Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Kuliner yang Identik dengan Tahun Baru Favorit Orang Indonesia

List Artikel
30 Desember 2016 | 0 Komentar

Merayakan tahun baru sudah menjadi tradisi tahunan di semua negara, tak terkecuali Indonesia. Perayaan tahun baru di Indonesia lebih kepada acara kumpul-kumpul bersama dengan teman maupun keluarga sambil melihat pesta kembang api. Acara kumpul-kumpul tersebut tentunya tak akan lengkap tanpa sajian kuliner yang menggugah selera. Di Indonesia, ada lima kuliner yang sangat identik dengan tahun baru karena hampir sebagian besar orang Indonesia selalu menyajikannya saat malam tahun baru. Ini dia lima kulinernya!

 

1. Ayam Bakar



Sumber: pergikuliner.com

Tahun baru tak lengkap tanpa acara bakar-bakar. Ayam bakar menjadi kuliner pertama yang wajib ada saat malam perayaan tahun baru. Ayam yang dibakar tentunya dalam keadaan utuh dan dibakar di atas bara api. Tak perlu repot-repot membumbuinya karena menjelang tahun baru, di pasar swalayan maupun pasar tradisional pasti ada banyak penjual ayam ungkep yang sudah siap untuk dibakar. Ayam bakar biasa disantap dengan cocolan sambal kecap yang dibuat dari kecap, irisan cabai rawit, dan tomat.

 

2. Ikan Bakar



Sumber: pergikuliner.com

Selain ayam, ada ikan yang juga tak boleh terlewatkan. Harganya yang lebih murah dibanding ayam menjadikan ikan lebih banyak dikonsumsi saat malam perayaan tahun baru. Ikan yang biasanya dibakar adalah ikan mujair, nilai, bawal, atau gurame karena dagingnya yang lumayan banyak. Sama seperti dengan ayam bakar, ikan bakar ini sangat cocok disantap dengan cocolan sambal kecap dan nasi putih hangat.

 

3. Jagung Bakar



Sumber: abachelorandhisgrill.com 

Kamu pasti sudah tak asing lagi melihat penjual jagung yang berjajar di pinggir jalan menjelang malam pergantian tahun. Jagung bakar sangat disukai semua kalangan, mulai dari orang tua hingga anak-anak. Aroma manis khas jagung bakar yang berpadu dengan gurihnya mentega terasa sangat menggoda hingga kamu tak cukup menyantap satu buah saja. Untuk menambah varian rasa, kamu bisa menambahkan olesan saus sambal atau saus tomat, serta memberi taburan keju pada jagung bakarmu.

 

4. Gorengan



Sumber: pergikuliner.com

Tak ingin makan berat dan mengenyangkan? Ada aneka macam gorengan yang tersaji di atas piring untuk menemani malam tahun barumu. Jenis gorengan yang dihidangkan bisa beraneka ragam mulai dari pisang goreng, bakwan, tahu goreng, tempe goreng, ubi goreng, dan masih banyak lagi. Jika tak mau repot membuatnya, ada banyak penjual gorengan yang punya label rasa enak. Gorengan disantap dengan dicocol saus sambal atau cabai rawit.

 

5. Keripik Singkong



Sumber: diahdidi.com

Camilan renyah yang satu ini memang tak ketinggalan sebagai camilan saat mengobrol sambil menunggu pergantian tahun. Kamu bisa mengkreasikan keripik singkong agar citarasanya lebih bervariasi dengan menambahkan bubuk cabai atau taburan keju parut leleh di atasnya kemudian panggang dalam oven atau microwave. Jika tak suka pedas, cabai bubuk bisa diganti dengan gula halus atau cokelat serut.  

Ayam Bakar Kambal

Foto Ayam Bakar Kambal
Foto Ayam Bakar Kambal

RM Taliwang Bersaudara

Foto RM Taliwang Bersaudara
Foto RM Taliwang Bersaudara

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Ayam Bakar Cha - Cha

Foto Ayam Bakar Cha - Cha
Foto Ayam Bakar Cha - Cha

Kila Kila by Akasya

Foto Kila Kila by Akasya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?