Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Gulali vs Rambut Nenek, Apa yang Membuatnya Berbeda?

List Artikel
24 Januari 2018 | 0 Komentar

Kamu termasuk orang yang sangat suka menyantap kuliner manis? Pastinya pernah mencoba gulali dan rambut nenek. Kedua jenis camilan ini memang sering salah dikenali karena sama-sama memiliki cita rasa yang sangat manis dengan tampilan warna-warni yang menarik sehingga sangat disukai anak-anak. Baik itu gulali dan rambut nenek, keduanya lebih banyak dijumpai di dekat sekolah atau taman bermain. Tak banyak orang yang tahu perbedaan dari gulali dan rambut nenek. Padahal jika kamu perhatikan dengan seksama, keduanya mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Ingin tahu dari segi mana saja perbedaannya? Mari kita lihat!

 

Bahan yang Digunakan


Sumber: pergikuliner.com


Gulali atau yang lebih dikenal dengan sebutan cotton candy merupakan camilan yang terbuat dari campuran gula dengan pewarna makanan yang cerah sehingga tak heran jika gulali memiliki warna-warni yang lebih beragam jika dibandingkan dengan rambut nenek.  Berbeda dengan gulali, rambut nenek tak hanya terbuat dari campuran gula dan pewarna makanan saja, tapi juga ada campuran tepung terigu yang sudah dimasak dengan minyak goreng hingga kecoklatan terlebih dahulu.

 

Cara dan Proses Pembuatan



Sumber: pergikuliner.com


Kamu pasti sudah sering melihat pembuatan gulali karena kebanyakan penjual gulali membuat langsung gulali sehingga bisa dilihat oleh pembeli. Gulali dibuat dengan menggunakan mesin khusus yang berbentuk loyang besi dan berputar dengan kecepatan tinggi sehingga proses pembuatannya hanya memakan waktu beberapa menit saja karena kamu cukup memasukkan gula dan pewarna makanan. Lain halnya dengan proses pembuatan rambut nenek yang masih dibuat secara tradisional yakni secara manual dengan menggunakan tangan dan meja dengan kayu di tengahnya yang digunakan untuk menarik-narik adonan rambut nenek hingga berbentuk menjadi serabut-serabut halus. Berhubung masih manual, maka proses pembuatan rambut nenek bisa memakan waktu kurang lebih 30 menit.

 

Perbedaan Tekstur


Sumber: pergikuliner.com


Jika dilihat sekilas, gulali dan rambut nenek memang terlihat sama, tapi jika kamu pegang dan bandingkan keduanya dengan jelas, maka kamu bisa melihat perbedaan tekstur dari keduanya. Gulali memiliki tekstur yang lebih lembut seperti kapas. Oleh karena itu, tak heran jika gulali disebut dengan permen kapas. Sedangkan rambut nenek memiliki tekstur yang lebih kasar seperti rambut yang tak pernah disisir sehingga dinamakan rambut nenek.

 

Tampilan dan Citarasa


Sumber: kriya.com


Gulali biasanya dijual dalam bentuk lonjong dengan stik yang dijadikan pegangan untuk menyantapnya. Sedangkan rambut nenek dijual dengan cara diapit dengan kerupuk pipih yang terbuat dari tepung beras. Dari segi cita rasanya, gulali memiliki rasa manis yang lumer di mulut. Berbeda dengan rambut nenek yang ada sedikit rasa tepung mengecap di lidah kamu.

 

Meski berbeda, kedua camilan ini kini sedang naik daun karena dipadukan dengan aneka kuliner kekinian seperti es krim, waffle, cake, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang ingin menyantap manisnya gulali dan rambut nenek yang dipadukan dengan kuliner manis lainnya, kamu bisa mencobanya di salah satu tempat kuliner di bawah ini!

Susu Papa

Foto Susu Papa

Shirokuma

Foto Shirokuma
Foto Shirokuma
Foto Shirokuma

Cake A Boo

Foto Cake A Boo
Foto Cake A Boo
Foto Cake A Boo

Kabut Salju

Foto Kabut Salju
Foto Kabut Salju

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?