Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jadi Viral, Sebenarnya Worth It Tidak Kopi 1 Liter ?

List Artikel
16 Juni 2020 | 0 Komentar

Pernah mencoba kopi 1 liter? Kopi 1 liter memang sedang viral dan menjadi fenomena baru di industri kopi. Berbagai kedai kopi menyajikan kopi 1 liter dalam menu mereka. Kopi 1 liter bukanlah jenis atau merek kopi dari kafe tertentu, melainkan kopi yang dijual dalam ukuran 1 liter utuh. Kopi 1 liter memang terdengar aneh karena biasanya kita menikmati kopi dengan ukuran 200 ml hingga 300 ml per cupnya alias menikmati kopi untuk satu kali saji karena kopi yang fresh memang terasa lebih nikmat disantap. Tapi ternyata sekarang hal ini tidak terdengar asing bagi banyak orang. Di tengah pandemi covid-19, kopi 1 liter menjadi primadona banyak orang dan menjadi menu yang paling laris saat ini di kedai kopi.



Sumber : Pergikuliner.com


Sebelum membahas lebih lanjut lagi, kita akan melihat asal muasal dari kopi 1 liter. Kopi 1 liter sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Awalnya menu kopi 1 liter diperuntukkan untuk orang-orang yang akan bepergian dalam jarak jauh, orang-orang yang akan mengadakan pesta atau jamuan, serta orang-orang yang malas untuk pergi bolak-balik ke kedai kopi setiap harinya. Tidak diketahui secara pasti dari mana asalnya kopi 1 liter atau dari kedai kopi mana asalnya. Tapi yang jelas kopi 1 liter ini sebenarnya sudah ada jauh sebelum keviralannya saat ini. Kopi 1 liter viral tepat pada saat pandemi covid-19 merebak di Indonesia. Berhubung pemerintah menggalakkan pembatasan sosial dan anjuran untuk di rumah saja, otomatis kedai kopi yang biasanya ramai pengujung mendadak sepi karena orang-orang menghindari keramaian. Meski saat ini beberapa kedai kopi sudah banyak yang dibuka, kopi 1 liter tetap banyak dipesan.



Sumber : Pergikuliner.com


Untuk menghindari defisit dan pengurangan karyawan, beberapa kedai kopi pun menyediakan menu kopi 1 liter agar kedainya tetap bisa bertahan di tengah-tengah pandemi. Industri kuliner memang sangat terdampak pandemi. Meski masih ada masyarakat yang memesan makanan dan minuman, tetapi kebanyakan memilih untuk take away supaya lebih aman. Kali ini kopi 1 liter dimunculkan dengan tujuan agar orang yang membeli kopi bisa menikmati kopi kesukaan mereka bersama-sama dengan keluarga di rumah atau teman sekantor. Jika ingin dinikmati sendiri, kopi 1 liter bisa disantap hingga 3-4 kali karena satu porsinya bisa dijadikan 3-4 gelas. 

Sebenarnya worth it ga sih kopi 1 liter ini? Hal ini tergantung dari masing-masing orang. Jika kamu termasuk orang yang sering ngopi alias setiap harinya minum kopi, maka tentu saja kopi 1 liter ini sangat worth it untuk dibeli.



Sumber : Pergikuliner.com


Harga kopi 1 liter dibandrol dengan harga yang sangat bervariasi tergantung dari variasi kopinya. Beberapa pilihan menu kopi 1 liter seperti es kopi susu, latte, americano, kopi pandan, cold brew, caramel machiato, dan lain sebagainya. Biasanya harga yang dipatok adalah berkisar antara Rp75 hingga Rp100 ribu. Kalau biasanya 1 gelas harganya antara Rp20 ribu hingga Rp50 ribu, tentu saja worth it bukan? 

Selain bisa mengirit pengeluaran, kita juga bisa membantuk kedai kopi langganan agar bisa terus bertahan di tengah pandemi covid-19. Ibaratnya hal ini menjadi salah satu bentuk support dari para pecinta kopi. Selain kopi, matcha, thai tea, dan milk tea berukuran 1 liter juga kerap dijumpai sebagai pilihan alternatif jika sedang tidak mau minum kopi.  Nah kalau menurut kamu gimana nih, teman Pergikuliner? Atau kamu baru ingin mencoba kopi 1 liter? Kalau gitu kamu bisa kunjungi atau memesannya di beberapa kedai kopi di bawah ini ya!

Kopi Janji Jiwa

Foto Kopi Janji Jiwa
Foto Kopi Janji Jiwa
Foto Kopi Janji Jiwa

Kopi Dari Pada

Foto Kopi Dari Pada
Foto Kopi Dari Pada
Foto Kopi Dari Pada

Mokka Coffee Cabana

Foto Mokka Coffee Cabana
Foto Mokka Coffee Cabana

Kopi Kiran Kamu

Foto Kopi Kiran Kamu
Foto Kopi Kiran Kamu
Foto Kopi Kiran Kamu

Bloom Ngopi

Foto Bloom Ngopi
Foto Bloom Ngopi
Foto Bloom Ngopi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?