Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Pilihan Lauk untuk Nasi Liwet Sunda yang Favorit

List Artikel
21 Mei 2023 | 0 Komentar

Nasi liwet merupakan kuliner khas Sunda, Jawa Barat yang hingga kini masih menjadi favorit banyak orang. Nasi liwet khas Sunda ini berbeda dengan nasi liwet khas Solo karena nasi liwet Sunda ini dibuat dengan cara menanak nasi bersama dengan bahan-bahan lainnya, mulai dari ikan teri yang telah digoreng, irisan cabai merah, daun salam, sereh, salam, bawang merah, bawang putih, petai, daun jeruk, daun salam, sereh, garam, dan lada.


Nantinya beras yang sudah dicuci akan dicampur bumbu rempah lalu dimasak dalam panci hingga matang. Nasi liwet Sunda memiliki aroma yang sangat wangi dan rasa yang gurih sehingga cocok disantap dengan aneka lauk pauk. Untuk pilihan lauk pauknya, ada beberapa yang paling sering disantap, yuk kita bahas sama-sama!

 

1. Ikan Asin



Sumber: Freepik.com


Pilihan lauk untuk nasi liwet Sunda yang pertama adalah ikan asin. Lauk ini paling sering dikonsumsi karena sangat cocok disantap dengan nasi liwet. Ikan asin merupakan ikan yang difermentasikan dengan cara diasinkan alias diberi garam lalu dijemur hingga kadar airnya berkurang. Rasanya cukup asin sehingga terasa gurih jika dimakan dengan nasi, terutama nasi liwet. Dari sekian banyak jenis ikan asin, jenis ikan asin bulu ayam menjadi yang paling difavoritkan. Tapi selain ikan asin bulu ayam, ada ikan asin jambal yang juga banyak dijadikan lauk nasi liwet Sunda.


2. Tahu Tempe Goreng



Sumber: Jagel.id


Menyantap makanan Indonesia tanpa lauk tahu dan tempe goreng sepertinya tidak akan lengkap. Hampir semua masakan Indonesia cocok disantap dengan lauk tahu dan tempe goreng, tak terkecuali nasi liwet Sunda. Biasanya tahu dan tempe goreng yang disajikan sebagai lauk untuk nasi liwet Sunda adalah yang sudah dibumbui dengan bumbu kuning sehingga rasa dan aromanya menjadi lebih wangi. Tapi selain itu juga ada yang membalur tempe dan tahu dengan adonan tepung sebelum digoreng.


3. Telur Dadar



Sumber: Pergikuliner.com


Berikutnya ada telur dadar. Lauk ini juga banyak digemari untuk dipadukan dengan nasi liwet. Telur dadar yang sering disantap dengan nasi liwet adalah yang berjenis telur dadar garing alias digoreng dalam minyak panas hingga bagian pinggirannya renyah. Di dalam adonan telur akan diberi irisan cabai dan daun bawang serta garam dan lada sebagai bumbu tambahannya. Lauk telur dadar ini akan sangat cocok jika disantap dengan nasi liwet Sunda dan sambal dadak serta lalapan.


4. Ayam Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Ayam goreng juga sangat cocok untuk disantap dengan nasi liwet dan bisa membuat kamu ingin nambah lagi. Di Indonesia, ada banyak sekali jenis ayam goreng yang bisa dijumpai, mulai dari ayam goreng bumbu kuning, ayam goreng lengkuas, ayam goreng kremes, ayam goreng tulang lunak, dan masih banyak lagi. Semua jenis ayam goreng sangat cocok disantap sebagai lauk untuk nasi liwet Sunda.

 

5. Tumis Oncom



Sumber: Rasabunda.com


Pilihan lauk untuk nasi liwet yang terakhir adalah tumis oncom. Berbeda dari lauk pauk sebelumnya yang kebanyakan dimasak dengan cara digoreng, untuk lauk yang satu dimasak dengan cara ditumis. Tumis oncom dibuat dengan menumis bumbu dengan minyak goreng hingga matang lalu ditambahkan dengan oncom yang sudah dihancurkan. Setelah bumbu merasuk ke dalam oncom, maka ditambahkan sayuran seperti lenca dan daun kemangi sehingga nanti aroma dari tumis oncom semakin wangi.

 

Itulah beberapa pilihan lauk untuk nasi liwet Sunda yang favorit. Buat kamu yang ingin makan nasi liwet beserta lauk paukya yang enak, kamu bisa mengunjungi restoran Sunda rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Waroeng Sunda

Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda

Warung Nasi Alam Sunda

Foto Warung Nasi Alam Sunda
Foto Warung Nasi Alam Sunda
Foto Warung Nasi Alam Sunda

Rempah Sunda

Foto Rempah Sunda
Foto Rempah Sunda
Foto Rempah Sunda

Lembur Kuring

Foto Lembur Kuring
Foto Lembur Kuring
Foto Lembur Kuring

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?