Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan dengan Kuliner Aceh, yuk!

List Artikel
14 September 2015 | 0 Komentar

Kota di Barat Indonesia ini memang belum sepopuler kota lainnya untuk jadi tujuan wisata. Tapi setelah peristiwa Tsunami lebih dari sepuluh tahun silam, perkembangan kota ini dan adat juga sejarahnya yang kuat, makin jadi penarik wisatawan baik asing maupun dari negeri sendiri untuk lebih tahu lagi tentang Aceh.


Berdasarkan sejarah, Aceh adalah kota strategis dimana banyak pedagang dari berbagai negara dan benua yang masuk ke Indonesia pada masa silam. Maka munculah sebutan untuk kota ini, seperti singkatan Arab, Cina, Eropa, Hindia dan juga julukan Serambi Mekkah karena orang Indonesia yang akan berangkat haji harus singgah dulu di Aceh.


Selain memiliki sejarah yang kuat, lanskap Aceh seperti pantai dan gunung juga tidak kalah indah dengan wilayah lainnya di Indonesia. Tidak ketinggalan, kulinernya yang terkenal ke seluruh Indonesia dan mulai mudah ditemui di tiap kota, yang seringnya dijual sendiri oleh keturunan Aceh asli yang merantau.


Ini dia kuliner khas Aceh yang wajib kamu coba!



Mie Aceh



Sumber: Kedai Kopi Aceh


Mie Aceh goreng, rebus, atau tumis adalah mie khas Aceh yang dipengaruhi bumbu oriental Cina dan juga India. Biasanya disajiakn dengan daging sapi/kambing atau seafood seperti kepiting dan udang.



Ayam Tangkap



Sumber: dutaindonesia.asia


Ayam goreng garing dipotong kecil-kecil sehingga tersembunyi dibawah tumpukan daun teumurui yang juga digoreng garing sehingga gurih untuk dimakan. Disajikan dengan cabai hijau serta taburan bawang goreng di atasnya.



Rujak Aceh



Sumber: makanmana.net


Aneka buah-buahan dipotong-potong dan disajikan dalam keadaan dingin atau dicampur dengan es serut dengan siraman saus rujak. Cocok dinikmati di siang hari yang terik.



Roti Canai



Sumber: roticane.wordpress.com


Sejenis roti pipih (flatbread) dengan pengaruh India, yang disajikan dengan berbagai rasa manis, seperti cokelat, keju, gula, atau susu, bisa juga disajikan dengan kuah gulai kambing dengan cara makan dicelupkan atau diguyur di atasa rotinya.



Kopi Aceh



Baca Review: Seruput


Aceh juga terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia, dengan cita rasanya yang khas dan aroma yang kuat, dan yang paling terkenal adalah Kopi Aceh Gayo. Kopi Aceh banyak ditemukan di kedai kopi yang menyajikan aneka kopi asli nusantara.


Seruput

Foto Seruput

Mie Aceh Seulawah

Foto Mie Aceh Seulawah
Foto Mie Aceh Seulawah

Kedai Kopi Aceh

Foto Kedai Kopi Aceh

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?