Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Jenis Kimbap yang Paling Populer di Korsel

List Artikel
2 April 2020 | 0 Komentar

Kimbap merupakan salah satu kuliner khas Korea Selatan (Korsel) yang keberadaannya sangat terkenal di Indonesia. Kamu bahkan bisa menjumpainya hampir di setiap gerai atau restoran khas Korsel. Kimbap di negara asalnya menjadi kuliner serba bisa alias cocok disantap pada segala situasi, mulai bisa dijadikan sebagai bekal sekolah, piknik, sebagai sarapan, hingga makanan yang bisa disantap saat sedang sibuk. Bentuknya yang praktis ini membuatnya bisa disantap pada segala macam situasi. Kimbap dibuat dari bahan dasar nasi yang dibungkus dengan nori atau rumput laut dan diberi isian sayur-sayuran hingga daging atau ikan yang sudah matang. Selain praktis, kimbap juga punya banyak varian jenis yang bisa kamu pilih. Dari sekian banyak, ada beberapa jenis kimbap yang populer di Korsel yaitu:

 

1. Bulgogi Kimbap



Sumber : Mykoreankitchen.com


Pertama ada bulgogi kimbap yang dibuat dari campuran daging bulgogi. Untuk membuatnya kamu tinggal menambahkan irisan daging bulgogi dalam isiannya. Tapi tentu saja daging bulgoginya ini sudah diiris-iris kecil dan halus terlebih dahulu agar saat dipotong dan disantap bisa lebih mudah. Selain daging bulgogi, ada juga isian lainnya yang disertakan. Biasanya ada telur dadar, wortel, acar lobak, dan mentimun. Berhubung menggunakan daging sapi, maka harga bulgogi kimbap ini lebih mahal dari kimbap kebanyakan.

 

2. Chamchi Kimbap



Sumber : Craftlog.com


Selanjutnya ada chamchi kimbap yang menggunakan campuran tuna sebagai bahan dasar isiannya. Tuna yang digunakan bisa tuna kaleng maupun tuna segar yang ditumis terlebih dahulu. Nantinya untuk isian tambahan akan ada acar lobak, telur dadar, wortel, hingga aneka sayuran lainnya. Chamchi kimbap ini sangat disukai karena cita rasanya yang gurih dan asin. Bisa dikatakan setelah bulgogi kimbap, chamchi kimbap ini yang jadi favorit masyarakat Korsel.

 

3. Yachae Kimbap



Sumber : Selera.id


Berbeda dengan bulgogi kimbap dan chamchi kimbap. Yachae kimbap ini tidak menggunakan isian daging sama sekali karena yachae kimbap adalah kimbab khusus isi sayuran jadi sangat cocok untuk para vegetarian. Isian sayuran yang digunakan adalah wortel, bayam, mentimun, acar lobak dan akar burdock. Beberapa ada yang menambahkan telur dadar dan kimchi, tapi ada juga yang tidak. Meski bahan-bahannya sayuran, tapi bumbu yang digunakan sama sehingga cita rasanya tak jauh berbeda.

 

4. Chungmu Kimbap



Sumber : Beyondkimchee.com


Saat melihat chungmu kimbap pasti kamu akan merasa aneh karena cara penyajiannya ini sangat berbeda dengan kimbap kebanyakan. Chungmu kimbap disajikan dengan isian yang terpisah. Sementara nasinya sendiri sudah dibungkus atau dibalut dengan nori tanpa isian. Nantinya kimbap akan disajikan bersama dengan kimchi dan tumis cumi. Tentunya sensasi menyantapnya akan berbeda saat disantap satu per satu.

 

5. Samgak Kimbap



Sumber : Naver.com


Terakhir ada samgak kimbap yang bentuknya juga berbeda dari kimbap kebanyakan karena berbentuk segitiga mirip dengan nasi onigiri dari Jepang. Bedanya adalah samgak kimbap ini isiannya adalah isian kimbap. Ada samgak kimbap yang berisi tuna, daging bulgogi, dan lain sebagainya. Biasanya samgak kimbap tidak menggunakan sayuran di dalamnya, tapi ada juga beberapa yang menggunakan sayuran meski tidak banyak. Jika ada campuran sayuran hanya menggunakan acar lobak.

 

Itulah beberapa jenis kimbap yang paling populer di Korsel. Dari kelimanya, manakah yang paling kamu suka? Nah. kalau jadi kepingin makan kimbap setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung datangi aja ya tempat-tempat di bawah ini!

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

DAON Dine & Coffee

Foto DAON Dine & Coffee

Oppa Korean Food Cafe

Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?