Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Mille Feuille, Si Kue Perancis yang Populer di Indonesia!

List Artikel
29 Februari 2020 | 0 Komentar

Kamu termasuk pecinta dessert? Pastinya sering dong menyantap aneka dessert khas Perancis? Selama ini kuliner Perancis sangat identik dengan olahan dessertnya yang tak hanya terlihat cantik dari tampilannya saja, tetapi juga lezat cita rasanya. Sebut saja macaroon, opera cake, eclair dan masih banyak lagi. Berbicara tentang kue-kue asal Perancis, ada satu kue yang sebenarnya sering kamu jumpai di cafe atau toko kue karena bentuknya mudah dikenali, yakni mille feuille. Meski tampilannya tak asing, tapi pasti namanya terdengar asing di telingamu. Mille feuille ini sebenarnya lebih dikenal dengan julukan sebagai kue seribu daun khas Perancis. Lho kok, kenapa disebut demikian?



 Sumber : Bakefromstratch.com


Jika melihat dari segi tampilannya, pasti kamu akan menemukan satu hal unik yang membuat kue ini mendapat julukan sebagai kue seribu daun. Mille feuille memiliki banyak sekali lapisan sehingga kue ini mendapat julukan tersebut. Menurut sejarah, mille feuille ini sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu sehingga masuk dalam jajaran salah satu kue klasik khas Perancis yang wajib dicoba. Awalnya, mille feuille ini diberi nama gateau de mille feuilles. Tapi karena dirasa pengucapannya terlalu panjang, maka disingkatlah menjadi mille feuille. Selain itu, ada nama lain dari kue ini yang sepertinya lebih familiar kamu dengar, yakni kue napoleon atau neapolitan. Julukan tersebut karena menggambarkan kaisar Perancis yakni Neapolitan pada masa tersebut.



 Sumber : Wikimedia.org


Dessert Perancis ini dibuat dari puluhan lapisan pastry yang diselingi dengan krim di sela-selanya. Lapisan-lapisan inilah yang membuatnya tampil cantik. Apalagi saat ini mille feuille tidak hanya diberi lapisan krim saja, tetapi juga ada buah-buahan segar yang sengaja diletakkan di antaranya. Tujuannya adalah memberikan cita rasa segar sehingga tidak membuat kita merasa begah saat kalap menyantapnya. Biasanya buah-buahan yang digunakan adalah strawberry, blueberry, rasberry, kiwi, hingga jeruk. Rata-rata buah yang digunakan memang punya rasa asam yang dominan. Selain menjadikan cita rasanya menjadi seimbang dengan adanya rasa asam yang mengimbangi rasa manis, mille feuille dengan tambahan buah bisa menjadikan tampilannya lebih berwarna dan cantik sehingga membuatmu tak tega untuk menyantapnya.



Sumber : Idntimes.com


Meski asalnya dari Perancis, mille feuille ternyata lebih terkenal di negara-negara Eropa lainnya seperti Inggris, Swedia, Finlandia, hingga Italia. Tentunya dengan nama sebutan yang berbeda-beda. Di Swedia dan Finlandia, kue ini diberi nama napoleonbakelse, di Italia disebut mille foglie, sedangkan di Inggris sendiri julukannya sama yakni mille feuille. Sementara di negara Asia seperti Indonesia, kita lebih sering mengenalnya dengan nama kue napoleon. Saat ini di Indonesia, mille feuille juga bisa ditemukan dalam bentuk lain yakni yang sudah dimodifikasi dengan bolu. Jadi pada lapisan luarnya adalah kue bolu, tapi bagian dalamnya mille feuille. Inovasi ini dilakukan untuk memperkaya cita rasa, tekstur dan juga agar lapisan mille feuille tidak cepat hancur karena ada penopang dari kue bolu pada lapisan luarnya. Kamu bisa menjumpai modifikasi mille feuille ini di toko kue pusat oleh-oleh kota Medan dengan nama kue napoleon Medan.

 

Jadi sekarang sudah tahu dan mengenal kue asal Perancis yang bernama mille feuille bukan? Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu akan kue Perancis ya. Jika kamu ingin menikmati aneka sajian kue manis lainnya, kamu bisa langsung kunjungi beberapa tempat di bawah ini ya!

Savior of Pakubuwono

Foto Savior of Pakubuwono

First Love Patisserie

Foto First Love Patisserie
Foto First Love Patisserie
Foto First Love Patisserie

Bakerzin

Foto Bakerzin
Foto Bakerzin

Union Deli

Foto Union Deli
Foto Union Deli

Chicory European Patisserie

Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?