Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mau Buat Frozen Pancake? Ikuti Tips Ini Biar Tidak Salah Langkah!

List Artikel
10 Januari 2024 | 0 Komentar

Pancake merupakan salah satu kuliner barat yang sangat populer di dunia. Kuliner yang diduga berasal dari negara Perancis dan Italia ini sangat sering disantap sebagai menu sarapan karena sangat mudah untuk membuatnya. Cukup mencampurkan tepung, telur, susu, dan gula, Teman Kuliner sudah bisa membuatnya di atas wajan anti lengket atau teflon. Pancake nantinya akan disajikan dengan siraman sirup maple, madu, gula bubuk, selai, hingga aneka irisan buah-buahan. Meski sangat mudah dibuatnya, tapi terkadang kita malas untuk membuatnya sendiri sehingga lebih baik membelinya dan disimpan di dalam kulkas. Perlu diketahui kalau pancake yang belum diberi topping ternyata bisa disimpan di kulkas. Tapi jika disimpan di freezer sebagai frozen food maka akan lebih awet lagi. Pancake yang dijadikan frozen food ini bisa awet hingga berminggu-minggu. Lantas bagaimana caranya supaya pancake bisa dibekukan menjadi frozen food? Yuk, cek dulu!

 


Sumber: Hips.hearstapps.com


Diamkan Pancake Hingga Dingin

Cara pertama untuk membekukan pancake menjadi frozen food adalah mendiamkan pancake hingga dingin atau bersuhu ruangan terlebih dahulu. Baik itu pancake yang dibeli atau yang dibuat sendiri, jika Teman Kuliner ingin membekukannya, maka hindari menyimpan pancake di dalam freezer dalam keadaan hangat karena bisa memicu terjadinya kontaminasi dan membuat pancake mudah basi meski disimpan di dalam freezer. Biarkan pancake di suhu ruangan sekitar 2-3 jam. Baru setelahnya Teman Kuliner bisa menyimpannya di dalam freezer.

 

Simpan dalam Wadah yang Tertutup Rapat

Meski disimpan di dalam freezer, tapi usahakan untuk menyimpan freezer dalam wadah yang tertutup rapat, baik itu menggunakan wadah kedap udara, maupun plastik ziplock yang nantinya ditutup rapat. Usahakan tempat yang digunakan untuk menyimpan pancake harus tertutup rapat sehingga udara tidak bisa masuk ke dalam. Hal ini perlu dilakukan supaya aroma wangi pancake tidak menguar dan menghilang. Selain itu, dengan menggunakan wadah kepada udara, bakteri tidak mudah masuk sehingga rasa dan tekstur pancake bisa lebih terjaga.



Sumber: Babyfoode.com

 

Hindari Menyusun Pancake Tanpa Alas

Saat menyimpan pancake di dalam wadah tertutup rapat untuk dibekukan dalam freezer, sebaiknya Teman Kuliner tidak menyusun pancake tanpa alas. Jadi kalau ada lebih dari satu pancake yang disimpan, usahakan untuk memberikan sekat berupa plastik atau kertas roti supaya pancake tidak menempel satu sama lain. Saat pancake disimpan dalam wadah tertutup dengan cara ditumpuk, maka Teman Kuliner akan kesulitan saat menghangatkannya karena pancake akan menempel satu sama lain.

 

Simpan Sesuai dengan Porsi Kebutuhan

Cara yang terakhir adalah simpanlah sesuai dengan porsi kebutuhan makan. Sebagai contoh, Teman Kuliner membeli lima pancake untuk dijadikan sebagai frozen food, maka bagi dua pancake tersebut saat disimpan dalam wadah kedap udara. Satu wadah berisi dua pancake, dan satunya lagi tiga pancake. Dengan begitu, Teman Kuliner tidak perlu memasukkan kembali sisa pancake yang sudah beku saat sudah mengeluarkannya. Tapi kalau Teman Kuliner akan menggunakan kelima pancake tersebut sekaligus, maka tidak apa-apa disimpan dalam wadah yang sama. Jadi hindari memasukkan kembali pancake beku yang sudah dikeluarkan dari freezer karena bisa terkontaminasi bakteri sehingga rasa dan teksturnya akan berubah saat dimasukkan lagi ke dalam freezer.

 

Itulah beberapa cara yang tepat untuk membekukan pancake agar jadi frozen food. Semoga dengan adanya cara di atas, Teman Kuliner bisa menyimpan pancake dengan cara membekukannya. Buat yang suka menyantap pancake, di bawah ini ada gerai pancake enak yang cocok buat Teman Kuliner coba!

 

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Baby Dutch Pancake

Foto Baby Dutch Pancake
Foto Baby Dutch Pancake
Foto Baby Dutch Pancake

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Pan & Co.

Foto Pan & Co.
Foto Pan & Co.
Foto Pan & Co.

Gram Cafe & Pancakes

Foto Gram Cafe & Pancakes
Foto Gram Cafe & Pancakes
Foto Gram Cafe & Pancakes

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?