Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sambal Matah Lover? Coba 5 Kuliner Serasi dengan Sambal Matah Ini!

List Artikel
30 Juli 2023 | 0 Komentar

Sambal matah, sambal khas Indonesia yang berasal dari Bali, memiliki fakta menarik. Berbeda dengan sambal-sambal lainnya, sambal matah tidak dihaluskan dan tidak dimasak. Bahan utamanya terdiri dari bawang merah, cabai rawit, daun jeruk, dan sereh, yang diiris tipis-tipis. Setelah itu, ditambahkan perasan jeruk nipis, garam, gula, dan siraman minyak panas untuk menghilangkan aroma langunya. Hasilnya adalah sambal dengan cita rasa segar, asam, manis, dan asin yang unik dan menggugah selera.


Sambal matah telah menjadi favorit banyak orang karena kompleksitas rasanya yang menarik. Selain menjadi hidangan khas Bali, sambal ini cocok untuk dijadikan pendamping beragam makanan. Tidak heran jika banyak restoran dan rumah makan di Indonesia yang menyajikan hidangan dengan sambal matah sebagai pelengkap. Berkaitan dengan sambal matah, ada beberapa kuliner yang dipercaya akan serasi jika dipasangkan dengan sambal ini. Kita bahas sama-sama yuk!

 

1. Ikan Goreng



Sumber: Kurio.network


Kuliner pertama yang akan serasi jika dipasangkan dengan sambal matah adalah ikan goreng. Ikan goreng memiliki aroma yang wangi saat digoreng sehingga saat disajikan dengan sambal matah, aromanya akan cocok dipadukan. Jenis ikan yang digunakan untuk ikan goreng bisa berupa ikan apa saja, tapi kebanyakan lebih memilih ikan gurame, ikan kembung, hingga ikan nila yang nantinya akan dibumbui dengan bumbu kuning dan digoreng kering. Sedangkan jika ingin dibalur dengan tepung atau digoreng tepung, jenis ikan yang cocok digunakan adalah ikan dori yang punya daging sangat lembut.


2. Ayam Goreng Krispi



Sumber: Masakapahariini.com


Ayam goreng rasanya cocok dipadukan dengan segala macam jenis sambal khas Indonesia, termasuk sambal matah. Ayam goreng krispi merupakan ayam yang dibumbui lalu dibalur dengan adonan tepung dan digoreng hingga bagian luarnya krispi dan bagian dalamnya matang. Keunikan dari ayam goreng krispi ini adalah meski bagian luarnya garing, tapi bagian daging dalamya tetap lembut.Meski cocok dipadukan dengan ayam goreng krispi yang berbalur tepung, sambal matah juga cocok dipadukan dengan


3. Cumi Goreng Tepung



Sumber: Freepik.com


Berikutnya ada cumi goreng tepung yang juga serasi jika dipasangkan dengan sambal matah. Cumi goreng tepung dibuat dengan cara memotong-motong cumi hingga berbentuk lingkaran seperti donat lalu dibumbui dan dibalur dengan adonan tepung baru kemudian digoreng hingga garing. Berbeda dengan ayam goreng tepungm untuk cumi goreng tepung ini hanya digoreng sebentar hingg bagian luarnya garing. Cumi yang dimasak terlalu lama akan menghasilkan tekstur yang agak alot sehingga lebih baik dimasak sebentar saja.  


4. Udang Bakar Sambal Matah



Sumber: Id.tastemade.com


Tidak hanya cumi, seafood lainnya yang serasi dengan sambal matah adalah udang bakar. Udang bakar dibuat dari udang yang memiliki ukuran cukup besar seperti udang jerbung dan udang galah. Sebelum dibakar, udang yang sudah dicuci bersih akan dibaluri dengan saus khusus sebelum dibakar hingga matang. Biasanya saus yang digunakan ini adalah campuran dari bawang putih, perasan jeruk nipis, hingga madu. Setelah dibakar, udang akan disiram dengan sambal matah.


5. Telur Dadar Krispi



Sumber: Briliofood.net


Terakhir ada telur dadar krispi yang juga sangat serasi jika dipasangkan dengan sambal matah. Telur dadar krispi sebenarnya sudah lama ada, tapi belakangan ini keberadannya sedang menjadi hits sejak sehingga banyak diburu. Telur dadar krispi sebenarnya hanyalah telur dadar biasa yang di dalamnya diberi aneka bumbu dan irisan daun bawang. Perbedaannya adalah dari tekstur telur dadarnya. Berhubung dimasak di minyak panas hingga garing, maka teksturnya menjadi lebih krispi. Inilah yang membuatnya banyak disukai orang.


Itulah beberapa kuliner yang akan serasi jika dipasangkan dengan sambal matah. Kombinasi sambal matah dengan ikan goreng, ayam goreng, dan hidangan seafood akan menciptakan harmoni cita rasa yang memikat. Sambal matah juga nikmat disandingkan dengan pasta atau sebagai saus pada hidangan seafood seperti udang, cumi-cumi, atau kepiting.


Jika kamu ingin menikmati aneka sajian kuliner dengan sambal matah yang sudah pasti enak, kamu bisa membaca reviewnya terlebih dahulu di PergiKuliner. Di PergiKuliner ini, kamu akan menemukan beragam ulasan kuliner yang seru dan informatif.

Bali Timbungan

Foto Bali Timbungan
Foto Bali Timbungan
Foto Bali Timbungan

Smarapura

Foto Smarapura
Foto Smarapura
Foto Smarapura

Depot Jepun Bali

Foto Depot Jepun Bali
Foto Depot Jepun Bali
Foto Depot Jepun Bali

Putu Made+ Dine & Bar

Foto Putu Made+ Dine & Bar
Foto Putu Made+ Dine & Bar
Foto Putu Made+ Dine & Bar

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?