Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menguak Rahasia Kelezatan Nasi Goreng Tek-tek yang Bikin Nagih

List Artikel
12 November 2017 | 0 Komentar

Sesuai dengan namanya, nasi goreng merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang digoreng. Nasi goreng yang menjadi kuliner tradisional khas Indonesia yang diburu banyak orang ini bisa dengan mudah ditemukan di cafe, restoran, hingga pedagang kaki lima. Entah mengapa di antara semuanya, nasi goreng tek-tek atau nasi goreng yang dijual oleh pedagang kaki lima pinggir jalan memiliki rasa dan aroma yang lebih menggoda dan bikin nagih. Sebenarnya ada rahasia khusus kenapa nasi goreng tek-tek bisa terasa lebih lezat dibanding nasi goreng yang dijual di manapun.

 

Panas Api yang Digunakan



Sumber : pergikuliner.com


Rahasia pertama terletak pada panas api yang digunakan oleh pedagang. Coba deh kamu perhatikan api yang dihasilkan dari kompor pedagang nasi goreng tek-tek. Pasti apinya super besar. Berbeda dengan api yang dihasilkan dari kompor gas rumahan yang tidak terlalu besar. Panas dari api yang besar ini ternyata bisa membuat temperatur wajan jadi lebih panas sehingga aroma bumbu serta rasanya jadi lebih keluar. Hal itulah yang membuat rasa nasi goreng tek-tek terasa lebih nikmat.

 

Wajan yang Super Besar



Sumber : pergikuliner.com


Tak ada pedagang nasi goreng tek-tek yang menggunakan wajan kecil. Semuanya menggunakan wajan yang cukup besar untuk menggoreng nasi goreng. Ini karena wajan yang digunakan harus menyesuaikan dengan besaran api yang dihasilkan. Wajan yang super besar ini juga memiliki ketebalan khusus sehingga panas api bisa merata. Dari hasil perpaduan api dan wajan yang super besar ini, nasi goreng yang dihasilkan tidak akan lengket alias mawur.

 

Bumbu Baceman Bawang



Sumber: babe.co.id


Terakhir adalah bumbu yang digunakan. Bumbu nasi goreng standarnya adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan garam. Pedagang nasi goreng tek-tek cuma memakai keempat bumbu dasar tersebut. Lalu apa yang membedakannya? Bawang putih yang digunakan oleh pedagang nasi goreng tek-tek adalah bawang putih baceman alias bawang putih yang sudah difermentasikan terlebih dahulu. Cara membuatnya sangat mudah. Kupas bawang putih lalu letakkan dalam wadah yang sudah berisi minyak sayur. Rendam selama tiga hingga lima hari sampai bawang putih terlihat layu. Minyak yang digunakan untuk membuat baceman bawang ini juga digunakan untuk menumis bumbu. Alhasil, cita rasanya tentu jadi sangat berbeda karena memiliki aroma wangi yang khas.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan rahasia nasi goreng tek-tek yang bikin nagih itu. Bagaimana kalau mencoba icip salah satu nasi goreng tek-tek yang ada di bawah ini!

Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok

Foto Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok

Nasi Goreng Kebuli Apjay

Foto Nasi Goreng Kebuli Apjay

Nasi Goreng Gila Buana Mas Maulud

Foto Nasi Goreng Gila Buana Mas Maulud

Kang Ajie Nasi Goreng Bistik

Foto Kang Ajie Nasi Goreng Bistik

Nasi Goreng Gila Gondrong Obama

Foto Nasi Goreng Gila Gondrong Obama

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?