Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Tahu Khas Korea Ini Bikin Kamu Nambah Nasi

List Artikel
23 Juli 2021 | 0 Komentar

Tahu merupakan salah satu protein nabati yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selain tempe. Tahu dibuat dari bahan dasar kacang kedelai sehingga kaya akan nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Di Indonesia, tahu bisa diolah menjadi aneka kuliner. Mulai dari dimasak dengan bumbu semur, balado, hingga hanya digoreng begitu saja atau digoreng dengan dilapisi tepung sehingga teksturnya jadi garing. Selain Indonesia, ternyata ada negara lainnya yang juga sering mengonsumsi tahu yakni Korea.


Banyak olahan tahu khas Korea yang bisa membuat nafsu makanmu bertambah, beberapa diantaranya sudah cukup terkenal loh. Ada apa saja?, Yuk cek ulasannya di bawah ini!


1. Dubu Jangajji



Sumber: Maangchi.com


Olahan tahu khas Korea yang pertama adalah dubu jangajji. Dubu jangajji merupakan salah satu olahan tahu khas Korea yang sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat. Olahan tahu khas Korea ini adalah kuliner fermentasi yang bisa bertahan hingga 2-3 minggu dalam lemari pendingin. Biasanya dubujjigae disantap dipagi hari sebagai menu sarapan. Dubu jjigae dibuat dari tahu yang dibumbui dengan kecap asin, cuka, bawang putih, dan bawang bombay. Biasanya dubu jangajji ditambahkan dengan jamur shitake dan irisan apel sehingga rasanya jadi lebih enak.


2. Sundubu Jjigae



Sumber: Resepkoki.id


Olahan tahu khas Korea berikutnya adalah sundubu jjigae. Sundubu jjigae dibuat dari bahan dasar tahu. Jenis tahu yang digunakan adalah tahu sutera. Selain itu, ada bahan tambahan lainnya yakni kimchi yang sudah sangat matang, daging, telur, dan potongan lobak. Untuk bumbu yang digunakanpada sundubu jjigae ini adalah bawang putih, bawang bombay, bubuk cabai, minyak wijen, dan lain sebagainya. Berhubung tahu yang digunakan adalah tahu sutera, maka teksturnya akan menjadi sangat lembut. Untuk rasanya ada campuran antara rasa gurih asin dan pedas. Sundubu jjigae bisa disantap begitu saja atau ditambahkan dengan nasi putih hangat.


3. Dubu Jorim



Sumber: Maangchi.com


Selanjutnya ada dubu jorim yang juga merupakan olahan tahu khas Korea. Dubu jorim adalah tahu pedas ala Korea yang cocok buat kamu penyuka makanan pedas. Dubu jorimdibuat dari bahan dasar tahu yang dimasak dengan bubuk cabai, minyak wijen, bawang putih, bawang bombay, kecap asin, minyak wijen, biji wijen, dan air. Semua bahan dimasak dalam waktu yang cukup lama sehingga airnya mengental dan bumbunya merasuk dengan baik. Dubu jorim juga akan terasa nikmat jika disantap dengan nasi putih.


4. Dubu Ganjangjorim



Sumber: Maangchi.com


Dari aneka olahan tahu khas Korea yang ada, dubu ganjangjorim menjadi olahan tahu khas Korea yang paling mudah untuk membuatnya. Dubu ganjangjorim adalah tahu panggang asin yang dibuat hanya dengan menggunakan lima bahan utama, yakni tahu, kecap asin, bawang putih, sirup jagung, dan biji wijen. Jenis biji wijen yang digunakan bisa berupa biji wijen putih atau hitam. Untuk membuatnya, Teman Kuliner hanya perlu melumuri tahu dengan kecap asin, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan sirup jagung. Lalu setelah itu, tahu yang sudah dibumbui akan dipanggang dalam wajan hingga warnanya kecoklatan. Lalu setelah matang, taburi dengan biji wijen di atasnya.

 

5. Dubuchim Yangnyeomjam



Sumber: koreanbapsang.com


Olahan tahu khas Korea yang terakhir adalah dubuchim yangnyeomjam. Dubuchim yangnyeomjam dibuat dengan menggunakan tahu yang dimasak dengan cara dipanggang dalam wajan teflon hingga kecoklatan. Lalu setelah matang, dubuchim yangnyeomjam akan disiram dengan saus khusus yang dibuat dari bawang putih, kecap asin, bubuk cabai, sirup jagung, dan daun bawang. Makanlah dubuchim yangnyeomjam dalam keadaan masih hangat dengan nasi putih. Teman Kuliner juga bisa menambahkan kimchi sawi untuk menambah kelezatannya.

 

Terlihat enak-enak bukan, aneka olahan tahu khas Korea di atas. Jika ingin mencicip salah satu olahan tahu khas Korea di atas, Teman Kuliner bisa mampir ke restoran Korea yang ada di bawah ini!

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Cafe Jalan Korea

Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Kini Korean Bistro

Foto Kini Korean Bistro
Foto Kini Korean Bistro
Foto Kini Korean Bistro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?