Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mitos atau Fakta, Kafein Pada Cold Brew Coffee Lebih Banyak Daripada Kopi Biasa?

List Artikel
28 Januari 2018 | 0 Komentar

Apa varian kopi favorit kamu? Jika beberapa tahun yang lalu sedang tren varian coffee latte dengan art foam di atasnya, kini ada cold brew coffee yang sedang menjadi tren di berbagai coffee shop Indonesia. Kenapa banyak orang Indonesia yang menyukai cold brew coffee? Varian kopi dingin ini sangat pas diminum di tengah teriknya cuaca yang ada di Indonesia, terutama di daerah Jakarta. Berhubung varian kopi ini sedang menjadi sorotan di dunia perkopian, muncullah pertanyaan mengenai kadar kafein yang terdapat dalam cold brew coffee. Benarkah kadar kafeinnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan varian kopi lainnya?

 

Sumber: pergikuliner.com


Sebelum membahas tentang kafein yang terdapat pada cold brew coffee, ada baiknya kamu mengenal varian kopi ini terlebih dahulu. Cold brew merupakan sebutan teknik untuk menyeduh bubuk kopi hitam dengan air dingin atau suhu ruangan selama kurang lebih 12-24 jam lamanya untuk menghasilkan rasa yang pas dan autentik. Cold brew coffee sering disamakan dengan es kopi. Meski cold brew coffee sama-sama disajikan dalam keadaan dingin, tapi keduanya berbeda. Es kopi diracik dengan bubuk kopi yang dilarutkan dengan air panas, sedangkan cold brew coffee diseduh dengan air biasa dan diendapkan dalam waktu lama sehingga bisa dibilang mirip dengan infused water.

 

Sumber: pergikuliner.com


Lalu bagaimana dengan kadar kafeinnya? Ada yang mengatakan kalau kadar kafein pada cold brew coffee jauh lebih tinggi dbandingkan varian kopi lainnya karena proses pengendapan yang cukup lama. Secara umum, kafein pada kopi lebih mudah terekstraksi maksimal dengan seduhan air suhu panas. Sedangkan jika diseduh dengan air dingin atau air biasa, maka kafein tidak mudah terekstraksi. Jadi hal ini bisa menjelaskan kalau kadar kafein pada cold brew coffee bisa jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan varian kopi lainnya seperti es kopi.



Sumber : pergikuliner.com


Tapi lantas kamu tak bisa menentukan begitu saja secara pasti apakah kadar kafein dalam cold brew coffee jauh lebih besar atau tidak karena untuk menentukan kadar kafein pada sebuah varian kopi, kamu juga harus melihat jenis kopi tersebut, rasio kopi yang digunakan, grind size, waktu seduh, serta lamanya kopi dialiri air seduhan. Faktor-faktor tersebut jangan lupa kamu perhatikan. 

Dan sekarang kamu sudah tau kan kalau kamu tidak bisa menakar kafein pada cold brew coffee begitu saja. Tapi kamu tidak perlu khawatir untuk minum cold brew coffee ya, apalagi cold brew coffee di coffee shop-coffee shop berikut ini yang sudah terkenal memiliki rasa yang enak. Yuk coba!

Ombe Kofie

Foto Ombe Kofie

Common Grounds

Foto Common Grounds

Monochrome Coffee Guild

Foto Monochrome Coffee Guild

Pigeonhole Coffee

Foto Pigeonhole Coffee

Toby's Estate

Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?