Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Kurangi Asupan Kalori Tapi Tetap Bisa Makan Enak

List Artikel
28 Oktober 2017 | 0 Komentar

Kalori merupakan salah satu sumber energi yang bisa dijadikan tenaga oleh tubuh. Tapi jika asupan kalori terlalu besar, maka bisa-bisa berat badan kamu bertambah karena kalori yang berlebihan. Asupan kalori terbesar didapat dari karbohidrat seperti nasi, roti, mie, dan lain sebagainya. Saat mengurangi asupan kalori, orang cenderung akan merasa lebih cepat lapar sehingga diet kalori dinilai menjadi diet yang paling menyiksa tubuh, terutama bagi para pecinta kuliner. Lalu bagaimana caranya agar bisa mengurangi asupan kalori tapi tetap bisa makan enak? PergiKuliner punya beberapa tipsnya untuk kamu coba, yaitu:


Sumber: pergikuliner.com


Menyantap Buah Sebelum Makan

Bukan tanpa sebab kalau buah-buahan dianjurkan untuk disantap sebelum makan besar atau makanan utama. Buah-buahan yang disantap sebelum makan tak hanya membuat nutrisi yang diserap dari buah-buahan bisa utuh, tapi juga bisa membuat kamu terasa lebih kenyang sehingga nantinya kamu tak akan mengonsumsi makanan yang mengandung kalori berlebihan.

 

Makan Makanan Berkuah

Tak jauh berbeda dengan buah-buahan, makanan berkuah yang biasanya terdiri dari sayur-sayuran juga bagus untuk mengurangi asupan kalori. Perut akan terasa kenyang lebih cepat karena kadar air yang ada pada makanan berkuah. Makanan berkuah segar yang banyak terdapat sayur-sayuran di dalamnya seperti sayur sop, sayur asem, hingga shabu-shabu bisa membuat pencernaan mencerna kalori dengan lebih baik.

 

Jangan Lewatkan Jam Makan

Hal ini seringkali disepelekan oleh banyak orang. Sejatinya kita makan tiga kali dalam satu hari, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam. Tapi terkadang jam makan tesebut berantakan karena kesibukan atau padatnya aktivitas sehari-hari. Ketika jam makan sudah lewat, perut yang terasa sangat lapar cenderung akan menyantap makanan yang tinggi kalori untuk mengenyangkan perut mereka. Sebisa mungkin makanlah tepat waktu.

 

Banyak Minum Air Putih

Minum air putih memang sangat baik untuk tubuh. Air putih tak hanya bagus untuk sistem pencernaan tapi juga bisa mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi meski hanya satu persen saja. Air putih juga lebih baik dikonsumsi dibandingkan dengan minuman manis yang mengandung kalori tinggi. Sebisa mungkin kurangi minuman yang mengandung gula serta minuman kemasan agar tidak menambah asupan kalori.

 

Pilih Camilan Sehat

Bagi orang-orang yang mengurangi asupan kalori pasti pertama-tama akan merasa cepat lapar. Kamu bisa mengakalinya dengan menyantap camilan sehat seperti pisang, kacang almond panggang, hingga granola bar. Jika kamu suka menyantap cokelat, kamu masih bisa kok menyantapnya asalkan cokelat yang kamu konsumsi adalah cokelat hitam alias dark chocolate yang tidak memiliki kandungan gula serta susu di dalamnya.


Itu dia beberapa tips dari PergiKuliner buat kamu yang ingin tetap makan enak tapi ingin mengurangi asupan kalori. Jadi, tidak ragu lagi kan buat makan enak? Yuk, langsung kunjungi beberapa tempat makan di bawah ini!

Soto Padang H. St. Mangkuto

Foto Soto Padang H. St. Mangkuto
Foto Soto Padang H. St. Mangkuto
Foto Soto Padang H. St. Mangkuto

Kila Kila by Akasya

Foto Kila Kila by Akasya
Foto Kila Kila by Akasya
Foto Kila Kila by Akasya

Nasi Goreng Mafia

Foto Nasi Goreng Mafia
Foto Nasi Goreng Mafia
Foto Nasi Goreng Mafia

Flip Burger

Foto Flip Burger
Foto Flip Burger
Foto Flip Burger

Hula Hula

Foto Hula Hula
Foto Hula Hula

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?