Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Daun-Daun yang Populer Digunakan untuk Bungkus Makanan

List Artikel
16 Maret 2019 | 0 Komentar
Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki ciri khas kuliner berbeda. Tak hanya dari cita rasanya saja yang kaya akan rempah, tetapi juga dari segi tampilannya. Salah satu ciri khas dari tampilan kuliner Indonesia adalah penggunaan daun pisang untuk penyajian. Baik itu untuk bungkus, hingga untuk tatakan. Dengan penggunaan daun pisang, maka aroma makanan menjadi lebih wangi dan menggoda. Tapi tahukah kamu kalau ternyata masih ada jenis daun-daun lainnya yang sering dijadikan bungkus makanan tradisional. Ada lima jenis daun lain yang paling sering digunakan, yaitu:

1. Daun Jati


Sumber : Diaryhijabers.com

Pertama ada daun jati yang menjadi salah satu jenis daun yang banyak digunakan sebagai pembungkus makanan. Daun jati ini memiliki aroma wangi yang khas sehingga sangat terasa sekali tradisionalnya. Daun jati paling banyak digunakan untuk membungkus nasi jamblang khas Cirebon. Sedangkan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, daun jati justru banyak digunakan untuk pembungkus tempe. Daun jati juga sering digunakan untuk membungkus ikan dan daging karena dipercaya bisa mengurangi aroma amis dan membuatnya jadi lebih empuk.

2. Daun Jagung


Sumber : Bukalapak.com

Selanjutnya ada daun jagung atau pelepah jagung yang sering digunakan untuk membungkus jajanan tradisional yang memiliki cita rasa manis seperti wajik, pudak, hingga dodol khas Gresik. Daun jagung memiliki aroma wangi yang akan muncul pada saat proses pemasakan yang wanginya hampir mirip dengan daun pandan. Selain itu daun jagung memiliki serat yang panjang, kuat dan rapat sehingga sangat cocok untuk membungkus makanan.

3. Daun Kelapa


Sumber : Brilio.net

Daun kelapa sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu daun pembungkus makanan yang banyak digunakan. Biasanya kita menggunakan daun kelapa ini untuk membuat ketupat. Tapi ternyata penggunaan daun kelapa tidak hanya bisa digunakan untuk membungkus ketupat saja, melainkan juga cocok dijadikan sebagai pembungkus jajanan tradisional seperti clorot, lepet ketan, atau legondo.

4. Daun Bambu


Sumber : Idntimes.com

Bambu merupakan tanaman yang bisa dipergunakan semuanya, mulai dari batang hingga daun. Daun bambu bisa dipergunakan untuk membungkus bacang, kue gambir, tempe dan kuliner-kuliner tradisional lainnya. Daun bambu tidak bisa langsung digunakan setelah dipetik karena kamu harus membersihkan bulu-bulu halus di permukaan daun terlebih dahulu. Setelah dibersihkan, daun bambu harus direbus terlebih dahulu hingga layu.

5. Daun Nyangku

Sumber : Travelingyuk.com

Yang terakhir ada daun nyangku yang digunakan sebagai pembungkus makanan tradisional Indonesia. Daun nyangku banyak digunakan oleh masyarakat lereng Gunung Slamet. Tekstur daun nyangku sangat kuat dan seratnya padat sehingga pas untuk membungkus makanan yang berisi nasi dan lauk-pauk. Cara membungkus daun nyangku untuk makanan terbilang sangat unik karena berbentuk memanjang ke atas.

Sekarang kamu sudah tahu kan kalau ada banyak sekali jenis daun yang bisa digunakan untuk membungkus makanan. Tapi daun pembungkus memang membuat makanan jadi lebih nikmat dan wangi lho? Kalau kamu tak percaya, silahkan simak beberapa tempat makan di bawah ini yuk!

Nasi Pecel Mbak Ira

Foto Nasi Pecel Mbak Ira

Warung Mbak Lastri

Foto Warung Mbak Lastri
Foto Warung Mbak Lastri

Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati

Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati
Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati
Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati

Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang

Foto Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang
Foto Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang

Nasi Bakar Roa

Foto Nasi Bakar Roa
Foto Nasi Bakar Roa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?