Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tahukah Kamu Perbedaan Opor, Kari, dan Gulai?

List Artikel
23 Oktober 2020 | 0 Komentar

Opor, kari, dan gulai, ketiganya seperti saudara kembar karena sekilas dari segi tampilan ketiganya sangat mirip. Ketiga kuliner ini sama-sama menggunakan santan sebagai salah satu bahan bakunya sehingga membuat aromanya lebih legit dan gurih. Ketiga kuliner ini bisa dengan mudah kamu jumpai di Indonesia. Tak hanya dari segi penampilannya saja yang serupa, ketiganya juga memiliki citarasa yang sangat mirip karena bumbu dasar yang digunakan sama. Opor, kari, dan gulai samsa-sama menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, jahe, serai, dan daun jeruk. Kalau bumbunya saja sama, lalu bagaimana kita membedakannya? Mari kita lihat penjelasan di bawah ini dulu!

 

Opor



Sumber: Kokiku.tv


Opor merupakan kuliner khas Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kuliner ini selalu muncul pada perayaan Hari Raya Idul Fitri karena menjadi kuliner yang wajib ada. Meski menggunakan bumbu yang sama, tapi opor menggunakan banyak kemiri sehingga warnanya terlihat lebih pucat dibanding kari dan gulai. Bumbu tambahan lainnya adalah kencur yang menambah cita rasa segar yang berbeda. Opor terdiri dari ayam, telur, tahu, dan tempe yang biasanya  disantap bersama dengan ketupat atau lontong.

 

Kari



Sumber: Saatnyamakan.com


Kari Indonesia merupakan perpaduan dari kari Timur Tengah dan India dengan kuah yang lebih encer dibanding negara asalnya. Untuk bahan bakunya, kari bisa menggunakan daging ayam atau daging sapi yang dicampur dengan wortel dan kentang sebagai sayurannya. Sedangkan untuk bumbunya sudah pasti ada perbedaan dibanding opor dan gulai. Bumbu kari biasanya ditambahkan kunyit, ketumbar, jintan, salam, bubuk cabai, dan pastinya bubuk kari yang membuat warnanya jadi lebih kuning serta aroma dan citarasanya jadi lebih berbeda. Tak seperti opor yang disantap dengan lontong atau ketupat, kari akan terasa lebih sedap jika disantap dengan nasi putih hangat.

 

Gulai



Sumber: Pergikuliner.com


Gulai merupakan kuliner khas Sumatera Barat yang sering kamu jumpai di restoran Padang. Gulai biasa dibuat dari bahan baku ayam atau daging dengan bumbu utama yang sama dengan opor dan kari, hanya saja kamu harus menambahkan beberapa jenis rempah pada gulai seperti ketumbar, kunyit, cabai, lada, pala, adas, kayu manis, dan jinten. Berhubung rempah-rempahnya lebih banyak dibanding kedua kuliner di atas, cita rasa gulai jadi lebih berempah dan berat. Kuahnya juga lebih kental dibanding opor dan kari karena menggunakan santan yang kental. Selain gulai dari Sumatera Barat, ternyata ada gulai yang berasal dari Jawa Timur yang sering disebut dengan gule. Gule memiliki kuah yang lebih encer dibanding gulai Sumatera Barat. Gule lebih mirip dengan opor dibanding gulai. Bahan baku yang digunakan juga berbeda karena gule menggunakan daging sapi atau daging kambing dengan jerohannya.


Sekarang sudah tahu kan perbedaan dari ketiganya, bagaimana kalau kamu langsung membuktikan perbedaannya dengan mencicipnya langsung di tempat makan rekomendasi Pergikuliner di bawah ini yuk!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Kari Lam

Foto Kari Lam
Foto Kari Lam
Foto Kari Lam

Nasi Kari Aladin

Foto Nasi Kari Aladin

Ketupat Rusmini

Foto Ketupat Rusmini

Remboelan

Foto Remboelan

Mau tau lebih banyak lokasi tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek PergiKuliner.com sebelum kamu pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?