Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenapa Sih Donat Memiliki Lubang Di Tengahnya?

List Artikel
7 September 2017 | 0 Komentar

Donat, siapa tak kenal si bulat berlubang di tengah ini. Donat merupakan salah satu jenis varian roti yang paling banyak digemari di dunia. Seperti burger, donat sangat identik dengan kuliner khas Amerika. Padahal menurut sejarah, donat tadinya berasal dari imigran Belanda yang datang ke Amerika Utara. Ada juga yang mengatakan kalau makanan ini sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, yakni pada saat roti baru mulai dikenal oleh masyarakat Eropa. Donat sebenarnya memiliki dua bentuk varian, yakni bulat biasa dan bulat dengan lubang di tengahnya. Donat dengan lubang di tengah lebih terkenal dan lebih banyak dicari karena bentuknya yang unik. Tapi tahukah kamu kalau ada cerita unik di balik bentuk donat yang memiliki lubang di tengah ini?

 

Sumber: pergikuliner.com


Pada abad ke-19, donat muncul di Belanda sebagai salah satu jenis roti manis yang digoreng dengan julukan nama oliekoek. Konon, seorang kapten kapal bernama Hanson Gregory mengklaim kalau ialah yang menciptakan lubang di tengah pada donat. Ketika ia sedang berlayar dan mengemudikan kapal, ia sedang makan oliekoek. Lalu tiba-tiba ada badai kencang sehingga ia kesulitan memakan donatnya sambil mengemudikan kemudi. Tanpa pikir panjang, ia membuat lubang di tengah oliekoek-nya dengan tangan sehingga mudah memegangnya. Setelah badai tersebut reda, ia pun menyuruh koki kapal untuk membuat oliekoek dengan lubang di tengahnya seperti cincin agar ia bisa mudah memakannya sambil mengemudikan kapal.


Sumber: pergikuliner.com 


Ada juga kisah lain yang mengatakan kalau Hanson Gregory sebenarnya menemukan bentuk donat berlubang saat ia melihat ibunya membuat oliekoek. Karena bagian tengahnya lembek dan tidak matang sedangkan bagian pinggirnya garing kecoklatan, ia pun meminta ibunya untuk membuang bagian tengahnya yang tidak matang tersebut. Jadilah donat berlubang seperti yang ada sekarang ini. Lubang pada donat ini sebenarnya memiliki fungsi khusus agar bagian tengah donat bisa matang dengan sempurna seperti bagian pinggirannya. Panas dari minyak bisa merata saat donat digoreng dan tidak membuat bagian tengah donat menjadi lembek.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan alasan kenapa donat memiliki lubang di tengahnya? Jadi kepingin makan donat? Yuk, mampir aja ke toko donat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Krispy Kreme

Foto Krispy Kreme
Foto Krispy Kreme

Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

Louis Doughnut & Coffee

Foto Louis Doughnut & Coffee
Foto Louis Doughnut & Coffee
Foto Louis Doughnut & Coffee

J.CO Donuts & Coffee

Foto J.CO Donuts & Coffee
Foto J.CO Donuts & Coffee
Foto J.CO Donuts & Coffee

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?