Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
11 Maret 2016 | 0 Komentar

Tak hanya nikmat dijadikan berbagai macam olahan, ternyata hewan laut yang memiliki ciri khas tinta hitam ini juga memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh lho. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya:


1. Obat Kanker

Salah satu manfaat yang paling utama yang dimiliki cumi-cumi adalah dapat melawan sel kanker. Tinta cumi-cumi ternyata memiliki zat aktif yang dapat melawan kanker atau tumor. Zat tersebut bekerja dengan mengaktifkan sel darah putih yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh di daerah sel tumor.


2. Pertumbuhan tulang

Mineral mikro dan makro yang cukup tinggi di dalam cumi-cumi merupakan natrium, kalium, fosfor, kalsium, dan magnesium yang berguna untuk pertumbuhan tulang. Semua mineral yang terkandung merupakan hal penting bagi anak-anak agar dapat terhindar dari osteoporosis di masa tua nanti. Selain itu cumi-cumi juga memiliki banyak vitamin yang terkandung di dalamnya seperti B1, B2, B12 serta vitamin larut lemak.


3. Kesehatan Jantung

Cumi-cumi kaya akan protein, omega 3, tembaga, seng, vitamin B, dan yodium yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan jantung. Untuk manfaat yang lebih optimal, sebaiknya hindari mengonsumsi cumi-cumi dengan olahan digoreng.


4. Pembentukkan Sel Darah Merah

Kadar tembaga yang terdapat dalam cumi-cumi diketahui sangat baik untuk pembentukan sel darah merah. Hemoglobin pada sel darah merah memiliki peranan yang sangat penting dalam mengalirkan oksigen ke seluruh organ tubuh, oleh karena itu cumi-cumi sangat penting untuk mencegah penyakit jantung koroner dan stroke.


5. Menghilangkan Bekas Cacar

Tahukah kamu, ternyata cumi-cumi juga bisa menghilangkan bekas cacar lho! Bekas cacar memang sangat mengganggu apalagi ketika berada di sekitar wajah. Agar bisa dijadikan obat untuk menghilangkan bekas cacar, cumi-cumi harus dijemur hingga benar-benar kering. Setelah itu tumbuk cumi kering sampai halus dan ayak agar menghasilkan serbuk-serbuk halus. Nah, serbuk halus itu sudah bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bekas cacar. Mudah bukan?


Central Restaurant

Foto Central Restaurant

Bandar Djakarta

Foto Bandar Djakarta
Foto Bandar Djakarta

Seafood 68 Santa

Foto Seafood 68 Santa
Foto Seafood 68 Santa

The Grand Ni Hao

Foto The Grand Ni Hao

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?