Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Jepang vs Korea yang Serupa Tapi Tak Sama

List Artikel
19 Agustus 2017 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang menyukai masakan Jepang dan Korea? Dua negara ini tak hanya sukses di bidang teknologi serta pariwisatanya tapi juga sukses di bidang kuliner. Hal ini disebabkan karena hampir di semua negara ada restoran Jepang dan Korea. Kuliner Jepang jadi sangat terkenal berkat anime dan dorama-nya sedangkan kuliner Korea jadi terkenal berkat k-pop dan k-drama atau yang disebut dengan hallyu wave. Jika kamu perhatikan dengan seksama, dua negara dari Asia Timur ini memang memiliki kuliner yang agak-agak mirip lho. Nggak percaya? Mari kita lihat ulasannya di bawah ini!

 

1. Ramen vs Ramyeon


       Sumber : pergikuliner.com : ramen (kiri); ramyeon (kanan)


Mie adalah makanan sejuta umat karena ada banyak sekali orang yang sangat suka bahkan ketagihan makan mie. Mie di Jepang disebut dengan ramen sementara di Korea disebut dengan ramyeon. Lalu apa yang membuat keduanya berbeda?Ramen memiliki cita rasa yang sangat gurih dan cenderung pedas karena kuahnya berbahan dasar miso sementara ramyeon kebanyakan menggunakan campuran kimchi sehingga cita rasanya agak pedas, manis, dan asam. Cara penyajiannya juga berbeda. Ramen disajikan dalam mangkuk besar berbahan keramik sedangkan ramyeon lebih enak disantap langsung di panci tembaga khas Korea.

 

2. Sushi vs Kimbab



Sumber : pergikuliner.com : sushi (kiri; kimbab (kanan)


Dari segi penampilan, sushi sangat mirip dengan kimbab karena sama-sama nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Tapi jika kamu melihat isiannya, keduanya akan sangat berbeda. Sushi biasanya diisi dengan ikan laut atau aneka seafood sementara kimbab diisi dengan telur goreng, daging tumis, dan aneka sayuran seperti mentimun, wortel, bayam, acar lobak, dan kimchi. Perbedaan isian inilah yang menjadikan cita rasa keduanya jadi sangat berbeda.


 

3. Taiyaki vs Bungeoppang



Sumber : Pergikuliner.com (Taiyaki)                       Sumber : maangchi.com (Bungeoppang)


Kamu pasti menganggap kalau kedua camilan ini sama karena sama-sama berbentuk ikan bukan? Keduanya memang sama-sama kue yang dipanggang dalam cetakan berbentuk ikan. Tapi taiyaki memiliki jenis isian yang lebih beragam seperti kacang merah, krim cokelat, bacon, sosis, dan lain sebagainya. Sementara bungeoppang hanya memiliki isian kacang merah saja. Selain itu, jika diperhatikan dengan teliti, bentuk ekor pada taiyaki mencuat ke atas sementara bentuk ekor pada bungeoppang lebih lurus.

 

4. Gyoza vs Mandu



Sumber : pergikuliner.com (gyoza)                                          Sumber : droolsg.com (mandu)


Gyoza dan mandu, keduanya masih sama-sama turunan dari jiaozi alias dumpling asal China. Di Jepang, jiaozi disebut dengan gyoza, sedangkan di Korea dinamakan mandu. Perbedaan keduanya terletak pada rasa isiannya. Pada gyoza, daging cincang hanya diberi saus kedelai atau soy sauce, garam, dan bawang putih yang sangat banyak. Sementara pada mandu diberi bumbu bawang putih, bawang bombay, lada, jahe, kecap, minyak wijen, serta tambahan jamur.

 

5. Okonomiyaki vs Pajeon



Sumber : pergikuliner.com : okonomiyaki (kiri) ; pajeon (kanan)


Terakhir ada okonomiyaki dan pajeon yang sama dijuluki sebagai pancake di negara asal keduanya. Meski sama-sama menggunakan bahan utama tepung terigu yang diencerkan, tapi campuran serta bumbu-bumbunya sangat berbeda. Isian okonomiyaki lebih melimpah seperti adanya campuran daging gurita, udang, cumi, jamur, serta kol. Sementara untuk pajeon hanya menggunakan daun bawang sebagai isiannya. Selain itu, okonomiyaki memiliki topping katsuoboshi dan aonori yang menjadi ciri khasnya serta siraman mayonaise. Sementara pajeon disantap dengan dicocol soy sauce.


Sekarang sudah tahu kan perbedaan kuliner dari kedua negara yang bertetangga tersebut? Masih penasaran ingin mengetahui apalagi perbedaannya? Bagaimana kalau kamu langsung cicipi saja kelima makanan tersebut di restoran Korea dan Jepang yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Croyaki

Foto Croyaki
Foto Croyaki
Foto Croyaki

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Bankara Ramen

Foto Bankara Ramen
Foto Bankara Ramen
Foto Bankara Ramen

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?