstur yang lembut di dalam tetapi renyah di luar.

 

4. Ampyang



Sumber: resepspesial.id


Ampyang menjadi jajanan tradisional yang populer sebagai oleh-oleh khas Jawa. Jajanan tradisional ini berasal dari Yogyakarta, tetapi kamu bisa menjumpai ampyang di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Pulau Jawa. Ampyang dibuat dari bahan dasar kacang tanah dan gula merah. Cara pembuatannya sangatlah mudah karena tinggal mencampurkan kacang tanah yang sudah digoreng atau disangrai dengan gula merah cair. Nantinya, adonan akan dibentuk hingga dibiarkan mengeras. Jika sudah kering dan mengeras, ampyang pun siap disajikan. Rasa dari ampyang ini memiliki campuran gurih, manis, dan legit. Tekstur ampyang cenderung renyah dan rapuh. Saat kamu menggigit dan mengunyahnya, ampyang akan menghasilkan suara renyah dan hancur menjadi potongan-potongan kecil yang meleleh di mulut.

 

5. Apang Bugis



Sumber: tagar.id


Selanjutnya, ada apang bugis yang menjadi jajanan tradisional yang dibuat dari bahan dasar gula merah. Apang bugis merupakan kue tradisional khas suku Bugis, Makassar. Bahan dasar pembuatannya adalah tepung beras, tepung terigu, gula merah, santan, ragi, bumbu spekoek, air kelapa, dan garam. Setelah semua bahan tercampur rata, adonan akan dikukus hingga matang lalu disajikan dengan kelapa parut. Apang bugis memiliki rasa yang manis dari gula merah yang khas, teksturnya lengket dan lembut karena penggunaan tepung beras sebagai bahan utamanya.

 

6. Kue Banang-banang



Sumber: inews.co.id


Kue banang-banang merupakan kue khas Makassar, Sulawesi Selatan. Meski asalnya dari Sulawesi Selatan, kue ini juga bisa dijumpai di beberapa daerah di Indonesia seperti kota-kota di Pulau Jawa hingga Sumatra. Kue banang-banang adalah kue yang berbentuk seperti gulungan benang yang berwarna kecokelatan. Bahan dasar pembuatannya adalah tepung beras, tepung terigu, gula merah, telur, dan bahan lainnya. Teksturnya garing renyah dan rasanya manis legit. Seperti namanya, sepintas kue banang-banang ini memang terlihat seperti lilitan benang yang saling jalin menjalin. Dalam bahasa Makassar, banang-banang sendiri memiliki makna benang yang saling membentuk jalinan.

 

7. Deppa Tori



Sumber: kompasiana.com


Jajanan tradisional yang terakhir adalah deppa tori yang berasal dari Tana Toraja. Jajanan ini terbilang cukup unik dan sering disamakan dengan telur gabus karena bentuknya yang mirip. Meski demikian, rasanya sangat jauh berbeda. Tidak seperti telur gabung yang ringan dan renyah, deppa tori lebih kental dan manis dengan dominasi rasa gula merah karena deppa tori ini menggunakan lapisan gula merah pada bagian luarnya sehingga rasanya menjadi manis legit. Ditambah lagi, adanya taburan biji wijen putih yang menambah wangi aromanya.

 

Itulah beberapa jajanan tradisional yang dibuat dari bahan campuran gula merah. Di antara ketujuh jajanan yang ada di atas, manakah yang paling kamu suka? Jika kamu ingin menyantap kue-kue tradisional, di bawah ini ada rekomendasi beberapa toko yang menyediakan aneka kue tradisional untuk kamu coba.

Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Bon Ami Bakery

Foto Bon Ami Bakery
Foto Bon Ami Bakery
Foto Bon Ami Bakery

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Bakpau & Kue 555

Foto Bakpau & Kue 555
Foto Bakpau & Kue 555
Foto Bakpau & Kue 555

Toko Kue Lakker

Foto Toko Kue Lakker
Foto Toko Kue Lakker
Foto Toko Kue Lakker

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?