Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Yuk 7 Makanan Khas Vietnam yang Mendunia Ini!

List Artikel
3 Agustus 2015 | 2 Komentar
Vietnam ternyata menyimpan beragam kekayaan kuliner yang sangat memanjakan lidah. Kuliner khas negara yang beribukota di Hanoi ini umumnya banyak menggunakan sayuran sehingga sangat bagus bagi kesehatan dan juga bagi kamu yang sedang diet. Penggunaan bahan serta bumbu yang sederhana membuat cita rasa kuliner Vietnam terasa ringan sehingga kamu bisa menyantapnya dalam jumlah yang banyak tanpa perlu takut kegemukan. Nah, apa aja sih makanan khas Vietnam yang mendunia? Ini dia list-nya!


1. Pho


Sumber: pergikuliner.com

Makanan sejenis mie dari tepung beras ini diolah menggunakan kuah berkaldu yang dilengkapi dengan irisan daging dan sayuran di atasnya. Jenis-jenis kuah kaldu yang tersedia antara lain adalah kuah kaldu daging sapi, ayam, babi, dan juga seafood. Orang Vietnam sangat menyukai daun mint sehingga hampir di setiap masakan daun mint selalu ditambahkan di dalamnya. Pho berkuah kaldu yang gurih menjadi segar dengan paduan daun selada, kol, tauge, dan tentu saja daun mint.


2. Goi Cuon


Sumber: pergikuliner.com

Goi cuon adalah semacam lumpia dengan kulit transparan (rice paper) yang terbuat dari tepung beras. Bentuknya seperti lumpia basah yang isinya beraneka macam seperti udang, daging ayam, daging babi, serta aneka macam sayuran. Daun mint juga ditambahkan dalam isian lumpia ini. Goi Cuon biasanya dicocol bersama saus ikan.


3. Banh Xeo


Sumber: Taste

Banh xeo yang menyerupai crepe ini memiliki tekstur renyah yang diisi dengan daging babi, udang, dan kecambah. Dalam penyajiannya, disertakan pula beberapa lembar lalapan daun untuk menambah cita rasa banh xeo tersebut.


4. Banh Mi


Sumber: V-Nam Cafe

Pengaruh Perancis juga ikut mempengaruhi kuliner Vietnam. Banh mi adalah salah satunya. Banh mi merupakan sejenis roti sandwich ala Vietnam atau biasa disebut juga dengan Vietnamese Sandwich. Sandwich yang satu ini terbuat dari baguette yang diisi dengan keju, ham, sayuran asin, telur goreng, dan saus cabai.


5. Ga Nuong



Makanan ini bisa disebut sebagai spicy chicken ala Vietnam. Sayap, paha, dan kaki ayam diolesi dengan madu kemudian dipanggang lalu disajikan dalam satu piring.


6. Nom Hoa Chuoi


Sumber: Ngoisao

Makanan ini merupakan salad khas Vietnam. Bahan utamanya adalah bunga pisang. Selain itu, dalam nom hoa chuoi ditambahkan pula potongan pepaya hijau, wortel, dan ayam. Setelah itu, salad Vietnam ini dituangi saus ikan dan juga taburan kacang.


7. Ca Phe Trung


Sumber: Ngoisao

Kopi tradisional ala Vietnam ini terbuat dari kopi yang dicampur dengan putih telur dan merupakan minuman favorit para wisatawan. Busa dari putih telurnya membuat tekstur minuman ini menjadi sangat lembut.

Gimana? Enak-enak dan menggiurkan banget kan makanan-makanan khas Vietnam tersebut? Nah, buat kamu yang pengen nyobain makanan khas Vietnam, mampir yuk ke restoran-restoran ala Vietnam di Jakarta ini!

NamNam Noodle Bar

Foto NamNam Noodle Bar
Foto NamNam Noodle Bar
Foto NamNam Noodle Bar

Monviet

Foto Monviet

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Thanks Kakak :) Yuk Tengok Pusat Oleh-Oleh Makanan Khas Lampung | www.makananlampung.com Semua Jajanan Khas Lampung Tersedia Lho: Keripik Aneka Rasa Yenyen, Keripik Buah, Keripik Ikan, Kerupuk Cumi, Keurupuk Kemplang, Lempok, Dodol Lampung, Kopi Lampung dll. Kirim Keseluruh Indonesia dengan Berbagai Ekspedisi (JNE, TIKI, ESL, Dacota, Wahana, dll) Alamat Kami: Jl Bumi Manti 03, Kedaton Kota Bandar Lampung - 35143
sdf@gmail.com | 13 Jan 2016 pk. 06:25 PM
Foto user umum
Cari buku resep vietnam dimana
nani_ferral@yahoo.com | 05 Mar 2017 pk. 11:51 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?