Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Menyantap Roti Gandum Bagi Tubuh

List Artikel
20 Februari 2019 | 0 Komentar
Roti dikenal sebagai salah satu makanan utama yang paling banyak disantap oleh masyarakat dunia. Roti memiliki cita rasa yang lezat dan bisa dipadukan dengan aneka bahan tambahan seperti selai, madu, telur dan lain sebagainya. Dari sekian banyak jenis roti, ada roti tawar yang paling dijadikan sebagai menu sarapan. Tapi perlu kamu ketahui kalau roti tawar terbagi menjadi dua jenis dari segi bahan pembuatnya yakni roti tawar putih dan roti tawar gandum. Roti tawar gandum dikenal lebih sehat karena dibuat dari bahan utama biji gandum. Ada tiga lapisan dalam roti gandum yakni endosperma, dedak, dan benih yang masing-masing memiliki nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Berhubung nutrisinya ada banyak, lantas manfaat apa saja yang kita dapat dari menyantap roti gandum?

Sumber : Cloudfront.net

1. Mencegah Penyakit Jantung

Roti gandum memiliki kandungan yang bisa menghapus atau menghilangkan kolesterol yang ada pada arteri. Dengan begitu, jika kolesterol hilang dalam tubuh, maka penyakit jantung pun akan bisa dicegah dengan mudah. Tak hanya itu saja, roti gandum juga bisa meminimalisasi terjadinya penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung akut.

2. Menjaga Pencernaan

Berhubung kandungan serat yang dimiliki oleh roti gandum sangat besar, maka sudah pasti pencernaan kamu akan lebih lancar sehingga usus bisa lebih sehat dan racun dalam tubuh bisa cepat terbuang melalui kotoran. Roti gandum juga bisa mencegah terjadinya sembelit. Jadi daripada minum obat, lebih baik kamu menyantap satu lembar roti gandum di pagi hari alias untuk sarapan.

3. Mengatasi Diabetes
Seperti yang kita tahu, roti tawar putih memiliki kadar gula yang cukup tinggi sehingga cita rasanya cenderung manis. Lain halnya dengan roti gandum yang rasanya tidak manis sehingga kadar gulanya sangat rendah. Oleh karena itu, roti gandum sangat aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Kandungan serat pada roti gandum mampu mengontrol lonjakan gula darah yang ada pada tubuh sehingga bisa mengatasi diabetes.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Roti gandum memiliki kandungan vitamin B dan vitamin E yang sangat tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Jika kamu rutin menyantapnya setiap hari, roti gandum bisa mencegah penuaan dini, mencegah kerutan serta noda hitam di area wajah. Lebih bagus lagi jika kamu menyantap roti gandum dengan aneka buah-buahan segar dan madu.

5.Mengatasi Rasa Depresi
Manfaat terakhir dari roti gandum adalah bisa mengatasi rasa depresi atau stres. Ini dikarenakan roti gandum bisa memproduksi dan meningkatkan hormon serotin dalam otak. Dengan begitu otak akan melepaskan hormon bahagia dan membuatmu merasa lebih senang. Bisa dikatakan kalau efek menyantap roti gandum ini bisa menyamai efek setelah menyantap cokelat.

Sekarang kamu jadi tidak ragu lagi kan menyantap roti gandum setiap hari? Nah, jika ingin menyantapnya, kamu bisa membeli di salah satu tempat di bawah ini ya!

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Roti Eneng

Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Kedai Roti Kobi

Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi

Roti Nogat

Foto Roti Nogat
Foto Roti Nogat
Foto Roti Nogat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?