Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jadi Gaya Hidup, Ini Fakta Unik Minum Kopi di Vietnam

List Artikel
21 Agustus 2017 | 0 Komentar

Jika negara Eropa punya Italia yang terkenal akan kopi espressonya, negara Asia punya Vietnam yang terkenal akan Vietnam drip coffeenya. Masyarakat Vietnam ini ternyata sudah mulai mengonsumsi kopi sejak tahun 1857 karena pada masa itu, bangsa Perancis membawa kopi ke negara Vietnam dan setelah itu, perkebunan serta pabrik kopi semakin banyak. Hal inilah yang  menjadikan Vietnam negara kedua penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brazil. Buat kamu pecinta kopi, PergiKuliner akan membeberkan empat fakta unik minum kopi di Vietnam yang bisa membuat kamu tambah suka minum kopi.



Sumber : pergikuliner.com


1. Kopi Sebagai Minuman Utama

Berhubung kopi bisa dengan mudah ditemukan di Vietnam, maka tak heran jika minum kopi sudah menjadi gaya hidup dan budaya di sini. Masyarakat Vietnam menganggap kopi sebagai nilai-nilai keakraban yang menunjukkan kekeluargaan serta persahabatan karena kopi merupakan minuman yang paling sering disajikan di Vietnam, baik itu saat bertamu hingga meeting untuk urusan pekerjaan.

 

2. Minum Kopi dengan Teh

Jika biasanya kopi selalu disajikan bersama dengan segelas air putih untuk menetralkan rasa kopi yang ada di lidah, kopi di Vietnam selalu disajikan bersama dengan teh. Jadi saat kamu memesan secangkir kopi di kedai kopi tradisional Vietnam, maka pesanan kopi punyamu akan diberi secangkir teh tawar. Masyarakat Vietnam selalu meminum teh tawar sebagai penawar serta penetral rasa kopi.

 

3. Kopi Dicampur Saus Ikan

Sudah pernah minum kopi dicampur saus ikan? Terdengar aneh bukan? Jika kamu ngopi di kedai tradisional Vietnam, biasanya kopi milikmu akan diberi beberapa tetes saus ikan. Saus ikan ini terbuat dari sari ikan-ikan kecil seperti ikan teri yang sudah difermentasi. Tujuan dari pemberian saus ikan pada kopi ini agar rasa pahit pada kopi bisa ternetralkan oleh rasa asin yang ada pada saus ikan.

 

3. Alat Penyeduh Kopi yang Unik

Bagi kamu pecinta kopi pasti mengenal alat penyeduh kopi khas Vietnam yang berbentuk seperti seperti topi. Alat ini dinamakan phin atau Vietnam drip. Alat penyeduh ini sengaja disiapkan untuk menyeduh satu gelas kopi saja. Bagian pinggirnya ditumpu oleh cangkir kopi sedangkan pada baian tengahnya terdapat lubang-lubang kecil sebagai filter ampas kopi. Metode penyeduhan inilah yang membuat cita rasa kopi Vietnam lebih kental, tanpa ampas, dan tidak berbusa.  

 

4. Cita Rasa Kopi yang Sangat Pahit

Selain teksturnya yang kental, kopi Vietnam memiliki citarasa yang lebih pahit dibanding kopi-kopi lainnya. Hampir 97% kopi Vietnam terbuat dari kopi robusta sehingga tingkat kafeinnya sangat tinggi. Rasa pahit yang dihasilkan kopi Vietnam berasal dari proses pemanggangan biji kopi yang dilakukan dalam jumlah yang sangat lama sehingga warna biji kopi jadi hangus seperti arang. Cita rasa pahitnya ini terasa sangat eksotis dan efektif untuk mengurangi rasa asam pada kopi robusta Vietnam.


Itu dia fakta unik minum kopi yang ada di Vietnam. Nah, kamu jadi tertarik untuk menikmati strong-nya rasa dan aroma kopi khas Vietnam ini? Kamu nggak perlu jauh-jauh ke Vietnam lho. Karena di Indonesia sudah banyak coffee shop  yang menyediakan kopi Vietnam sebagai menunya. Dimana aja? Lihat rekomendasinya di bawah ini!

Coffee While Drilling

Foto Coffee While Drilling

Monviet

Foto Monviet

Kopi Oey

Foto Kopi Oey

Bikun Coffee

Foto Bikun Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?