Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan Dengan Bakwan Pontianak yang Hits dan Viral

List Artikel
4 Maret 2021 | 0 Komentar

Teman kuliner termasuk orang yang suka makan gorengan? Ada banyak sekali jenis gorengan yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, tapi yang paling populer adalah bakwan. Bakwan dikenal sebagai salah satu kuliner di Indonesia yang bisa dianggap sebagai jajanan maupun lauk untuk disantap dengan nasi. Teksturnya garing dan renyah pada bagian luar, sementara untuk bagian dalamnya terbilang empuk. Menjadi kuliner yang banyak disukai, bakwan ini bisa dijumpai hampir di semua daerah yang ada di Indonesia dan uniknya meski bahan utama pembuatannya sama, tapi ada bahan tambahan yang berbeda sehingga masing-masing daerah punya rasa bakwan yang berbeda. Salah satu bakwan yang terkenal berasal dari Pontianak. Bakwan pontianak ini sedang hitsdan bahkan menjadi viral di berbagai media sosial, mulai dari Instagram hingga Twitter.

 

Sejarah Bakwan Pontianak



Sumber: Pergikuliner.com


Jika dilihat dari segi sejarahnya, bakwan pontianak ini sebenarnya mengadopsi kuliner asal Tionghoa. Nama bakwan ini diambil dari bahasa Tionghoa yakni ‘bak’ yang artinya adalah daging dan ‘wan’ yang berarti bola. Jadi bisa dikatakan bakwan adalah bola daging. Pada dasarnya, bakwan asli Tionghoa memang dibuat dari bahan utama campuran antara tepung dan daging sapi giling yang dibentuk bulat dan digoreng hingga matang. Berhubung daging sapi pada masa itu harganya cukup mahal sehingga tidak bisa dijangkau oleh banyak orang. Maka sebagai gantinya, daging sapi giling ini diganti dengan sayur-sayuran. Hal ini dikarenakan sayur-sayuran akan lebih mudah didapat di Indonesia.

 

Kuliner bakwan ini kemudian pun dikenal oleh masyarakat Pontianak yang pada masa itu terdapat banyak keturunan Tionghoa yang tinggal di sana. Tak jauh berbeda dengan bakwan standar di Indonesia, bakwan Pontianak ini pun dibuat dengan campuran tepung dan sayur-sayuran. Hanya saja ada beberapa hal yang berbeda dari isian bakwan Pontianak ini. Pertama adalah isiannya tidak terbuat dari bahan dasar aneka sayur-sayuran yang beragam seperti wortel, kol, tauge dan daun bawang, melainkan hanya menggunakan irisan daun kucai di dalam adonannya. Kedua adalah adanya isian rebon, ebi, hingga teri yang di dalam atau pada bagian atas bakwan pontianak.

 

Kenapa Bakwan Pontianak Viral?



Sumber: Pergikuliner.com


Bakwan Pontianak belakangan ini selalu menjadi pembicaraan karena menjadi viral. Tapi, apa yangmembuat bakwan Pontianak ini bisa menjadi viral? Ternyata ada penyebabnya nih Teman Pergi Kuliner. Bakwan Pontianak ini  sudah ada sejak lama, tapi keviralannya ini dikarenakan kemunculannya di daerah Jakarta, tepatnya di kawasan Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Tidak seperti di daerah asalnya, bakwan Pontianak ini tidak terlalu dikenal oleh masyarakat Jakarta sehingga keberadaannya masih terbilang jarang jika dibandingkan bakwan sayur khas Jawa atau bakwan jagung khas Manado. Hal inilah yang membuat sepasang suami istri bernama Santi dan Dwi yang tinggal di daerah Kebon Kacang membuat bakwan Pontianak dan menjajakannya di rumah mereka. Lantas banyak orang yang suka dengan bakwan Pontianak buatan mereka.

 

Hal ini membuat keduanya memberanikan diri menjualnya di pinggir jalan karena arus lalu lintas yang sering macet di daerah tersebut, maka ada beberapa orang yang meliriknya. Lalu suatu saat ada orang yang memvideokan bakwan Pontianak tersebut dan mengunggahnya di Twitter sehingga bisa diketahui orang banyak dan pastinya menjadi viral seperti saat ini.

 

Inovasi Bakwan Pontianak



Sumber: Pergikuliner.com


Supaya bisa tetap bertahan di tengah persaingan usaha kuliner, maka bakwan Pontianak ini pun mengalami beberapa inovasi agar orang tidak bosan menyantapnya. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan menambahkan isian yang berbeda di dalamnya. Mulai dari tambahan isian pepperoni, kepiting, hingga daging cincang. Diprediksi masih akan ada banyak inovasi bakwan pontianak lainnya selama kuliner ini masih viral.


Begitulah seluk beluk tentang bakwan pontianak. Teman kuliner tentu sudah pernah mencobanya bukan? Berbeda dengan bakwan pada umumnya, bakwan pontianak disajikan bersama sambal khas yang membuat rasa bakwan pontianak ini semakin enak. Kalau teman kuliner mau mencoba seperti apa rasa bakwan pontianak, bisa kunjungi tempat-tempat di bawah ini ya!

Bakwan Day!

Foto Bakwan Day!
Foto Bakwan Day!
Foto Bakwan Day!

Bakwan Pontianak

Foto Bakwan Pontianak
Foto Bakwan Pontianak
Foto Bakwan Pontianak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?