Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mencicip 3 Sambal Khas Manado yang Pedasnya Bikin Ketagihan

List Artikel
2 Desember 2016 | 0 Komentar

Bagi pecinta pedas, makan tanpa menggunakan sambal pasti akan terasa hambar dan menjadi kurang nikmat. Sambal memang sudah menjadi salah satu pelengkap wajib bagi beberapa masakan Indonesia. Terutama pada masakan tradisional Indonesia yang cenderung berkuah dan bersantan. Namun tahukah kamu, sambal di Indonesia di tiap daerahnya berbeda-beda? Sambal di Jawa Barat dengan sambal di Jawa Timur tentunya sangat berbeda. Nah, salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan sambalnya yaitu Manado. Sambal Manado terkenal dengan rasanya yang sangat pedas namun membuat banyak orang ketagihan. Penasaran apa saja? Kali ini PergiKuliner akan mengulas tiga sambal khas Manado. Yuk, simak ulasannya di bawah ini:



1. Sambal Roa


Sumber: pergikuliner.com


Sambal roa khas Manado adalah sambal yang bahan utamanya terbuat dari ikan roa. Uniknya, ikan ini sangat melimpah di perairan Manado. Itulah mengapa sambal roa menjadi salah satu sambal khas Manado. Sebelum dibuat menjadi sambal, ikan roa diasap terlebih dahulu sehingga membuat sambal ini bisa bertahan cukup lama di suhu ruangan.



2. Sambal Dabu-Dabu



Sumber: pergikuliner.com


Apa itu sambal dabu-dabu? Tomat merupakan salah satu ciri khas sambal dabu-dabu yang bisa kita kenali secara langsung. Selain tomat, sambal dabu-dabu juga menggunakan potongan cabai, bawang merah, daun kemangi, dan jeruk nipis. Biasanya sambal dabu-dabu digunakan untuk melengkapi santapan ikan bakar atau masakan seafood lainnya.



3. Sambal Rica



Sumber: masakanpraktisrumahan.com


Terakhir, ada sambal rica yang terkenal sangat pedas. Sambal ini terkenal dengan ciri khas cabai merahnya. Untuk membuat sambal rica cukup mudah, kamu hanya perlu menyediakan cabai merah yang dihaluskan, jahe, dan bawang merah. Ketiga bahan tersebut dihaluskan dan ditumis hingga wangi. Agar menambah rasa, kamu juga dapat menambahkan perasan jeruk nipis di atasnya. Biasanya sambal rica-rica digunakan sebagai campuran masakan ayam atau daging.


Roa Manadonese Food

Foto Roa Manadonese Food

Rarampa

Foto Rarampa

Bunga Pepaya

Foto Bunga Pepaya

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado

Jadi, sambal mana yang paling menjadi favoritmu?


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?