Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lezatnya 5 Kue Tradisional Khas Jepang yang Bikin Hari Kamu Makin Ceria

List Artikel
15 Januari 2018 | 0 Komentar

Tak hanya Indonesia yang memiliki aneka kue tradisional, ternyata Jepang juga memiliki beragam sajian kue tradisional yang enak-enak lhoJika kuliner Jepang kebanyakan memiliki cita rasa yang gurih atau disebut dengan julukan umami, berbanding kebalik dengan aneka kue-kuenya yang memiliki rasa manis dan legit sehingga cocok disantap untuk memperbaiki mood kamu yang sedang buruk. Beberapa di antara kue-kue manis ini sering muncul dalam anime maupun manga sehingga kamu pasti akan mengenalinya. Yuk, langsung lihat saja ada kue tradisional khas Jepang apa saja yang direkomendasikan untuk kamu icip!

 

1. Dorayaki


Sumber: pergikuliner.com


Kue kegemaran Doraemon ini pastinya sudah familiar buat kamu. Dorayaki merupakan kue berbentuk bulat yang mirip dengan kue dadar. Dorayaki terbuat dari campuran tepung, gula, susu, dan telur yang diaduk menjadi satu hingga rata. Cara memasaknya mirip dengan pancake sehingga kue ini sering mendapat julukan sebagai pancake-nya Jepang. Setelah matang, dorayaki lalu dioleskan dengan pasta kacang merah lalu ditumpuk kembali dengan dorayaki. Cita rasanya dan aromanya sangat khas sehingga membuat banyak orang ketagihan menyantapnya.

 

2. Mochi


Sumber: pergikuliner.com


Seperti yang kamu kenal, mochi menjadi kue tradisional khas Jepang yang tak boleh absen saat perayaan tahun baru. Kue ini memiliki banyak sekali turunan alias jenisnya seperti sakuramochi yang berwarna pink dengan dibungkus acar daun bunga sakura, warabimochi yang dibaluri tepung kacang kedelai, dan masih banyak lagi. Mochi memiliki tekstur yang sangat legit saat kamu kunyah. Biasanya, mochi memiliki isian seperti kacang-kacangan yang dihaluskan dan diberi campuran gula.

 

3. Taiyaki


Sumber: pergikuliner.com


Kamu termasuk salah satu pemburu jajanan kaki lima? Taiyaki merupakan salah satu kue tradisional khas Jepang yang banyak dijumpai di pinggir jalan saat malam hari karena dijual dalam keadaan masih hangat. Kue ini memiliki bentuk yang sangat unik karena berbentuk ikan dengan bahan utama tepung, gula, dan telur. Pada bagian dalamnya, kue ini diberi isian kacang merah yang direbus dan dihaluskan lalu diberi campuran gula.

 

4. Yokan


Sumber: justonecookbook.com


Yokan menjadi salah satu kue yang sering sekali dijadikan oleh-oleh selain mochi. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal seperti jelly tapi cenderung padat karena terbuat dari agar-agar, anko, dan gula. Yokan biasanya dicetak dalam bentuk kotak persegi dan saat disajikan harus dipotong-potong agar lebih mudah disantap dengan menggunakan garpu. Kue ini memiliki banyak variasi tergantung dari bahan tambahan campuran yang digunakan.

 

5. Dango


Sumber: japancentre.com


Terakhir ada dango yang sering muncul dalam komik Hai Miiko! Dango sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, ada dango bercita rasa gurih yang disantap dengan cara dicelupkan dalam saus dan ada dango yang rasanya manis yang ditambahkan gula dalam adonannya. Kue dango memiliki bentuk bola-bola kecil yang dikukus lalu ditusuk dengan tusukan dari bambu. Dalam satu tusuknya disajikan tiga hingga lima buah dango bulat.

 

Nah! Itu dia kue-kue tradisional khas Jepang yang paling menggoda dan kamu harus coba. Tapi kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jepang kok, karena di tempat-tempat ini kamu bisa nemuin kue-kue khas Jepang lho!

Dorayaki Addict

Foto Dorayaki Addict

Mochi Mochio

Foto Mochi Mochio

Mochi Sweets

Foto Mochi Sweets

Taiyaki Patisserie

Foto Taiyaki Patisserie
Foto Taiyaki Patisserie

Koiyaki

Foto Koiyaki
Foto Koiyaki

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?