Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ragam Kuliner Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba!

List Artikel
18 Maret 2018 | 1 Komentar
Pulau Jawa sepertinya tidak akan pernah habis akan hal-hal menarik, salah satunya adalah kuliner khasnya. Jawa sendiri terbagi menjadi beberapa provinsi. Dan kali ini PergiKuliner akan membahas ragam kuliner khas dari Jawa Timur. Pasti teman PergiKuliner sudah tau beberapa makanan khas Jawa Timur bukan? Tentu saja, karena sekarang ini kuliner khas Jawa Timur tidak hanya dapat ditemui di kota asalnya, tapi kamu juga bisa mencicipi masakan khas Jawa Timur dimanapun, salah satunya di Jakarta. Selain sate Madura, soto Lamongan, bakso Malang dan pecel lele kira-kira apa saja ya kuliner khas Jawa Timur lainnya yang wajib dicoba? Berikut PergiKuliner kasih infonya buat kamu!

1. Rawon


Sumber : bisniswisata.co.id

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas, di mana di dalamnya terdapat kluwek. Daging yang digunakan dalam masakan rawon adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil dengan bumbu khas campuran dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, lengkuas, kunir, serai, lombok, garam, kluwek dan minyak nabati. Menyantap masakan khas Jawa Timur satu ini memang paling pas jika disajikan saat masih panas dengan seporsi nasi putih. 

2. Tahu Campur


Sumber : pergikuliner.com

Tahu campur adalah makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari sop daging sapi kenyal, perkedel singkong, tahu goreng, taoge segar, mie kuning, selada air segar dan kerupuk udang. Semua bahan dicampurkan ke dalam bumbu petis, sambal dan bawang goreng. Selain cita rasanya yang enak, masyarakat Jawa Timur juga percaya bahwa makanan satu ini sangat membantu menjaga kesehatan karena bahan-bahan yang digunakan.

3. Gulai


Sumber : resepayam.net

Jika gulai Padang identik dengan kepala ikan, berbeda dengan gulai yang berasala dari Jawa Timur ini. Masyarakat Jawa Timur lebih sering menggunakan kambing sebagai bahan bakunya. Daging kambing diolah di dalam kuah bumbu rempah dengan cita rasa yang lezat. Ciri khas dari hidangan ini adalah bumbu yang kaya akan rempah-rempah, seperti ketumbar, kunyit, lada, cabai merah, lengkuas, jahe, bawang putih, serai, pala, adas, kayu manis, dan jintan yang dihaluskan, dicampur lalu dimasak dengan santan.

4. Lontong Balap


Sumber : surabayastyle.com

Makanan khas Surabaya ini memang menjadi makanan yang paling sering dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Keistimewaan dari hidangan ini adalah isiannya yang lengkap, seperti tauge, lentho, dan tahu goreng dan tidak lupa di dalam masakan satu ini terdapat kuah yang bercita rasa gurih dan sedap. Selain itu masyarakat Jawa Timur sering menjadikan lontong balap ini sebagai makanan pengganjal perut ketika lapar.

5. Rujak Cingur


Sumber : kulinersehat.com

Rujak cingur adalah menu makanan yang wajib banget dicoba kalau kamu lagi di Surabaya. Makanan ini umumnya terdiri dari buah-buahan dan sayuran, seperti nanas, mangga, kangkung, kedondong, dan lontong. Ciri khas dari makanan ini adalah cingur atau hidung kerbau. Beberapa tambahan bumbu racikan yang terdiri dari kacang merah, petis, cabai, gula merah, dan udang membuat makanan ini semakin lezat untuk disantap. 

Nah! Masakan Jawa Timur itu beragam bukan? Diantara kuliner khas Jawa Timur di atas, mana nih yang jadi favorit kamu? Dan kalau kamu kepingin coba aneka masakan khas Jawa Timur di Jakarta, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makan di bawah ini dan jangan lupa ceritakan pengalaman kuliner kamu kepada teman PergiKuliner lainnya ya!

Soto Ayam Ambengan Khas Jawa Timur

Foto Soto Ayam Ambengan Khas Jawa Timur

Tahu Campur Ojo Lali

Foto Tahu Campur Ojo Lali

Gulai Tikungan Blok M

Foto Gulai Tikungan Blok M
Foto Gulai Tikungan Blok M

Kantin Rujak Cingur Pak Hadi Khas Surabaya

Foto Kantin Rujak Cingur Pak Hadi Khas Surabaya

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
saya menyukai rawon ini, artikel ini menarik sekali, artikel ini sangat bagus, sangat bermanfaat, terimakasih , anda juga dapat mengunjungi http://indonesia.gunadarma.ac.id untuk mendapatkan informasi serupa
dikinurdiansyah.0@gmail.com | 20 May 2016 pk. 09:20 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?