Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Masih Jadi Fenomena, Ketahui Silsilah Ayam Geprek yang Sedang Hits

List Artikel
8 Agustus 2017 | 0 Komentar

Bagi kamu pecinta kuliner tentunya sudah tak asing lagi dengan fenomena ayam geprek yang masih menjadi hits hingga saat ini. Ayam geprek yang biasanya identik dengan kuliner tradisional khas Indonesia ini, belakangan membuat heboh para pecinta kuliner dengan inovasi perpaduan yang unik dan berbeda, yakni menggunakan lelehan keju mozarella yang diberikan di atas ayam sebagai topping. Sebelum kamu menyantap ayam geprek mozarella yang hits ini, alangkah baiknya jika kamu mengenal terlebih dahulu dari mana sebenarnya asal ayam geprek ini.

 


Sumber: pergikuliner.com


Ayam geprek merupakan kuliner khas Yogyakarta, Jawa Tengah yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dinamakan ayam geprek karena kuliner ini terbuat dari ayam yang telah digoreng hingga garing, lalu digeprek atau ditumbuk dengan sebuah alat seperti ulekan sehingga tampilannya mirip seperti ayam goreng yang telah dihancurkan. Di Yogyakarta, ayam goreng disajikan di atas piring tanah liat dengan tambahan sambal pedas dan sayuran segar sebagai lalapan. Ayam geprek yang enak bisa dilihat dari tingkat kerenyahan daging luar ayam tapi tetap lembut di dalam. Ditambah lagi sambal pedas yang bisa menambah nafsu makan kamu.

 


Sumber: pergikuliner.com


Kuliner ayam geprek di Yogyakarta sangat identik dengan kuliner malam kaki lima karena kebanyakan penjual ayam geprek baru buka menjelang malam hari. Mereka menjualnya berbarengan dengan kuliner angkringan yang juga buka pada malam hari. Ayam geprek kini tak hanya bisa dinikmati di Yogyakarta karena sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Berhubung kuliner malam ini lebih banyak disantap oleh orang dewasa alias orang tua, maka muncullah ide untuk membuat ayam geprek agar lebih disukai anak muda, yakni memadukannya dengan keju mozarella. 



Sumber: pergikuliner.com

 

Ayam geprek keju mozarella ini memang menggunakan ayam sebagai bahan bakunya, tapi ayam yang digunakan adalah ayam fillet yang digoreng tepung ala kuliner cepat saji western lalu diberi tambahan keju mozarella yang dilelehkan di atasnya sebagai topping. Cita rasanya sudah pasti sangat berbeda dengan ayam geprek klasik. Tapi yang membuatnya tetap sama adalah ciri khas sambal yang masih digunakan pada ayam geprek keju. Nggak kebanyang kan perpaduan rasa ayam, keju mozarella, dan pedasnya sambal yang menjadi satu. Daripada ngiler dan bikin laper, mendingan sekarang kamu langsung mampir ke salah satu gerai ayam geprek keju kekinian di bawah ini!

Ayam Keprabon Express

Foto Ayam Keprabon Express
Foto Ayam Keprabon Express
Foto Ayam Keprabon Express

Ayam Geprek Mas Eko

Foto Ayam Geprek Mas Eko
Foto Ayam Geprek Mas Eko
Foto Ayam Geprek Mas Eko

Ayam Blenger PSP

Foto Ayam Blenger PSP

Ayam Berseri

Foto Ayam Berseri
Foto Ayam Berseri
Foto Ayam Berseri

Ayam Bengkel Prekkkk

Foto Ayam Bengkel Prekkkk
Foto Ayam Bengkel Prekkkk

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?