Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Masih Bingung Bedanya Roti Tawar Putih vs Roti Gandum, Ini Perbedaannya Jelasnya!

List Artikel
1 Maret 2018 | 0 Komentar

Roti menjadi makanan pokok yang bisa menggantikan nasi. Meski masyarakat Indonesia baru merasa kenyang jika sudah menyantap nasi, tapi saat mereka sedang terburu-buru atau tidak cukup waktu untuk sarapan pagi, roti menjadi menu sarapan utama yang bisa diandalkan. Di berbagai minimarket serta pasar swalayan di Indonesia, ada dua jenis roti tawar yang dijual, yakni roti tawar putih dan roti tawar gandum. Lalu apa yang membuat keduanya berbeda?

 

Sumber: hipwee.com


Perbedaan Tampilan

Meski keduanya sama-sama berbentuk kotak, secara kasat mata, roti tawar putih memiliki tampilan warna putih yang lebih menarik sementara roti tawar gandum memiliki warna kecoklatan yang agak keruh. Jika kamu meraba teksturnya, roti tawar putih cenderung lebih halus dan berongga. Sedangkan roti tawar gandum memiliki serat yang lebih kasar dan padat.  

 

Bahan Pembuatnya

Dari segi bahan pembuatnya, roti tawar putih terbuat dari bahan tepung terigu biasa yang telah dibuang seratnya dalam penggilingan sehingga bisa berwarna putih terang. Sedangkan roti tawar gandum terbuat dari tepung berserat tinggi atau tepung gandum utuh yang masih mengandung kulit ari sehingga warnanya cokelat keruh dengan tekstur yang agak kasar. Dalam proses pembuatannya, roti tawar putih ditambahkan bahan lain seperti benzyl peroxide, potassium bromide, serta pewarna makanan. Berbeda dengan roti tawar gandum yang kebanyakan ditambahkan zat-zat alami.

 

Kandungan Gizi

Berhubung ada banyak bahan tambahan buatan, maka nilai kandungan mineral dan vitamin pada roti tawar putih jadi lebih sedikit alias berkurang dibanding dengan roti tawar gandum yang masih banyak kandungan serat, vitamin B, protein, serta lemak. Tapi kelebihan dari roti tawar putih, kandungan karbohidratnya jauh lebih tinggi sehingga kamu akan merasa lebih berenergi setelah menyantap roti tawar putih dibanding roti tawar gandum. Inilah yang menyebabkan orang-orang berdiet lebih memilih menyantap roti tawar gandum karena kandungan karbohidratnya lebih sedikit.

 

Harga Jual

Berhubung bahan-bahan pembuatnya lebih alami dibanding roti tawar putih, harga roti tawar gandum jadi lebih mahal. Jika kamu melihat harga keduanya di pasaran, ada selisih harga sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per bungkusnya. Tak heran jika roti tawar putih lebih cepat laris terjual karena harganya yang jauh lebih murah dan terjangkau oleh banyak kalangan.


Sekarang sudah tau kan bedanya roti tawar dan roti gandum? Sekarang saatnya kamu makan aneka olahan roti yang ada di tempat-tempat ini!

Smorrebrod Sandwich

Foto Smorrebrod Sandwich
Foto Smorrebrod Sandwich

Wichever

Foto Wichever

Roti Eneng

Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng

Roti Bakar Eddy

Foto Roti Bakar Eddy
Foto Roti Bakar Eddy

Sandwich Bakar

Foto Sandwich Bakar
Foto Sandwich Bakar
Foto Sandwich Bakar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?