Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Terlihat Sama, Namun Ternyata Ini Dia Perbedaan Sukiyaki dengan Shabu-Shabu

List Artikel
17 Mei 2017 | 0 Komentar

Kalau dilihat secara kasat mata, pada dasarnya sukiyaki dan shabu-shabu mempunyai banyak kesamaan. Kedua jenis masakan ini sama-sama makanan khas Jepang, menggunakan kuah sebagai bahan dasar, lalu mempunyai isian seperti daging yang diiris tipis, sayur-sayuran dan bahan lain, seperti bakso. Lalu mengapa namanya berbeda? 



sumber : pergikuliner.com (sukiyaki)


Ternyata kedua makanan tersebut memerlukan metode yang berbeda dalam membuatnya. Sukiyaki dimasak menggunakan wajan ceper yang terbuat dari besi, sehingga kuah yang digunakan tidak banyak. Sebelum dicampur bersama bahan-bahan lainnya, daging yang diiris tipis-tipis di panggang terlebih dahulu. Setelah itu biarkan matang bersama dengan bahan lainnya di dalam kuah. Sukiyaki mempunyai rasa yang cenderung lebih manis, karena bumbu-bumbu yang digunakan adalah seperti kecap asin, mirin, dan gula. Biasanya setelah matang, isian dicocol dahulu ke dalam telur mentah yang dikocok sebelum disantap.



sumber : pergikuliner.com (shabu-shabu)


Sedangkan shabu-shabu cenderung memiliki rasa yang asin dan menggunakan kaldu yang dibuat dengan kelp (sejenis rumput laut) yang biasa disebut kombu dan dimasak menggunakan panci hot pot. Semua bahan, seperti daging yang diiris tipis, sayur, bakso, dan jamur dimasak di dalam kuah kaldu tersebut. Setelah matang, biasa dicelupkan ke dalam saus, seperti saus wijen. 


Kedua makanan tersebut mempunyai keunggulan masing-masing dan tentu saja memiliki rasa yang enak. Teman PergiKuliner pasti jadi ngiler dan mau makan shabu-shabu atau sukiyaki kan? Bingung cari tempat makan shabu-shabu dan sukiyaki yang enak dimana? Jangan khawatir karena PergiKuliner pastinya akan ngasih beberapa rekomendasi tempat makan enak di bawah ini!

Shabu Shabu Gen

Foto Shabu Shabu Gen
Foto Shabu Shabu Gen
Foto Shabu Shabu Gen

Shabukicho

Foto Shabukicho
Foto Shabukicho
Foto Shabukicho

Shabu Ghin

Foto Shabu Ghin
Foto Shabu Ghin
Foto Shabu Ghin

Momo Paradise

Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise

Kikugawa

Foto Kikugawa

Cari tau lebih banyak tempat makan enak di Pergikuliner.com!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?