Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengapa Varian Rasa Gelato Lebih Banyak Dibanding Es Krim?

List Artikel
22 Februari 2020 | 0 Komentar

Gelato dan es krim merupakan salah satu jenis olahan dessert yang keberadaannya di Indonesia terbilang sangat populer. Hal ini sudah pasti dikarenakan cuaca Indonesia yang cenderung panas membuat kita kerap kali merasa kegerahan dan ingin menyantap sesuatu yang dingin seperti es krim dan gelato. Es krim dan gelato ini memang kerap kali salah dikenali karena sama-sama memiliki tampilan serta cara penyajian yang sama. Kita pun kerap kali bingung membedakannya. Sebenarnya, gelato dan es krim ini bisa dikenali dari segi teksturnya karena perlu kamu ketahui kalau meskipun es krim dan gelato sama-sama dibuat dari bahan utama susu dan krim, tapi perbandingan keduanya ini berbeda. Untuk gelato, kandungan krim jauh lebih rendah dibanding es krim sehingga es krim harus disimpan dalam suhu yang jauh lebih rendah dibanding gelato.



Sumber : Pergikuliner.com 


Selain karena perbedaan takaran bahan pembuatannya, gelato dan es krim ini juga bisa dibedakan dari segi varian cita rasanya. Untuk gelato, kamu bisa menemukan beragam varian rasa gelato, mulai dari rasa yang umum seperti vanilla, cokelat, dan strawberry, varian rasa dengan tampilan warna yang cantik seperti matcha, nutella, redvelvet, dan taro, hingga varian rasa unik dan sehat seperti rasa sawi, kale dan lain sebagainya. Sementara untuk varian rasa es krim biasanya hanya ada rasa klasik saja. Tapi pernahkah kamu mempertanyakan, mengapa varian rasa gelato lebih banyak jenisnya dibanding dengan es krim? Coba saja kamu perhatikan, ketika mampir ke gerai gelato, pilihan rasa yang ditawarkan bisa hingga belasan bahkan puluhan. Sedangkan gerai es krim paling hanya menawarkan rasa yang itu-itu saja. Mengapa demikian?



 Sumber : Pergikuliner.com


Usut punya usut, ternyata ada alasan khusus di balik banyaknya varian rasa gelato dibanding dengan es krim. Penggunaan krim yang lebih sedikit dibanding es krim membuat gelato bisa memiliki beragam citarasa yang sangat bervariasi. Lho, memangnya apa hubungannya krim dengan rasa gelato? Pemakaian krim pada gelato membuat cita rasanya lebih keluar. Jadi kalau diberikan bahan tambahan, maka citarasa dari bahan tambahan tersebut akan lebih terasa. Berbeda dengan es krim yang kadar krimnya banyak sehingga jika membuat bahan tambahan yang digunakan haruslah banyak agar citarasa barunya bisa lebih terasa. Alasan yang kedua adalah karena gelato tidak mengandung banyak udara di dalamnya. Sedangkan es krim punya banyak udara di dalamnya sehingga citarasa bahan tambahan akan susah keluar. Ibaratnya, jika biasanya bahan tambahan yang digunakan untuk memperkaya rasa pada gelato cukup diberikan 30% saja, maka pada es krim harus diberikan lebih dari 30% persen. Tentu saja bagi para pelaku bisnis kuliner, hal tersebut akan menambah biaya produksi. Oleh karena itu lebih banyak es krim tidak begitu banyak variannya dibanding gelato.

 

Itulah beberapa alasan mengapa gelato lebih banyak variannya. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu ya! Jika ingin menikmati aneka gelato yang enak, kamu bisa datang ke sini aja ya!

Gaya Gelato

Foto Gaya Gelato
Foto Gaya Gelato
Foto Gaya Gelato

MOONI Artisan Gelato

Foto MOONI Artisan Gelato
Foto MOONI Artisan Gelato
Foto MOONI Artisan Gelato

Latteria Gelato

Foto Latteria Gelato
Foto Latteria Gelato
Foto Latteria Gelato

Orbit Gelato

Foto Orbit Gelato
Foto Orbit Gelato
Foto Orbit Gelato

Demi Gelato

Foto Demi Gelato
Foto Demi Gelato
Foto Demi Gelato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?