Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Khanom Khrok Camilan Khas Thailand

List Artikel
15 Juli 2021 | 0 Komentar

Mendengar nama negara Thailand, kuliner apa yang terbayang di benak Teman Kuliner? Pastinya tom yom kung, pad thai, som tam, dan mango sticky rice. Selain kuliner-kuliner tersebut, ada satu kuliner lain yang perlu Teman Kuliner coba, yakni khanom khrok. Nama kuliner ini sangat populer di Thailand sebagai salah satu street food ternama yang banyak diincar oleh para wisatawan asing. Khanom khrok banyak dijumpai di pedagang kaki lima gerobak atau pedagang yang mangkal di pinggir jalan. Oleh karena itu harganya sangat murah dan terjangkau sehingga banyak orang meliriknya. Menjadi jajanan khas Thailand, ada banyak fakta unik khanom khrok yang perlu Teman Kuliner ketahui sebelum mencicipnya. Apa saja?, Kita cari tahu bareng-bareng yuk!

 


Sumber: Apartmenttherapy.info


1. Mirip dengan Surabi

Bagi masyarakat Indonesia sendiri, khanom khrok mungkin terdengar asing, tapi saat melihatnya, mungkin kamu merasa familiar dengan tampilannya. Tampilan khanom khrok jika kita lihat sekilas memang sangatlah mirip dengan jajanan khas Indonesia, yakni surabi. Tapi jika diperhatikan dengan lebih teliti, keduanya ini merupakan kuliner yang berbeda. Bukan karena asal negaranya saja yang berbeda, tapi dari segi bentuk, bahan pembuatan, isian, dan rasanya juga berbeda. Jika dilihat perbedaan dari bentuknya, jajanan ini memiliki bentuk yang lebih kecil dari surabi. Bisa dikatakan kalau besarnya ini mirip dengan kue talam.



Sumber: Zestysouthindiankitchen.com 


2. Dibuat dari Campuran Nasi Matang

Siapa yang menyangka kalau khanom khrok dibuat dari bahan dasar campuran nasi matang. Nasi yang digunakan adalah jenis jasmine rice sehingga aromanya sangat wangi ketika dimasak menjadi khanom khrok. Selain nasi, campuran lainnya adalah tepung beras, santan, kelapa parut, gula, dan garam. Bahan-bahan tersebut adalah bahan lapisan luarnya. Sedangkan untuk bahan isian dalamnya terbuat dari campuran santan kelapa, gula, tepung beras, dan garam. Inilah yang membuat tekstur khanom khrok berbeda dengan tekstur surabi karena pada bagian tengahnya ini nanti akan memiliki tekstur yang meleleh saat disantap di mulut, tapi pada lapisan luarnya memiliki tekstur lembut tapi ada tekstur kasarnya sedikit.  


3. Memiliki Ukuran yang Mungil

Khanom khrok memiliki ukuran yang sangat mungil. Inilah yang menjadi penyebab mengapa satu porsi khanom khrok terdiri dari 10-12 buah. Khanom khrok memang sengaja dibuat mungil agar mudah disantap sambil berjalan karena jajanan ini dijajakan di pinggir jalan. Jadi kita cukup melahapnya sekali tanpa perlu membaginya menjadi beberapa bagian terlebih dahulu. Uniknya, meski ukurannya kecil, khanom khrok ini cukup mengenyangkan. Hal ini dikarenakan bahan dasar dari jajanan Thailand ini adalah nasi matang dan tepung beras sehingga kandungan karbohidratnya cukup tinggi. Jadi camilan mengenyangkan ini juga bisa santapan sarapan pagimu saat berkunjung ke Thailand.



Sumber: Pinimg.com


4. Merupakan Jajanan Klasik dengan Resep Turun Temurun

Khanom khrok sebenarnya adalah jajanan tradisional yang sudah ada sejak Kerajaan Ayutthaya. Kerajaan Ayutthaya ini berdiri pada tahun 1351 hingga 1767 sehingga bisa dikatakan kalau jajanan ini adalah jajanan jadul. Resep asli khanom khrok awalnya hanya menggunakan bahan utama saja. Tapi resep ini kemudian diadaptasi menjadi resep kerajaan sehingga agar tampilannya terlihat lebih mewah maka ditambahkanlah aneka topping di atasnya sehingga menjadikannya kuliner yang terlihat cantik dan menarik untuk disantap.

 

5. Topping yang Beraneka Ragam

Tak berbeda jauh dengan surabi, khanom khrok ini juga memiliki aneka topping yang beragam. Topping klasik dari khanom khrok adalah jagung manis pipil, irisan daun bawang, dan udang rebon atau udang kecil. Tapi saat ini topping yang digunakan pada khanom khrok menjadi lebih beragam lagi. Mulai dari telur puyuh, meises, keju, kismis, dan kacang-kacangan. Penambahan topping yang berbeda-beda ini bisa mempengaruhi citarasanya secara keseluruhan. Misalkan saja jika ditambahkan meises maka rasanya jadi lebih manis, tapi jika ditambahkan keju rasanya justru menjadi lebih gurih.



Sumber:  Instagram.com/foodventurewithwil


6. Disebut Sebagai Pancake atau Puding

Khanom khrok ini dikenal oleh masyarakat mancanegara sebagai pancakenya Thailand karena pembuatannya mirip dengan pancake, yakni bisa dipanggang di atas wajan atau wadah besi. Tapi uniknya, khanom khrok ini juga dikenal sebagai puding ala Thailand. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan tekstur khanom khrok yang lembut serta lumer di mulut sehingga dibilang mirip dengan tekstur puding pada umumnya. Meski sebenarnya, khanom khrok ini lebih cocok untuk dijuluki sebagai pancakenya Thailand.

 

Itulah beberapa fakta unik khanom khrok. Buat Teman Kuliner yang langsung ngidam masakan Thailand, bisa langsung mampir ke tempat-tempat di bawah ini ya!

Tamnak Thai

Foto Tamnak Thai
Foto Tamnak Thai
Foto Tamnak Thai

Thai Street

Foto Thai Street
Foto Thai Street
Foto Thai Street

Santhai

Foto Santhai
Foto Santhai
Foto Santhai

Larb Thai Cuisine

Foto Larb Thai Cuisine
Foto Larb Thai Cuisine
Foto Larb Thai Cuisine

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?