Ini Dia, 5 Cara Sehat Mengonsumsi Makanan Berkarbohidrat

28 Maret 2016 | 0 Komentar

Karbohidrat merupakan asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, namun karbohidrat sering dianggap sebagai pemicu naiknya berat badan sehingga banyak orang yang mengurangi makanan berkarbohidrat. Tidak hanya itu saja, ada juga orang yang diet karbohidrat sehingga mereka tidak makan karbohidrat sama sekali. Tapi tahukah kamu, kalau ada cara sehat untuk mengonsumsi karbohidrat sehingga berat badan kamu tetap terjaga. Yuk, simak ulasan berikut ini:


1. Masak pasta setengah matang

Pasta yang sengaja dimasak setengah matang alias al dente ternyata bukan tanpa alasan. Memasak pasta setengah matang ternyata mampu menurunkan kadar glukosa dalam tubuh. Glukosa umumnya dihasilkan dari asupan karbohidrat. Rebus pasta selama 10-12 menit saja sehingga pasta kamu menjadi lebih sehat.


2. Jangan makan nasi saat masih panas

Nasi panas ternyata mengandung kalori yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan nasi yang sudah dingin. Terutama nasi panas yang baru saja matang, bukan memiliki tingkat kalori yang tinggi, namun juga memiliki kadar gula yang lebih tinggi dibanding nasi kemarin. Selain itu pilihan beras merah, coklat, atau hitam jauh lebih sehat dibanding beras putih.


3. Konsumsi ​kentang dingin

Kentang juga salah satu makanan dengan kadar zat tepung yang tinggi. Tak jauh berbeda dengan nasi, sebaiknya konsumsi kentang saat dingin karena kentang dingin sudah berkurang zat tepungnya.


4. Pisang hijau

Makanan dengan kadar zat tepung rendah​ mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Pisang hijau alias pisang yang belum matang benar merupakan makanan rendah zat tepung sehingga sangat bagus untuk meningkatkan perkembangan bakteri baik. Kamu bisa memasaknya dengan mengukus atau memanggangnya.


5. Menghangatkan pasta

Kamu punya sisa pasta sisa kemarin yang tidak kamu habiskan? Hangatkan kembali lalu konsumsi karena proses memasak, mendinginkan lalu menghangatkan kembali pasta yang sudah dingin mampu mengurangi 20% kadar glukosa dalam pasta. Sebaiknya santap seporsi salad sebelum menyantap pasta karna dapat mengurangi asupan kalori dalam tubuh hingga 123 kalori.


Avec Moi

Nasi Goreng Pak Gendut

Nasi Goreng Mafia

Wmiitem


Topik artikel ini: