Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mitos vs Fakta Tentang Mengonsumsi Telur yang Wajib Kamu Tahu

List Artikel
10 Juni 2017 | 0 Komentar

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan dalam dunia kuliner, entah itu untuk memasak atau membuat kue. Telur sangat mudah menyatu dengan bahan makanan lainnya sehingga paling mudah dikreasikan menjadi kuliner apa saja. Selain itu, telur juga kaya akan kandungan protein yang baik untuk tubuh. Harganya yang murah meriah menjadikan bahan makanan yang satu ini diburu banyak kalangan. Saking terkenalnya, ada beberapa mitos tentang telur yang harus kamu ketahui kebenarannya. Yuk lihat langsung!

 


Sumber: pergikuliner.com


1. Telur Setengah Matang Lebih Bergizi

Kamu pasti sering mendengar kalau makan telur setengah matang itu lebih bergizi dan lebih sehat. Umumnya orang menyantap telur setengah matang dengan bubur ayam, mie instan, susu jahe, hingga roti panggang. Tapi benarkah telur setengah matang lebih bergizi? Telur setengah matang memang sangat gurih dan creamy disantap, tapi sebenarnya telur setengah matang ini tidak terlalu bagus untuk pencernaan karena ikatan proteinnya masih sangat kuat sehingga tubuh sulit mencernanya menjadi asam amino. Jadi, anggapan telur setengah matang itu lebih bergizi hanyalah mitos belaka alias tidak benar ya!

 

2. Kuning Telur Menyebabkan Kolesterol

Mitos kedua adalah kuning telur yang bisa menyebabkan kolesterol. Benarkah anggapan tersebut? Tubuh kita setiap harinya membutuhkan kolesterol sebanyak 300mg. Padahal dalam satu kuning telur terdapat 186mg kolesterol. Jadi, kalau dalam satu hari kamu mengonsumsi lebih dari dua kuning telur, sudah pasti kamu akan kelebihan kolesterol. Konsumsilah kuning telur satu kali dalam sehari agar mendapat asupan kolesterol, mineral, dan vitamin yang lengkap.

 

3. Kebanyakan Makan Telur Bisa Menimbulkan Bisul

Kalau yang satu ini pasti kamu sudah tahu kan? Ada banyak orang yang menganggap kalau kebanyakan menyantap telur akan menimbulkan bisul. Padahal ini hanyalah mitos loh. Bisul disebabkan oleh infeksi bakteri dan penyebab utama bisul adalah kurangnya kebersihan terutama kebersihan tangan. Jadi tak ada hubungannya dengan kebanyakan mengonsumsi telur ya!

 

4. Telur Ayam Kampung Lebih Berkhasiat Dibanding Telur Ayam Negeri

Anggapan kalau telur ayam kampung lebih berkhasiat dibanding telur ayam negeri ini memang benar karena telur ayam kampung memiliki kandungan asam amino yang lebih baik dan lebih tinggi dibanding telur ayam negeri. Inilah yang menyebabkan kandungan gizi pada telur ayam kampung bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Tapi selebihnya kandungan vitamin, lemak, serta kolesterol yang dimiliki keduanya serupa kok.

 

Jadi ingin menyantap telur? Di bawah ini ada aneka olahan telur yang pastinya kamu suka. Yuk lihat!

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Spumante

Foto Spumante
Foto Spumante
Foto Spumante

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?