Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Memilih Minuman Teh Agar Tidak Dapat yang Basi

List Artikel
25 Februari 2024 | 0 Komentar

Es teh merupakan salah satu minuman yang paling populer di Indonesia selain kopi dan susu. Es teh adalah sebutan untuk minuman yang dibuat dari empat bahan dasar, yakni teh, air putih, gula, dan es batu. Indonesia memiliki ciri khas rasa teh yang kuat dan dominan karena termasuk dalam jenis teh hitam. Di Indonesia terdapat banyak perkebunan teh yang tersebar di beberapa daerah. Berhubung ada banyak kebun teh, pastinya daun teh sangat mudah didapat di Indonesia. Ini yang membuat hampir di semua tempat makan selalu menyajikan minuman teh dalam menu mereka. 



Sumber: PergiKuliner.com


Minuman teh bisa dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin. Tapi belakangan ini, minuman es teh sedang marak dikonsumsi. Pasalnya ada banyak gerai-gerai minuman yang khusus menjual minuman es teh. Berbeda dengan kopi yang tidak mudah basi, minuman teh ini sangat mudah basi sehingga Teman Kuliner harus hati-hati saat akan membelinya. Jangan sampai nantinya kita membeli es teh basi sehingga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Supaya tidak kecolongan, di bawah ini ada beberapa tips memilih minuman es teh yang enak. Coba langsung kita perhatikan apa saja tipsnya!

 

Cek Aroma

Tips yang pertama adalah mengecek aromanya. Es teh basi akan memiliki aroma berbeda yang kurang sedap. Aroma teh basi cenderung agak asam dan tidak terlalu wangi. Rata-rata daun teh di Indonesia dicampurkan dengan bunga melati, bunga mawar, atau vanilla. Jadi tentu saja aromanya jadi lebih wangi saat diseduh. Teh yang sudah basi akan mempengaruhi kualitas aroma yang ada di dalam teh sehingga tidak ada aroma wanginya lagi meski Teman Kuliner sudah mengendusnya berkali-kali. Aroma wangi yang ada akan berganti dengan aroma yang cenderung asam.  

 

Cek Warna Tampilan

Jika sulit mengecek minuman es teh basi, Teman Kuliner bisa mengecek warna tampilannya. Warna tampilan es teh basi akan lebih gelap, bukan karena kebanyakan menyeduh daun tehnya, tapi memang karena teh tersebut sudah basi. Kebanyakan jenis teh di Indonesia adalah teh hitam, jadi warnanya memang agak gelap saat daun teh diseduh. Tapi bukan berarti warna seduhan teh yang gelap dikarenakan jenis tehnya adalah teh hitam. Perlu diketahui kalau warna teh akan berubah semakin gelap saat didiamkan terlalu lama. Jadi meskipun saat diseduh pertama kali warnanya cokelat keemasan, tapi dalam jangka waktu beberapa jam kemudian, warnanya bisa berubah menjadi cokelat pekat. Selain warnanya yang berubah jadi lebih pekat, pada es teh basi akan muncul busa-busa yang ada di sekeliling gelas atau wadahnya. Busa yang muncul dikarenakan penurunan kualitas teh yang lama-lama membuat es teh menjadi basi.


Cek Rasa

Tips yang terakhir untuk memilih minuman es teh adalah mengecek rasanya. Cara ini memang yang paling tepat untuk dilakukan, tapi tentu saja Teman Kuliner harus membelinya dulu baru bisa mencicipnya sehingga banyak yang merasa kalau cara ini kurang efektif. Es teh yang sudah basi akan memiliki rasa yang agak asam. Seduhan teh memang memiliki rasa asam dan agak pahit, tapi masih dalam batas wajar sehingga terasa enak saat diminuman. Es teh yang tidak layak dikonsumsi akan memiliki rasa asam yang cukup menyengat saat Teman Kuliner rasakan di lidah. Rasanya seperti sedang menyantap yoghurt atau acar.


Sekarang sudah tahu kan apa saja tips memilih memilih minuman es teh yang enak untuk Teman Kuliner konsumsi. Buat yang suka dengan minuman dingin menyegarkan, di bawah ini ada beberapa rekomendasi gerai minuman yang bisa didatangi!

es.teh Indonesia

Foto es.teh Indonesia
Foto es.teh Indonesia
Foto es.teh Indonesia

63 Teh Enam Tiga

Foto 63 Teh Enam Tiga
Foto 63 Teh Enam Tiga
Foto 63 Teh Enam Tiga

Teh Tarik Uncle G

Foto Teh Tarik Uncle G
Foto Teh Tarik Uncle G
Foto Teh Tarik Uncle G

Chicha San Chen

Foto Chicha San Chen
Foto Chicha San Chen
Foto Chicha San Chen

Noon Tea Bar

Foto Noon Tea Bar
Foto Noon Tea Bar
Foto Noon Tea Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?