Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jangan Keliru! Ini Lah Perbedaan Budae Jjigae dan Sundubu Jjigae

List Artikel
3 Agustus 2021 | 0 Komentar

Suka kuliner Korea? Kuliner Korea sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang unik dan berbeda dengan kuliner Indonesia, kuliner khas Korea juga rata-rata memiliki rasa pedas sehingga cocok di lidah masyarakat Indonesia. Beberapa kuliner khas Korea yang populer di Indonesia adalah tteokbokki, kimchi, bibimbap, kimbab, hingga jjigae. Jjigae adalah kuliner berkuah khas Korea. Jenisnya bisa sangat beragam tergantung isiannya. 



Sumber: Wstable.co.kr


Beberapa jenis jjigae Korea yang populer adalah kimchi jjigae, sundubu jjigae, dan budae jjigae. Untuk kimchi jjigae, kita bisa dengan mudah mengenalinya karena dibuat dari bahan dasar kimchi. Tapi untuk sundubu jjigae dan budae jjigae seringkali salah dikenali satu sama lain karena tampilannya yang mirip dan sama-sama punya rasa yang pedas. Jadi, jangan heran kalau kita bisa saja salah mengenalinya karena mengira keduanya adalah sup pedas Korea yang sama. Tapi supaya tidak lagi salah mengenalinya, coba cek dulu perbedaan dari keduanya di bawah ini!



Sumber: Pergikuliner.com


1. Perbedaan Budae Jjigae dan Sundubu Jjigae Berdasarkan Asal Usul

Dari segi asal usulnya, budae jjigae dan sundubu jjigae ini memang berbeda. Budae jjigae diketahui berasal dari ketidaksengajaan masyarakat Korea yang ingin menyantap makanan enak setelah masa perang. Setelah masa peperangan Korea, masyarakatnya sangat sulit untuk mendapatkan makanan, terutama makanan segar seperti daging segar. Kebanyakan makanan yang ada adalah makanan kaleng seperti kornet sehingga bahan tersebut dijadikan sebagai sup untuk mengobati kerinduan masyarakat lokal akan daging. Sedangkan sundubu jjigae diciptakan supaya orang bisa menyantapnya dengan mudah karena bahan dasar dari kuliner ini adalah tofu alias tahu. Meski demikian, tak berbeda jauh dengan budae jjigae, sundubu jjigae juga diciptakan untuk memenuhi keinginan orang yang ingin makan sup dengan harga murah karena tak bisa menggunakan daging.


2. Perbedaan Budae Jjigae dan Sundubu Jjigae Berdasarkan Tampilan

Untuk segi tampilannya, keduanya ini sebenarnya bisa dibedakan dengan mudah. Jika Tema Kuliner lihat tampilannya, untuk sundubu jjigae sudah pasti akan terlihat tofu yang ada di dalamnya. Warna putih tofu biasanya akan menyembul keluar dari dalam jjigae. Sedangkan untuk budae jjigae, tampilannya akan lebih berwarna karena di dalamnya ada banyak isian, mulai dari sayur-sayuran, sosis, telur, dan lain sebagainya. Jadi kalau Teman Kuliner melihat ada banyak isian variannya, kuliner itu adalah budae jjigae, bukan sundubu jjigae.



Sumber: Thefoodietakesflight.com

 

3. Perbedaan Budae Jjigae dan Sundubu Jjigae Berdasarkan Bahan yang Digunakan

Untuk bahan-bahan yang digunakan juga berbeda. Seperti yang dijelaskan di atas, sundubu jjigae hanya punya satu bahan utama, yakni tofu. Tapi tentu saja selain tofu juga ada isian lainnya, tapi tak sebanyak isian dalam budae jjigae. Bahan lain yang digunakan dalam sundubu jjigae adalah telur, daun bawang, dan ada juga yang menambahkan seafood ke dalamnya.

 

Sedangkan untuk budae jjigae, isiannya lebih banyak dan beragam. Saking banyaknya isian pada budae jjigae, masyarakat Korea menyebut kuliner ini dengan nama kuliner sampah, tapi bukan ‘sampah’ dalam arti yang sebenarnya ya! Isian dalam budae jjigae pastinya ada spam atau daging kornet, sosis, telur, mie, hingga sayur-sayuran seperti sawi hijau, sawi putih, tauge, daun bawang, dan lain sebagainya.

 

4. Perbedaan Budae Jjigae dan Sundubu Jjigae Berdasarkan Rasa

Perbedaan yang terakhir dari sundubu jjigae dengan budae jjigae adalah dari segi rasanya. Keduanya ini sebenarnya memiliki bumbu dasar yang tak jauh berbeda karena sama-sama dibumbui dengan bubuk cabe, minyak cabe, bawang bombay, bawang putih, dan kecap asin. Tapi berhubung bahan yang digunakan berbeda, maka rasanya jadi berbeda. Sundubu jjigae punya rasa yang lebih simpel, sedangkan budae jjigae rasanya lebih kompleks. Tekstur dari budae jjigae juga lebih beragam karena ada tekstur kenyal dari sosis dan mie, tekstur lembut dari spam, hingga tekstur renyah dari sayur-sayuran.

 

Jadi sekarang Teman Kuliner sudah tahu kan perbedaan dari sundubu jjigae dengan budae jjigae. Semoga nanti Teman Kuliner tidak salah mengenali keduanya lagi ya!. Nah, kalau Teman Kuliner mau mencoba kelezaran budae jjigae dan sundubu jjigae, kamu bisa mampir ke restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Samwon House

Foto Samwon House
Foto Samwon House
Foto Samwon House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?