Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mitos vs Fakta, Kuning Telur Bisa Bikin Kolesterol Naik?

List Artikel
7 Agustus 2017 | 0 Komentar

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan sebagai makanan karena cita rasanya tetap enak jika diolah dengan cara memasak apapun, seperti digoreng, direbus, dikukus, hingga dipanggang. Berhubung banyak dikonsumi, ada mitos-mitos yang muncul tentang si lonjong bercangkang ini. Ada mitos yang mengatakan kalau telur ayam kampung lebih berkhasiat daripada telur ayam negeri, telur ayam setengah matang lebih bernutrisi dibanding telur ayam yang dimasak matang, hingga mitos tentang kuning telur ayam bisa membuat kolesterol dalam tubuh naik.



Sumber: pergikuliner.com 


Sebelumnya, sudah pernah dibahas mengenai mitos telur ayam setengah matang serta perbandingan telur ayam negeri dan telur ayam kampung. Kali ini, PergiKuliner akan membahas tentang mitos kuning telur yang sering dikatakan sebagai makanan tinggi kolesterol alias bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikatakan karena atlet atau orang yang ingin membentuk tubuh mereka lebih memilih untuk mengonsumsi putih telur dibanding kuning telur karena kandungan proteinnya lebih tinggi, sementara kandungan lemaknya jauh lebih sedikit dibanding kuning telur.



Sumber: pergikuliner.com 


Dilansir dari The Daily Meal, menurut banyak penelitian yang sudah dilakukan, kuning telur memang mengandung lemak yang lebih tinggi dibanding putih telur, yakni sekitar 3,5 gram per butirnya. Tapi bukan berarti dengan menyantap kuning telur, kamu bisa langsung terkena kolesterol. Lemak yang ada pada kuning telur tak perlu kamu hindari karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti bisa menurunkan resiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otak, bahkan bisa menurunkan berat badan. Kuning telur juga banyak kandungan vitamin D dan A yang ada pada kuning telur.

 


Sumber: pergikuliner.com


Menghindari menyantap kuning telur bukanlah yang bijak untuk dilakukan pecinta kuliner karena menyantap satu hingga dua butir kuning telur masih dalam batas aman dan baik untuk tubuh. Lain halnya jika kamu menyantap lebih dari tiga butir kuning telur ayam setiap harinya. Sudah pasti kamu akan menumpuk lemak yang menjadi kolesterol dalam tubuh. Jadi selama menyantapnya masih dalam jumlah yang wajar, mengkonsumsi kuning telur tak lantas bikin kolesterol naik ya!


Sekarang sudah tak ragu lagi kan menyantap kuning telur? Yuk, langsung santap kuning telur di salah satu spot kuliner di bawah ini!

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Baconerie

Foto Baconerie

Maple & Oak

Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?