Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Street Food Alias Makanan Jalanan Indonesia yang Paling Maknyus

List Artikel
11 Agustus 2015 | 0 Komentar

Biasanya, makanan yang paling lezat, maknyus, top markotop, dan menggoyang lidah lebih sering ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Apalagi street food alias makanan jalanan Indonesia. Makanan jalanan di Indonesia banyak banget ragamnya, mulai dari yang digoreng, direbus, hingga dibakar. Aromanya yang tercium bisa bikin kita terhipnotis seketika dan membuat kita tergerak untuk mencobanya. Rasa yang dimiliki oleh street food Indonesia pun nggak kalah dengan makanan di restoran-restoran berbintang lima. Penasaran kan makanan jalanan Indonesia apa saja yang paling enak dan top abis? Check it out!



1. Nasi Goreng



Sumber: pergikuliner.com


Siapa sih yang nggak kenal sama street food Indonesia yang paling terkenal di dunia ini? Nasi goreng memang merupakan salah satu makanan jalanan Indonesia yang keberadaannya paling eksis di seantero penjuru Indonesia raya. Nasi goreng pun nggak mengenal batasan kelas sosial. Mau itu nasi goreng kaki lima ataupun nasi goreng restoran bintang lima, nasi goreng senantiasa bisa dinikmati oleh siapapun. Hebatnya lagi, pada tahun 2011, sebuah polling internet yang diadakan oleh CNN International menobatkan nasi goreng sebagai runner-up dalam daftar '50 Makanan Terlezat di Dunia' di bawah rendang. Wow!



2. Sate



Sumber: pergikuliner.com


Makanan jalanan Indonesia yang satu ini juga nggak kalah tenar sama nasi goreng. Yap, sate! Hampir semua suku bangsa di Indonesia telah menghasilkan berbagai jenis sate. Sate juga bisa diperoleh dengan mudanya dimana-mana, mulai dari pedagang sate keliling, pedagang sate kaki lima di pinggir-pinggir jalan, hingga di restoran kelas atas. Sate khas Indonesia pun banyak banget ragamnya. Ada sate Madura, sate Padang, sate lilit, hingga sate klathak.



3. Mie Ayam



Sumber: pergikuliner.com


Mie ayam atau sering juga disebut dengan bakmi ayam merupakan salah satu street food Indonesia yang terbuat dari mie kuning yang direbus dan diberi daging serta sayuran di atasnya. Terkadang, mie ayam juga sering ditambah dengan bakso, pangsit, ataupun jamur untuk menambah tekstur serta cita rasa dari mie ayam. Meskipun mie ayam berasal dari Tiongkok, kini mie ayam udah jadi salah satu makanan jalanan Indonesia yang paling khas dan paling dicari oleh para pecinta kuliner. Mie ayam di Indonesia yang paling populer berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah.



4. Bakso



Sumber: pergikuliner.com


Nah, ini dia salah satu street food Indonesia yang paling laris. Gimana engga? Mau siang, sore, ataupun malam, bakso selalu menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya, bakso disajikan dengan kuah panas yang dicampur dengan mie, bihun, tahu, ataupun telur serta ditaburi dengan potongan daun seledri dan bawang goreng. Bakso biasanya dijual oleh pedagang bakso keliling ataupun warung-warung kaki lima. Seperti mie ayam, bakso yang paling terkenal di Indonesia adalah bakso yang berasal dari Wonogiri.



5. Pempek



Sumber: pergikuliner.com


Siapa yang asli Palembang? Berbahagialah kamu karena kamu masih satu kampung dengan makanan jalanan Indonesia yang maknyus ini. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek berasal dari Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya. Biasanya, pempek disajikan bersama dengan saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Jenis pempek yang terkenal adalah pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek bulat, pempek kulit ikan, pempek pistel, pempek telur kecil, dan pempek keriting. Mana yang jadi favoritmu?



6. Sekoteng & Wedang Ronde



Sumber: pergikuliner.com


Minuman hangat emang paling ngertiin kita di saat musim hujan. Apalagi minuman jahe yang merupakan salah satu street food Indonesia yang paling sering kita temui di pinggir-pinggir jalan. Minuman jahe banyak banget macamnya di Indonesia. Yang terkenal tentu saja sekoteng dan wedang ronde. Keduanya sangat identik, terutama karena bahan utamanya adalah jahe. Tapi, isi kedua minuman ini ternyata berbeda lho! Sekoteng umumnya berisi kacang hijau, potongan roti, kacang tanah yang disangrai, serta mutiara cina. Adapun wedang ronde biasanya berisi potongan roti, kacang tanah, kolang-kaling, dan tentu saja ronde, berupa bulatan putih yang kenyal saat digigit.



7. Gorengan



Sumber: Wikipedia


Street food yang terakhir inilah makanan jalanan yang paling top markotop di antara semua makanan jalanan Indonesia lainnya. Siapa coba yang nggak suka makan gorengan? Biasanya, penjual gorengan bisa kita temukan di pinggir-pinggir jalan ataupun berkeliling dengan gerobak. Gorengan ini banyak sekali macamnya, ada pisang goreng, tempe goreng, tahu goreng, oncom, ubi, cireng, dan lain sebagainya. Gorengan biasanya dimakan dengan cabe rawit.


Itu dia beragam makanan jalanan Indonesia yang paling sering kita temui di seluruh pelosok negeri. Sampai saat ini, street food Indonesia masih sangat dicari dan digemari oleh semua kalangan. Tentu saja! Selain harganya yang murah meriah, para pedagang makanan jalanan tersebut biasanya meracik makanan yang kita pesan di depan kita. Suara arang yang dibakar, suara sayuran yang dipotong-potong, suara kuah kaldu yang mendidih, serta suara uap yang keluar dari loyang martabak makin menambah kenikmatan saat kita menyantap makanan jalanan Indonesia tersebut. Yummy! Jadi ngiler kan? Cobain yuk makanan-makanan jalanan yang ada di Jakarta ini!

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

Bakso JWR

Foto Bakso JWR
Foto Bakso JWR
Foto Bakso JWR

Pempek Unyil

Foto Pempek Unyil
Foto Pempek Unyil
Foto Pempek Unyil

T&T Noodle House (Bakmi Camar)

Foto T&T Noodle House (Bakmi Camar)
Foto T&T Noodle House (Bakmi Camar)
Foto T&T Noodle House (Bakmi Camar)

Fantasi Ronde

Foto Fantasi Ronde

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?