Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Pisang, Buah-buahan Ini Juga Terasa Lezat Saat Digoreng

List Artikel
16 Maret 2018 | 0 Komentar

Masyarakat Indonesia sangat suka menyantap kuliner yang dimasak dengan cara digoreng alias gorengan. Baik itu untuk lauk pauk yang dimakan dengan nasi dan sayuran, atau hanya untuk sekedar dijadikan camilan saat mengobrol bersama dengan teman-teman. Gorengan di Indonesia secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni gorengan yang bercita rasa gurih seperti bakwan, tempe goreng, hingga tahu goreng, dan yang bercita rasa manis seperti ubi goreng, singkong goreng, hingga pisang goreng. Selain pisang goreng, ternyata masih ada buah-buahan lainnya yang ternyata juga enak jika dijadikan gorengan, yaitu:

 

1. Nangka


Sumber: sajiansedap.grid.id


Buah berwarna kuning cerah dengan tekstur kenyal ini biasanya bisa kamu temukan dalam campuran es tradisional Indonesia seperti es campur dan es teler. Tapi ternyata ada banyak juga yang menjadikan nangka sebagai gorengan. Nangka yang dijadikan gorenga ini tidak dalam bentuk buah utuh alias harus diiris-iris terlebih dahulu, baru kemudian diberi campuran adonan tepung dan digoreng hingga matang. Cita rasa nangka goreng ini sudah pasti manis dengan aroma wangi yang menggoda.

 

2. Nanas


Sumber: sortedfood.com


Setelah nangka, ada nanas yang tak hanya memiliki bentuk yang unik, tetapi juga aroma yang berbeda dari buah-buah tropis lainnya. Nanas banyak digunakan dalam campuran dessert atau masakan karena cita rasa asam manisnya. Nanas yang digoreng memiliki bentuk bulat cincin sehingga terlihat unik dan menarik. Saat disantap, kamu akan merasakan sensasi garing di luar dan lembut di dalam. Sajikan nanas goreng dengan campuran es krim vanilla agar rasanya jadi lebih unik dan berbeda.


3. Apel


Sumber: happyfood.com


Buah apel banyak digunakan sebagai campuran aneka kue seperti strudel dan pie, salad buah, hingga minuman segar seperti koktail. Tak jauh berbeda dengan nanas, apel memiliki citarasa asam manis dengan kadar air yang sangat tinggi. Meski demikian, jika dijadikan gorengan, apel bisa menghadirkan sensasi cita rasa dan tekstur yang unik dan berbeda. Potong tipis-tipis apel dan celupkan dalam adonan tepung kemudian goreng hingga matang. Setelah itu, taburi dengan gula halus bubuk untuk menambah citarasa manisnya.

 

4. Alpukat


Sumber: closetcooking.com

Penggunaan buah alpukat di Indonesia mungkin hanya sebatas untuk dijadikan jus atau campuran pada es tradisional saja. Di Amerika dan Meksiko, alpukat tak hanya dijadikan campuran salad, tapi juga sering dijadikan sebagai gorengan. Kamu pasti bertanya-tanya, apa bisa alpukat yang daging buahnya memiliki tekstur lembut ini tidak akan hancur saat digoreng? Alpukat yang digoreng haruslah alpukat jenis mentega yang memiliki daging buah yang agak kesat dan padat. Sebelum digoreng, alpukat harus diberi lapisan telur dan tepung panir terlebih dahulu agar tidak mudah hancur. Kamu bisa menikmati alpukat goreng dengan cocolan mayonaise.

 

5. Kurma


\

Sumber: deepscookbook.com


Terakhir ada buah yang asalnya dari negara Timur Tengah. Kurma di Indonesia terkenal sebagai oleh-oleh alias buah tangan dari orang yang pulang haji dan umrah. Penggunaannya pun lebih banyak disantap begitu saja, dijadikan sirup, hingga dicampur dalam sajian es. Buah yang memiliki warna kuning kecoklatan ini juga bisa dijadikan gorengan. Cara memasaknya tak jauh berbeda dengan buah goreng lainnya. Sebelum dicelup adonan, kamu harus mengeluarkan biji kurma terlebih dahulu. Baru kemudian dicelup dalam adonan tepung dan digoreng hingga garing.


Itu dia beberapa jenis buah-buahan yang enak untuk dijadikan gorengan. Nah! Kalau kamu sulit untuk menemukan aneka gorengan tersebut, kamu bisa kok makan gorengan pisang yang ada di tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner berikut ini karena rasanya dijamin enak dan bikin kamu ketagihan!

Pisang Goreng Tanduk Mpo Nur

Foto Pisang Goreng Tanduk Mpo Nur

Pismanis

Foto Pismanis

Raja Pisang Goreng Ameng

Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng

Pisang Goreng Collay Pontianak

Foto Pisang Goreng Collay Pontianak

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?