Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Usai Donor Darah

List Artikel
22 Oktober 2020 | 0 Komentar

Donor darah menjadi salah satu kegiatan mulia yang dilakukan oleh beberapa orang. Setelah donor darah, biasanya ada reaksi tubuh yang akan kamu alami karena kamu kehilangan beberapa ml darah. Beberapa hal yang akan terjadi sebagai reaksi tubuh setelah donor darah adalah tubuh akan merasa lemas, mudah mengantuk, hingga pusing dan berkunang-kunang. Reaksi ini wajar saja terjadi dan kamu tak perlu khawatir karena darah yang diambil tadi akan digantikan dengan yang baru oleh tubuh. Tapi untuk memproses atau menggantikan darah tersebut, tubuh memerlukan nutrisi tinggi yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah baru dengan cepat. Nutrisi tersebut bisa didapat jika kamu mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Ada sekitar lima makanan yang harus dikonsumsi oleh tubuh seusasi donor darah, yaitu:

 

1. Bayam



Sumber: Hips.hearstapps.com


Makanan pertama ada bayam yang harus dikonsumsi setelah donor darah. Bayam mengandung zat besi yang sangat tinggi. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh guna membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Dengan adanya zat besi, tubuh bisa menghasilkan atau mempertahankan sel darah merah yang sehat. Inilah alasan mengapa bayam harus dikonsmsi seusai donor darah. Bayam bisa diolah menjadi beragam makanan lezat seperti tumis bayam, keripik bayam, omelet bayam, hingga sup bayam.


2. Pisang



Sumber: Indiatimes.com


Buah yang punya warna kuning cerah ini sangat bagus dikonsumsi setelah donor darah. Pisang mengandung vitamin B6 yang bisa menghasilkan sel-sel darah merah baru. Selain itu, pisang juga bisa memecah protein dengan baik. Konsumsi pisang satu buah saja setelah kamu selesai donor darah untuk memberikan tenaga dan mencegahmu terasa pusing atau berkunang-kunang. Jika tidak ingin makan pisang begitu saja, pisang goreng juga bisa kamu jadi pilihan.


3. Jeruk



Sumber: Toiimg.com


Jeruk tak hanya kaya akan vitamin C, tapi ternyata juga kaya dengan zat besi yang pastinya sangat bagus untuk memproduksi sel darah merah yang baru. Selain itu, kandungan zat besi di dalamnya juga bisa membantu menghilangkan rasa pusing setelah kamu donor darah. Konsumsi jeruk begitu saja atau dijadikan jus maupun smoothie sehingga rasanya lebih menyegarkan jika diminum setelah donor darah.


4. Telur



Sumber: Pergikuliner.com


Telur juga bagus dikonsumsi sebagai makanan yang harus dikonsumsi setelah donor darah. Telur memiliki kandungan riboflavin yang sangat tinggi sehingga bagus untuk memproduksi sel darah merah. Riboflavin atau vitamin B2 berguna untuk menghasilkan sel darah merah. Tak hanya itu saja, riboflavin juga bisa membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan begitu, setelah donor darah kamu tak akan merasa lemas atau lelah. Kamu bisa mengonsumsi telur rebus, telur mata sapi, hingga omelet.

 

5. Hati



Sumber: Dapurkobe.co.id


Terakhir ada hati yang sangat bagus dikonsumsi setelah donor darah. Hati yang dipilih bisa berupa hati sapi maupun hati ayam. Hati mengandung asam folat yang tinggi sehingga dapat menggantikan sel-sel darah merah yang hilang setelah donor darah. Hati memiliki konsentrasi folat dan vitamin B12 yang tinggi. Selain itu, kandungan folat dalam hati juga bisa membantumu untuk membuat sel-sel darah merah yang baru. Hati sapi atau ayam bisa diolah menjadi sambal goreng ati, hati goreng, hingga ditumis bersama dengan brokoli.


Sekarang sudah tahu kan apa saja makanan yang harus dikonsumsi usai donor darah supaya tubuh kamu tidak lemas? Kalau teman kuliner termasuk yang rajin donor darah, pastikan kamu juga harus menjaga kesehatan kamu ya. Mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga juga membantu membuat badan kamu bugar sehingga badan kamu akan terjaga kesehatannya dan bisa rutin donor darah setiap bulannya!

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

Convivium

Foto Convivium
Foto Convivium
Foto Convivium

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?