Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul Cheese Cake yang Ternyata Bukan Berasal Dari New York

List Artikel
4 Agustus 2020 | 0 Komentar

Cheese cake merupakan salah satu jenis kue yang paling populer di dunia. Kamu bisa menjumpainya hampir di seluruh negara, termasuk Indonesia. Meski bisa dijumpai di berbagai belahan dunia, tapi ada dua jenis cheese cake yang paling dikenal, yakni New York cheese cake dan Japanese cheese cake. Tapi kita di sini tidak akan membahas kedua jenis cheese cake tersebut. Melainkan asal usulnya. Selama ini pasti kebanyakan dari kita mengira kalau cheese cake aslinya berasal dari New York. Padahal sebenarnya cheese cake berasal dari Yunani, loh. Nggak percaya? Baca artikel ini sampai selesai ya!



Sumber : Pergikuliner.com


Cheese cake pertama kali dibuat oleh bangsa Yunani Kuno dan sudah ada pada tahun 776 SM (Sebelum Masehi). Pada saat itu cheese cake dibuat dengan menggunakan keju muda atau keju lembut dari susu domba atau kambing yang kemudian dicampur dengan telur, terigu, dan madu. Cheese cake pada zaman itu disajikan kepada para atlit olimpiade pertama sebagai asupan makanan yang kaya akan nutrisi dan makanan penambah energi. Beberapa cheese cake dari Yunani yang terkenal adalah cheese cake apician yang dibuat oleh Apicius, Aristoxenean, dan Philoxenean. Lalu ada cheese cake euchylous yang di dalamnya terdapat buah ara kering dan kenari.



Sumber : Pergikuliner.com


Perjalanan cheese cake bisa mendunia dimulai dari bangsa Romawi yang kemudian menjajah Yunani. Dari sinilah cheese cake kemudian diketahui bangsa Romawi dan mereka pun mencoba membuatnya sendiri dan dinamakan dengan nama ‘placenta’. Pada tahun 1000 Masehi, bangsa Romawi yang menjajah Inggris pun mengenalkan cheese cake kepada masyarakat Inggris. Resep cheese cake Inggris pertama ditemukan pada abad ke-14 dalam sebuah koleksi buku resep berjudul The Forme of Cury. Cheese cake juga diketahui pernah menjadi hidangan pada saat perayaan pemahkotaan Ratu Elizabeth II. Sedangkan di Amerika sendiri, cheese cake baru mulai muncul pada abad ke-19 melalui imigran dari Eropa Selatan dan Timur.



Sumber : Pergikuliner.com


Pada dasarnya, semua cheese cake dibuat dari bahan dasar keju yang bertekstur lembut seperti mascarpone, ricotta, dan lain sebagainya. Selain keju, bahan lainnya yang digunakan adalah telur, gula, serta susu. Cara membuatnya pun sangat mudah karena cukup mencampur semua bahan lalu memanggangnya hingga matang. Jika tidak menggunakan campuran telur, kamu bisa tidak memanggangnya dan langsung mendinginkannya dalam kulkas. Beberapa cheese cake ada yang ditambahkan remahan biskuit pada bagian bawahnya sebagai alas. Cheese cake punya citara yang gurih asin bercampur dengan rasa manis sehingga cocok disantap bagi kamu yang tak terlalu suka makanan manis.


Nah, sekarang bertambah lagi kan pengetahuan kamu tentang dunia kuliner dan kali ini tentang asal muasal dari cheese cake yang lembut dan lumer di mulut itu. Kalau kamu jadi ngiler dan ingin mencari toko kue dengan cheese cake yang enak, kamu bisa mampir ke tempat-tempat rekomendasi Pergikuliner di bawah ini!

DORE by LeTAO

Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO

Uncle Tetsu

Foto Uncle Tetsu
Foto Uncle Tetsu

Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery
Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Fuwa Fuwa World

Foto Fuwa Fuwa World
Foto Fuwa Fuwa World
Foto Fuwa Fuwa World

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?